Cara mendapatkan banduan dana

Cara MendapatkanBantuan Modal Usaha Kecil Menengah Dari Pemerintah Gratis 2017

Posted on

Modal usaha memang tak selalu berupa uang. Beberapa orang telah membuktikan bahwa dengan modal nol rupiah, mereka berhasil membangun perusahaan besar. Namun demikian, aturan bahwa “tidak ada kemenangan tanpa pengorbanan” tetap berlaku dalam bidang apapun.

Bagi mereka yang tidak memiliki modal berupa uang, mau tidak mau mereka harus menggunakan akal dan tenaga mereka untuk mendapatkan penghasilan.

Modal bukan hanya korek api yang berfungsi untuk menyalakan api, modal bisa jadi bahan bakar yang dapat menjadikan api kecil menjadi api yang besar.

Jika anda benar – benar ingin sukses dalam berbisnis. Anda harus mulai mencermati bagaimana uang bekerja. Bagaimana uang memberikan keleluasaan dalam berbisnis dan bagaimana ia mampu menghasilkan uang – uang yang lain. Maka, modal uang, meski bukan satu – satunya faktor yang menentukan keberhasilan bisnis. Memiliki modal yang cukup dapat menjadikan api bisnis anda semakin besar dengan waktu yang lebih singkat.

Jika anda termasuk seorang calon pebisnis atau pebisnis pemula, hal yang seringkali menjadi permasalahan biasanya adalah tentang modal usaha. Jika anda memiliki kemampuan finansial berlebih tentu bukan masalah, tapi berbeda jika anda memang memiliki modal yang sangat minim atau bahkan anda tidak memiliki modal sama sekali, ini lah yang menjadi PR bagi para pebisnis pemula. Karenanya, ada beberapa cara untuk mendapatkan modal usaha yang dapat anda baca di artikel saya yang lain berjudul cara mendapatkan modal usaha gratis.

Cara mendapatkan banduan dana
foto : http://disnakkeswan.luwuutarakab.go.id/

Pada kesempatan ini, saya akan lebih spesifik membahas mengenai bagaimana mendapatkan bantuan dana modal usaha dari pemerintah secara gratis.

Bantuan Modal Usaha Kementrian Umum

  • Program KUBE dari Kemsos:
    KUBE atau Kelompok Usaha Bersama merupakan salah satu program dari pemerintah yang diluncurkan oleh kementerian sosial NKRI yang memiliki tujuan guna memberdayakan masyarakat melalui kelompok usaha yang dikelola bersama dengan cara memberikan modal usaha BLPS ( Bantuan langsung Pemberdayaan Sosial). Dana bantuan ini nantinya ditujukan untuk pengelolaan Usaha Ekonomi Produktif yang ada di masyarakat.

    KUBE ini nantinya akan diklasifikasikan kedalam beberapa jenis, penulis sendiri pernah mengajukan bantuan modal usaha yang pada saat itu membentuk 3 KUBE  untuk program Wanita Rawan Sosial dengan jumlah anggota per kelompok adalah sepuluh anggota. Total dana yang dapat dicair kan pada saat itu adalah 30 juta dipotong pajak dan lain – lain. Namun demikian, bantuan biasanya berupa barang sehingga pengajuan bantuan nantinya ditulis dalam proposal berupa kebutuhan barang. Kemsos akan mengirimkan bantuan modal barang tersebut melalui beberapa tahapan.

  • Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah
    Kementerian Koperasi dan usaha kecil menengah yang memiliki alamat situs http://www.depkop.go.id/ memiliki banyak program yang dialokasikan bagi para pemilik UKM atau wirausaha pemula. Bantuan dapat berupa barang maupun uang termasuk juga pelatihan – pelatihan dengan menggandeng dinas – dinas lain sesuai dengan kebutuhan para wirausahawan.

    bantuan modal usaha kementrian koperasi dan UKMGambar di atas adalah alur pengajuan program wirausaha pemula. Untuk mekanisme syarat dan pengajuan bantuan dana Program Wirausaha Pemula dapat anda download secara gratis disini.

Bantuan Dana Dari Departemen Khusus / Kementrian Bidang

Hampir semua kementerian yang membawahi bidang tertentu memiliki program bantuan usaha. Contohnya adalah kementerian bidang peternakan yang memiliki program bantuan hibah kambing, hibah sapi maupun peralatan usaha yang diseuaikan dengan kebutuhan pengusaha.

Untuk bidang peternakan, anda bisa menghubungi dinas peternakan di kabupaten setempat. Termasuk pula untuk bidang lain seperti pertanian dan perikanan. Berdasarkan informasi yang saya dapatkan dari penyuluh kecamatan, tiap tahun ada pengembalian dana anggaran pemerintah karena tidak tersalurkan secara maksimal. Hal ini bisa jadi karena sosialisasi pemerintah yang kurang atau masyarakat yang kurang tertarik disebabkan proses yang memakan waktu serta berbelit – belit. Namun demikian, bantuan tersebut benar – benar sayang apabila tidak dimanfaatkan dengan maksimal.

Banduan Modal Usaha dari BUMN

Badan Usaha Miliki Negara dituntut oleh pemerintah untuk ikut berpartisipasi dalam program ekonomi kemasyrakatan. Beberapa perusahaan milik negara seperti PLN dan bank milik negara mulai giat melakukan pembinaan ekonomi dan pendistribusian bantuan modal usaha melalui CSR.

Hal ini dapat anda manfaatkan untuk mendapatkan modal usaha dari pemerintah yang tentunya harus memenuhi beberapa persyaratan. Untuk memudahkan anda dalam mengajukan bantuan modal usaha. Cobalah anda melengkapi dokumen – dokumen usaha seperti NPWP, IUKM dan sebagainya.

BAZNAZ

Baznas adalah lembaga yang khusus melayani zakat dan infaq masyarakat yang dikelola secara resmi oleh lembaga pemerintah. Untuk mengajukan bantuan kepada Baznas anda bisa menghubungi perwakilan baznas setempat. Khusus untuk daerah Banyumas misalnya, ada bantuan hibah kambing yang diperuntukkan untuk masyarakat miskin. Selain itu, masih terdapat beberapa program lain yang dapat anda pilih sesuai dengan keinginan anda.

Tingkat Institusi mempengaruhi jumlah bantuan modal usaha.

Perlu anda ketahui bahwa setiap tingkatan daerah dapat mengeluarkan bantuan. Dinas peternakan, pertanian, maupun kemsos di kabupaten juga mengeluarkan dana bantuan modal usaha yang berasal dari APBD. Pun provinsi memiliki program tersendiri termasuk tingkat pusat.

Bantuan modal tingkat pusat terhitung sangat besar. Berkisar puluhan juta hingga ratusan juta rupiah. Namun, untuk mengajukan bantuan ke tingkat pusat, anda harus melakukan verifikasi dari tingkat kabupaten terlebih dahulu serta persyaratan yang lebih rumit.

Relasi Juga Penting

Bukan rahasia lagi bahwa relasi adalah salah satu faktor yang menentukan turun atau tidaknya bantuan. Untuk itu, cobalah untuk mencari informasi dari orang pemerintahan baik di desa maupun ditingkat yang lebih tinggi. Atau anda bisa juga mencari informasi dari pegawai dinas atau departemen yang anda di daerah anda.

Tak hanya itu, peran politik juga bermain di dalam prosesi pengajuan bantuan. Mereka yang duduk di pemerintahan, adalah mereka yang masuk dari ranah politik. Setiap komisi memiliki bidang yang harus ditangani termasuk bantuan yang harus disalurkan. Melalui merekalah nantinya bantuan dapat lebih mudah turun tentunya tidak boleh melewatkan jalur formal yang seharusnya ditempuh.

Jika anda menemukan adanya pemotongan bantuan atau kongkalikong bantuan untuk politisasi anggaran. Anda bisa melaporkannya melalui instansi terkait atau bisa juga melaporkannya di situs lapor.go.id. Jika anda membutuhkan informasi bisa anda komentar di kolom komentar. Admin akan menjawabnya sebisa kami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *