Cara Memulai Bisnis Online dengan cara Belajar Bisnis Online Gratis 24 Jam

Posted on

Untuk memulai dan belajar bisnis secara online pada saat ini tidak hanya dibatasi oleh waktu dan ruang saja. Anda dapat memulai bisnis online kapan saja selama anda memiliki koneksi internet. Sebagian orang mungkin berpikir bagaimana cara memulai bisnis online, sebenarnya untuk memulai bisnis online anda dapat memulainya dengan cara belajar berbisnis online yang ada di website bisnis online yang ada di internet, salah satunya di website dan artikel ini. Artikel kali ini, kami akan menulis mengenai cara memulai bisnis online khususnya bagi para pemula. Sebagian besar orang yang ingin memulai bisnis online, namun terkadang mereka bingung harus memulainya dari mana. Berikut tips dan cara memulai bisnis online bagi anda para pemula.

Memulai Bisnis Online

Apa itu Bisnis Online dan Internet Marketing?

Bisnis online merupakan bisnis yang dilakukan melalui media internet atau online. Sebenarnya banyak bisnis offline dipasarkan melalui internet. Bisnis online dapat dibagi menjadi sebagai berikut ini:

Online to Online

 

Bisnis online jenis ini merupakan bisnis online yang operasional dan pemasarannya dijalankan secara online. Beberapa contohnya yaitu bisnis online untuk menjual hosting dan domain, jasa SEO, menjual ebook, content publishing dan sebagainya.

Offline to Online

 

Bisnis online jenis ini merupakan jenis bisnis offline yang pemasarannya melalui internet atau biasa disebut e-marketing. Misalnya toko bajugrosiran, toko baju, distro, butik, toko sepatu dan tas dan toko-toko lainnya yang pemasarannya melalui internet dengan membuat akun sosial media khusus pemasaran ataupun dengan membuat toko online lainnya.

Online to Offline

 

Bisnis ini merupakan bisnis online yang dijalankan secara offline. Contohnya toko online yang kemudian membuka gerai toko offline, seminar bisnis online yang dilakukan secara online dan sebagainya.

Pada saat ini dalam melakukan bisnis tidak akan terlepas dari internet marketing atau pemasaran melalui internet. Pemasaran internet ini tidak hanya mengenai penjualan ata sales namun internet marketing juga berhubungan dengan cara promosi, branding, layanan pelanggan (customer service) yang dilakukan secara online.

Jenis-Jenis Bisnis Online yang Populer

Banyak orang yang berhasil dan sukses dengan melakukan bisnis online. Ada orang yang menghasilkan omset puluhan bahkan ratusan juta hingga miliaran rupiah setiap bulannya dari bisnis yang mereka lakukan melalui internet. Penghasilan mereka dari internet bisa didapatkan melalui iklan blog, penjualan jasa, membuka toko online dan ain sebagainya.

Ada banyak jenis bisnis online yang bisa ditemukan di internet. Beberapa jenis bisnis online yang dapat anda lakukan antaranya:

Bisnis DropshipBuyer pesan Produk – Deal – Buyer Mentransfer ke Dropshiper – Dropshiper Transfer ke Supplier – Supplier mengirimkan Barang ke Buyer

 

Jadi, barang atau produk akan dikirim atas nama si Dropshiper kepada pembeli. Dropshiper mengambil keuntungan dari selisih harga yang diberikan oleh supplier dengan harga yang dijual kepada pembeli (buyer). Anda dapat melakukan penjualan secara online melalui internet dengan cara memasarkan langsung di media sosial dan atau market place seperti shopee, tokopedia, bukulapak dan lain sebagainya.

Bisnis dropship merupakan jenis bisnis online yang booming pada saat ini. Jenis bisnis online ini dirasa mudah dan menguntungkan. Sistem dropship dilakukan dengan cara online dimana penjual/pengecer tidak harus menyetok atau memiliki produk sendiri, selain itu penjual juga tidak perlu melakukan packing dan pengiriman barang ke pembeli. Dropshiper hanya perlu melakukan pemasaran produk dengan cara berkomunikasi dengan calon pembeli. Alur dropship adalah sebagai berikut ini:

Menjual produk atau Jasa Sendiri

 

Berbeda dengan bisnis dropship, anda dapat melakukan bisnis online dengan cara menjual dan memasarkan produk atau jasa milik anda sendiri. Agar bisnis online anda sukses sebaiknya anda menggunakan media pemasaran seperti website, blog atau toko online ataupun media sosial lainnya seperti instagram, facebook, twitter, dan Google+. Produk yang dapat dijualpun sangat beragam sesuai dengan hobby dan kesukaan anda. Misalnya produk fisik (makanan, pakaian, gadget dan lainnya), jasa (pembuatan website, menulis artikel, jasa desain dan lainnya), dan produk digital (ebook, software, membership, video dan lainnya).

Content Publisher

 

Content publisher merupakan perusahaan atau perorangan yang memberikan konten-konten yang bermanfaat bagi pengguna internet secara konsisten baik di website ataupun di blog mereka. Konten yang di publish dapat berupa artikel, video, ataupun audio. Konten tersebut dapat dimuat di media online dengan membuat website/blog lalu di submit ke media lainnya seperti Youtube untuk konten berupa video.

Para content publisher akan mendapatkan uang dari memasang iklan PPC (Pay Per Click) dari konten tersebut, misalnya iklan yang ditawarkan oleh google yaitu iklan Google Adsense. Jadi setiap terjadi klik atau setiap seribu tayangan iklan pemilik website atau blog akan mendapatkan komisi dari Google Adsense. Bagi anda yang memiliki blog/website dengan traffic yang besar anda dapat menjual space iklan dari berbagai advertiser. Anda sebagai pemilik blog/website dapat menentukan biaya iklan dan advertiser yang sesuai dengan topik yang dimuat di website atau blog anda.

Affilate Marketing

 

Affilate Marketing merupakan jenis bisnis online dengan melakukan pemasaran berbasis kinerja. Seorang marketer akan berperan sebagai makelar atau broker online yakni orang yang mempertemukan calon pembeli dan penjual dengan memperoleh komisi dari transaksi penjualan. Jadi peran dari affilate marekter adalah mengarahkan pengunjung website ke merchant atau toko online dengan menggunakan link khusus.

Cara Memilih Bisnis Online

Pertanyaan selanjutnya pada saat ingin memulai bisnis online adalah bagaimana cara memilih bisnis online yang sesuai dengan diri anda sendiri? untuk mendapatkan jawaban anda dapat tanyakan pada diri anda sendiri. Saran kami bagi para pemula bisnis online yang baru ingin menjalankan usahanya adalah:

  • Bangunlah bisnis online yang sesuai dengan minat dan kemampuan anda.
  • Pastikan anda merasa enjoy dalam menjalankan pekerjaan anda, jangan menjalankan bisnis online yang tidak sesuai dengan passion anda
  • Anda dapat melakukan riset dan mempelajari hal – hal yang menjadi minat dan kemampuan anda sedetail mungkin.
  • Lakukan inovasi bisnis sesuai passion anda

Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online

Terdapat berbagai hal yang mempengaruhi kesuksesan dalam melakukan bisnis online. Sebagian orang pasti bertanya bagaimana cara memulai bisnis online agar menjadi sukses? Hal-hal berikut ini akan menjawab pertanyaan anda:

Mau Belajar dan Mempraktekannya

 

Untuk memulai bisnis online, anda harus memiliki pengetahuan yang cukup dan memadai. Di dalam bisnis online kita diharuskan untuk belajar lalu mempraktekkannya secara bersamaan tanpa harus takut untuk kehilangan modal yang terjadi pada kebanyakan bisnis secara konvensional. Anda dapat memperoleh ilmu bisnis online dengan menghadiri seminar ataupun kursus berbayar. Selain itu, pada saat ini juga banyak website yang dapat diakses secara gratis untuk mempelajari basic ilmu bisnis online.

Fokus dan Sabar

 

Salah satu kunci sukses untuk menjalankan bisnis online adalah melakukannya dengan fokus dan sabar. Banyak pemula yang memulai bisnis online yang gagal akibat tidak fokus dalam menjalankan bisnis online yang sudah dipelajarinya. Jadi saran kami, jika anda telah menemukan bisnis online yang cocok dan sesuai dengan passion atau minat dan kemampuan anda, fokuslah untuk belajar dan menjalankan bisnis online tersebut hingga berhasil. Anda harus fokus dan sabar pada saat mengalami hambatan jika anda yakin bisnis online anda memiliki potensi jangka panjang.

Berani dan Pantang Menyerah 

 

Dalam menjalankan bisnis termasuk bisnis online pasti akan ada dua kemungkinan yakni sukses atau gagal. Apabila bisnis online anda mengalami kegagalan anda harus pantang menyerah jangan cepat putus asa. Kegagalan dapat terjadi walaupun kita sudah fokus dan giat belajar dan mempraktekkan. Tapi, tidak selamanya orang akan mengalami kegagalan. Anda dapat menjadikan kegagalan tersebut sebagai pelajaran yang berharga agar tidak terjadi lagi di masa depan.

Dalam memulai bisnis sendiri ataupun memulai bisnis online hal terpenting yang anda butuhkan adalah keberanian. Anda harus berani menyisihkan penghasilan anda untuk keperluan bisnis. Misalnya biaya untuk membeli domain dan hosting, biaya iklan dan promosi serta biaya lainnyanya. Selain itu anda juga harus meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama dan rela berkorban untuk kesuksesan bisnis online yang anda jalankan.

Itulah beberapa cara memulai bisnis online bagi pemula yang dapat anda lakukan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *