Asal Buah Pepaya California dan Budidaya Pepaya Unggul Califonia

Posted on

Pepaya merupakan tanaman yang berasal dari bagian selatan meksiko dan bagian utara Amerika Serikat. Pada saat ini banyak tumbuhan pepaya yang tumbuh di daerah tropis. Tumbuhan pepaya memiliki banyak khasiat baik untuk daun maupun buahnya. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak diminati karena rasanya yang manis dan segar. Buah pepaya merupakan salah satu buah yang kaya akan vitamin A dan mengandung banyak air.

Budidaya Pepaya Unggul California

Buah pepaya dapat dimakan dagingnya baik pepaya muda ataupun pepaya tua. Biasanya buah pepaya muda akan dimasak dan dibuat sayuran sedangkan pepaya masak biasanya di makan segar atau dapat juga dibuat koktail buah.

Aneka Jenis Buah Pepaya

Pepaya terdiri dari beberapa jenis yaitu pepaya bangkok, pepaya solo, dan pepaya california. Pepaya yang terkenal dan banyak dibudidayakan adalah jenis pepaya california. Budidaya pepaya unggul california dapat anda jadikan pilihan bagi anda yang sedang merintis usaha bisnis. Mengenai cara budidaya, cara merawat serat keuntungan yang diperoleh dengan menjalankan bisnis budidaya pepaya akan dijelaskan secara mendalam pada pemabahasan berikutnya. Artikel ini akan membahas mengenai asal pepaya california, cara budidaya pepaya unggul california, cara merawat tanaman pepaya california dan keuntungan budidaya pepaya California.

Asal Pepaya California yang Banyak Dibudidayakan

Masih banyak yang belum mengerti mengenai asal pepaya california yang pada saat ini banyak dibudidayakan. Pepaya california merupakan salah satu jenis pepaya terbaik dan banyak digemari oleh masyarakat karena daging buahnya yang segar dan manis. Banyak yang menyangka bahwa asal pepaya california ini berasal dari California, Amerika serikat. Padahal pepaya california merupakan tanaman dan buah pepaya asli yang berasal dari Indonesia. Penasaran bagaimana sejarah pepaya California bisa ditemukan? Berikut ini penjelasannya.

Sejarah Adanya Pepaya California

Sejak tahun 2001 jenis pepaya Caifornia telah akrab terdengar dan terkenal di masyarakat Indonesia. Pepaya california merupakan hasil rekayasa dari salah satu Ilmuan dari Pusat Kajian Buah Tropika yang berada di Intitus Pertanian Bogor (IPB) yaitu Prof. Dr. Ir Sriani Sujiprihati. Ternyata buah pepaya ini tidak berasal dari California, Amerika Serikat namun berasal dari Bogor yang merupakan salah satu kota yang ada di Indonesia.

Sejak tahun 2001 Prof. Sriani dan para ilmuan IPB lainnya melaksanakan penelitian di berbagai daerah untuk mengumpulkan bibit dan benih dari buah-buahan unggul yang ada di Indonesia. Salah satu jenis buah yang dikumpulkan adalah buah pepaya. Para ilmuan mengumpulkan berbagai jenis pepaya unggul yang ada disetiap daerah untuk dijadikan penelitian dan mengadakan riset untuk mengembangkan jenis pepaya unggul yang telah dikumpulkan. Salah satu varietas unggul yang diperoleh dari riset adalah pepaya callina. Pepaya california memiliki nama asal pepaya callina, namun para pedagang yang ada di pasar menyebutnya pepaya california karena dianggap lebih mudah diingat dan seolah-olah merupakan buah impor yang membuatnya cepat laku.

Keuntungan Budidaya Pepaya California

Keuntungan dan keunggulan budidaya pepaya california adalah jenis pepaya ini memiliki hasil panen yang lebih banyak jika dibandingakan dengan jenis pepaya lainnya. selain itu keuntungan budidaya pepaya california lainnya adalah tanaman pepaya jenis ini lebih tahan terhadap serangan hama penyakit. Hal ini lah yang membuat para petani lebih memilih untuk membudidayakan pepaya california dibandingkan dengan jenis pepaya lainnya. Selain rasanya yang manis, jenis pepaya ini memiliki kesegaran yang tahan lama dan juga tidak gampang busuk. Berikut ini ulasan singkatnya:

  1. Tanaman pepaya california mudah untuk tumbuh sehingga risiko kegagalannya relatif sangat kecil sekali
  2. Buah pepaya california dapat di panen ketika umur 8 – 9 bulan dengan frekuensi panen yang dapat dilakukan hingga 4 kali dalam waktu sebulan.
  3. Dalam sekali panen biasanya bisa mencapai 2 – 3 ton sehingga dalam sebulan anda bisa menuai hasil panen sekitar 12 ton atau lebih per hektarnya.
  4. Memiliki peminat yang banyak karena rasanya yang manis dan segar, permintaan pasarpun sangat besar
  5. Masa produktif pepaya california mencapai usia 4 tahun sehingga dapat memberikan keuntungan yang besar hanya dalam sekali tanam.

Budidaya Pepaya Unggul California

Cara budidaya pepaya unggul california tergolong sangat mudah dan anda akan memperoleh hasil yang jauh lebih maksimal jika mengetahui cara menanam pepaya california yang baik dan benar. Berikut akan dibahas mengenai cara budidaya pepaya unggul California secara mendalam untuk mendapatkan hasil panen buah pepaya california yang baik dan maksimal. Bagi anda yang tertarik untuk berbisnis pepaya california ini anda dapat mengikuti tahapan atau langkah-langkah berikut ini.

Cara menentukan Lokasi Budidaya Pepaya Unggul California

Hal yang wajib anda lakukan untuk pertama kali untuk melakukan budidaya pepaya unggul california adalah menentukan lokasi yang cocok untuk membudidayakan pepaya unggul california. Pepaya california biasanya akan tumbuh dengan baik jika berada di lokasi dengan iklim tropis dan subtropis. Indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis dan subtropis, sehingga hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia dapat digunakan sebagai tempat budidaya pepaya unggul california.

Walaupun demikian anda pasti ingin usaha budidaya pepaya unggul california yang anda miliki mendapatkan hasil yang optimal, baik dari segi pertumbuhan ataupun dari produktifitas buah yang berkualitas. Berikut ini kriteria lahan yang harus anda gunakan untuk mendapatakan hasil budidaya pepaya unggul california yang maksimal:

Iklim

 

  • Pepaya california biasanya akan tumbuh dengan baik jika berada di lokasi dengan iklim tropis dan subtropis

Lahan

 

  • Anda harus memilih lahan terbuka yang memiliki penyinaran matahari secara maksimal dari pagi hingga sore hari, hindari pemilihan lokasi dengan angin yang terlalu kencang karena hal tersebut dapat menghambat terjadinya penyerbukan bunga.

Ketinggian Lokasi

 

  • Lokasi penanaman budidaya pepaya unggul california yang paling cocok adalah berada di dataran rendah dengan ketinggian maksimal antara 700 hingga 1000 diatas permukaan laut (dpl)

Curah hujan

 

  • Pilih lokasi lahan yang memiliki curah hujan antara 1000 sampai dengan 2000 milimeter tiap tahunnya.

Suhu 

 

  • Suhu optimum lokasi lahan yang baik untuk membudidayakan pepaya unggul california adalah dengan suhu optimum antara 24-26 derajat celcius dengan kelembaban udara yang cukup sedang.

Cara Pembibitan dan Penyemaian Budidaya Pepaya Unggul California

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan proses pembibitan atau penyemaian. Bibit bisa anda dapatkan dari biji pepaya California yang telah disemai yang berasal dari buah pepaya california yang sehat dan matang. Berikut langkah-langkah penyemaian yang harus dilakukan:

  • Pilih biji peaya california yang bagus, rendam terlebih dahulu dengan menggunakan air semalaman. Esok harinya pilih biji terbaik dan buang biji pepaya yang mengambang.
  • Peram biji dengan menggunakan kertas koran atau kain basah selama 1 minggu dengan menjaga kelembaban dari koran dan kain yang digunakan. Setelah itu biji siap untuk disemai
  • Siapkan beberapa polybag, masukkan tanah halus yang sudah dicampurkan dengan pupuk kompos dengan perbandingan 2:1
  • Masukkan benih ke dalam tanah kemudian tutup dengan tanah yang tipis. Siram dengan menggunakan air bersih secukupnya
  • Letakkan di tempat yang terkena sinar matahari
  • Bibit akan tumbuh dan dapat ditanam saat mencapai usia 1 – 1,5 bulan setelah penyemaian.

Cara Pemilihan Media Tanam dan Persiapan Lahan Budidaya Pepaya Unggul California

Media tanam yang paling baik untuk digunakan sebagai media budidaya pepaya california yaitu sebagai berikut:

Tingkat Keasaman

 

  • Pilih sebidang lahan yang memiliki kondisi tanah yang subur dan memiliki tingkat keasaman yang sedang yakni pada kondisi pH tanah normal atau netral sekitar 6-7 pH.

Jenis tanah

 

  • Sedangkan untuk jenis tanah yang baik untuk anda gunakan adalah jenis tanah letosol dan andosol dengan ciri-ciri tanah yang mengandung lempung dan berpasir.

Kelembaban Tanah

 

  • Dalam memilih media tanam hal yang harus anda perhatikan untuk budidaya pepaya unggul california adalah mengenai kandungan air yang berada di dalam tanah. Pepaya tidak akan tumbuh dengan baik jika kondisi tanah mengandung banyak air, hal ini akan membuat tanaman mudah terserang jamur. Pilih Jadi, pilihlah tanah yang memiliki kelembaban yang sedang.

Setelah anda sudah menemunkan media tanam yang cocok, langkah selanjutnya adala melakukan persiapan lahan budidaya pepaya california, dengan cara berikut ini:

Mencangkul Tanah

 

  • Cangul tanah dengan cara membolak-balikkan tanah agar tanah menjadi gembur, lalu buat tanah membentuk bedengan-bedengan dengan ukuran 2 x 10x 30 cm atau disesuaikan menurut panjang lahan dengan jarak antar bedengan sekitar 60 cm.

Membuat Lubang Tanam

 

  • Setelah bedengan telah terbentuk, selanjutnya adalah membuat lubang tanam dengan ukuran 50 x 50 x 40 cm. Diiamkan lubang antara 3-4 hari untuk memperoleh sinar matahari, lalu tambahkan pupuk kandang pada lubang dan sedikit kapur setelah 2-3 hari bibit dapat ditanam.

Cara Penanaman Budidaya Pepaya California

Dalam proses penanaman anda dapat menanam bibit pepaya california secara langsung ke lubang tanam yang telah anda buat sebelumnya. Sebaiknya penanaman dilakukan pada sore hari karena merupakan waktu yang baik untuk menanam bibit pepaya california.

Cara Merawat Tanaman Pepaya California

Cara merawat tanaman pepaya california cukup mudah anda hanya perlu melakukan tiga tahapan berikut ini:

Penyiraman

 

  • Penyiraman sangat penting untuk mendapatkan asupan air yang cukup agar tidak mengalami kekeringan. Jangan lakukan penyiraman secara berlebihan karena tanaman pepaya tidak suka dengan genangan air yang dapat menyebabkan pohon menjadi busuk. Lakukan penyiraman secara rutin sewajarnya saja

Pemupukan

 

  • Untuk menjaga kesuburan tanah, pemupukan akan sangat baik jika dilakukan. Anda dapat melakukan pemupukan pada minggu pertama menggunakan pupuk kandang 40 kg di setiap tanaman. Minggu kedua, lakukan pemupukan kembali dengan pupuk NPK 200 gram. Selanjutnya, pemupukan dapat dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan mencampurkan pupuk NPK sebanyak 500 gram dan pupuk kandang 40 Kilogram. Tambahkan pupuk KCl untuk hasil maksimal

Pemangkasan

 

  • Lakukan pemangkasan pada dahan dan tunas yang mengganggu.

Pemanenan Buah Pepaya California

Anda dapat melakukan panen jika tanaman pepaya telah menginjak usia 7 – 9 bulan dengan ciri-ciri buah yang sudah mulai menguning. Anda dapat memotong secara langsung tangkai buahnya. Masa panen dapat dilakukan selama 4 kali dalam sebulan.

Itulah beberapa langkah sukses cara budidaya pepaya unggul california dan asal mulah dari pepaya california itu sendiri. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *