cara membersihkan kulit
cara merawat kulit image source : https://momsmakeupstash.com

Cara Merawat Wajah Untuk Kulit Yang Sehat dan Indah

Posted on

Memiliki kulit yang indah tentu menjadi impian banyak orang khusunya para wanita. Kulit kering, kulit berminyak, kulit wajah kusam merupakan keluhan atau permasalah yang sering terjadi. Agar anda memiliki kulit sehat dan terhindar dari permasalahan kulit yang telah saya sebutkan tadi, maka perlu kiranya anda memperhatikan bagaimana cara merawat kulit dengan baik.

Jika anda ingin tahun cara merawat kulit wajah dengan perawatan kulit yang seimbang agar kulit anda terawat dan sehat, maka perhatikan cara merawat kulit yang akan dibahas di bawah ini.

Sebelum kita melangkah lebih lanjut kepadaa pengetahuan dasar pemeliharaan kulit, ada hal-hal penting yang mesti diperhatikan.

cara merawat kulit
cara membersihkan kulit sumber gambar : http://lifebeinggirly.com

Cara Merawat Kulit Sehat

Yang pertama, kita harus memiliki pengetahuan dasar tentang kulit sehat dan fungsi dasar dari. kulit. Dari sini kita akan memikirkan jenis perawatan kulit mana yang sesuai dengan jenis kulit kita dan bagaimana mendapatkan hasil yang terbaik dari pemakaian produk perawatan kulit tersebut.

Kedua, kita sebagai penggunaproduk kosmetik harus bersikap realistis terhadap hasil yang akan kita terima. Jika Anda berharap akan tampak lebih muda 25 tahun dari umur sekarang setelah memakai suatu produk, sepertinya Anda harus pergi menemui seorang ahli bedah plastik daripada ahli kulit kosmetik. Sebenarnya, ide di balik produk kosmetik adalah untuk memelihara kulit dan mencegah proses penuaan secara progresif karena tidak adanya pemeliharaan daan perawatan daasar kulit. Hal ini sama seperti rambut dan gigi.

Hal lain yang terpenting dari penggunaan kosmetik adalah juga untuk mengoreksi cacat atau kelainan pada kulit sampai tingkat tertentu. Sering kali para pengguna kosmetik terpengaruh untuk menggunakan suatu produk karena model yang digunakan pada promosi produk itu.

Anda juga perlu mempertimbangkan kebiasaan dan gaya hidup sehari-hari sebelum membeli sebuah pro-duk. Janganlah membeli produk kosmetik yang rutin bila Anda tidak punya cukup waktu untuk melakukan ritual-nya. Anda hanya akan menghamburkan uang tanpa hasil nyata.

Tidak ada kata lain yang bisa memisahkan sehat dan cantik, ini hal penting ketiga. Sehat dan cantik adalah suatu kesatuan yang saling mengisi. Jangan berharap mendapatkan kulit yang indah bila cara hidup Anda tidak sehat. Kulit yang indah sering kali mencerminkan cara hidup sehat dan seimbang dalam aktivitas sehari-hari.

Makanan yang sehat, olahraga, istirahat yang cukup, tidak merokok, ataupun mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebih-an merupakan faktor yang harus dipertimbangkan untuk mendapatkan kulit yang sehat dan indah.

Terakhir, kesabaran. Dalam penggunaan produk kosmetik, Anda butuh waktu untuk memberikan hasil yang cukup baik karena kulit yang rusak butuh waktu untuk memperbaikinya. Perawatan yang rutin akan memberikan hal yang menjanjikan dan kuat.
Pada dasarnya, prosedur perawatan kulit dapat dicakup dengan latilah 3M.

3M ada]ah membersihkan, memperbaiki, dan melembapkan. Inilah langkah-langkah dasar untuk mendapatkan kulit yang sehat dan cantik.

cara membersihkan kulit
cara merawat kulit
image source : https://momsmakeupstash.com

Cara membersihkan Kulit

Tahap pertama yang perlu kita mengerti dan pahami adalah bagaimana cara terbaik untuk membersihkan kulit wajab. Faktor terpenting yang perlu kita perhatikan dalam membersihkan kulit wajah sebagai langkah pertama dari cara merawat kulit kering atau perawatan kulit wajah  adalah:

• Tipe kulit wajah kering, berrninyak, atau kombinasinya
• Ueda
• Alergi
• Problem kulit terbaru

Produk perawatan kulit yang dibuat oleh ahli kulit dan kosmetik bertujuan untuk membersihkan kulit dari kelebihan minyak dan kotoran sekaligus mengencangkan kulit wajah dan mempertahankan integritas lapisan teratas kulit (epidermis)—terutama lapisan lemak alamiah dan stratum korneum yang kita kenal sebagai seramis.

Faktor terpenting lainnya adalah pemilihan sabun atau pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Sabun muka yang dijual di pasaran mengandung unsur kimia yang disebut surfaktan. Surfaktan berguna sebagai media yang memberikan efek terhadap minyak hingga dapat bereaksi dengan air sehingga kelebihan minyak di daerah wajah dibersihkan. Tetapi salah satu efek sampingnya, surfaktan dapat menimbulkan iritasi pada kulit dan keke-ringan pada kulit.

Suatu zat kimia clapat diukur dengan menggunakan dia-gram pH (Skala derajat keasaman). Skala 14 digunakan untuk mengukur kadar keasaman dan kebasaan suatu zat, dan angka 7 menunjukkan Skala netral. Kebanyakan sabun yang berada di pasaran mempu nyai pH sekitar 9, yang berarti cenderung basa (menarik kandungan air dari dalam kulit) sedangkan kulit manusia mempunyai kadar pH 5,5

yang berarti sedikit lebih asam. Inilah yang menyebabkan kulit terasa kurang elastis dan kering setelah pemakaian sabun pada daerah wajah. Dengan perkembangan kemajuan teknologi saat ini kita dapat membuat sabun menggunakan surfaktan sintetik dengan kadar keasaman mendekati pH 7 (netral) yang tetap memberikan fungsi sebagai pembersih tetapi kurang menimbulkan iritasi dan kekeringan pada kulit wajah.

Berikut ini beberapa contoh sabun muka yang kini beredar di pasaran:

SABUN UNTUK PERAWATAN KULIT

• Sabun transparan.
Sabun ini semakin populer saat ini karena mengandung gastrin dan beberapa lemak yang membuat kulit wajah lembap dan lebih lembut. Sayangnya sabun ini kurang berbusa dibandingkan dengan sabun normal yang biasa dijual di. pasaran. Sabun ini sangatlah tepat digunakan untuk jenis kulit yang aedikit kering atau normal.

• Sabun yang mengandung lemak.
Biamanya sabun ini mengandung mentega kakao, minyak lanolin atau parafin, dan tambahan zat pelembab. Sabun ini sangat sesuai digunakan bagi mereka yang mempunyai kulit sangat kering karena dapat membersihkan clan sekaligus melembabkan kulit wajah. Ini dalah pilihan tepat untuk mengatasi kulit kering sangat cocok untuk cara merawat kulit kering.

Bagi Anda yang mempunyai kulit berminyak, sabun ini bukanlah pilihan tepat untuk digunakan karena dapat memacu tumbuhnya jerawat yang disebabkan adanya sisa minyak yang menyumbat pori-pori wajah. Sabun ini juga bukan merupakan pilihan  utama untuk digunakan di daerah yang beriklim tropis karena pada daerah ini kelenjar minyak cenderung bekerja lebih aktif dan menghasilkan kelebihan minyak pada daerah wajah.
• Sabun pH seimbang.

Sabun ini merupakan pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, karena sifatnya yang sangat lembut dan tidak menyebabkan kulit kering namun mampu membersihkan wajah dan kotoran ataupun make-up. Kelemahannya, sabun in i tidak memberikan busa yang setara dengan sabun biasa. Sabun ini cocok untuk perawatan kulit dengan sifat yang sensitif.

• Sabun jerawat.

Sabun ini mengandung zat-zat yang menyebabkan kulit menjadi kering. Kandungan sulfur dan benzoil peroksida ditambah beberapa unsur pengelupasan kulit seperti asam salisilat sangatlah berguna untuk Anda dengan kulit yang cenderung memiliki kelenjar minyak aktif atau kulit berjerawat. Sabun ini sangat cocok untuk anda yang ingin melakukan cara merawat kulit wajah yang berjerawat.

Selain sabun yang dipaparkan di atas, kita mengenal juga jenis pembersih wajah lain yang kerap digunakan, antara lain:

• Susu atau krim pembersih muka.

Kebanyakan produk ini berupa losion. Walaupun pengguna kosmetik lebih menyukai tekstur losion daripada krim, pada dasarnya produk ini merupakan emulsi air clan minyak. Susu pembersih ini adalah produk yang lebih efektif untuk membersihkan kulit wajah setelah pemakaian make-up dan tidak menimbulkan kekeringan.

Pada pemakaian make-up yang cukup tebal, susu pembersih lebih mudah mengangkat sisa make-up tanpa menimbulkan Iritasi. Kelemahannya, produk ini meninggalkan residu minyak pada pori-pori kulit wajah sehingga terkadang memacu tumbuhnya jerawat bila terjadi penyumbatan kelenjar minyak pada kulit wajah. Kebanyakan pengguna kosmetik juga mengeluhkan rasa lengket pada kulit wajah.

Untuk mengatasi hal ini penggunaan toner atau astrigent sangatlah membantu menghilangkan rasa lengket sekaligus menyegarkan kulit wajah. Saat ini susu pembersih kurang begitu populer dibandingkan dengan sabun pembersih karena penggunaannya sangat menyita waktu. Para pria pengguna produk pembersih wajah juga kurang begitu menyukainya dengan alasan produk ini tidak praktis digunakan.

• Minyak pembersih (cleansing oil).
Produk ini biasanya lebih diutamakan sebagai pembersih make-up terutama untuk mengangkat sisa perona mata ataupun alas bedak (foundation) karena kelembutannya. Salah satu kelemahannya, minyak pembersih dapat menutupi pori-pori kulit wajah.

Demikianlah artikel tentang cara merawat kulit agar anda bisa mengatasi permasalahan kulit seperti kulit kering, kulit wajah kusam atau kulit berminyak. Tetap jaga kesehatan anda agar kulit anda tetap sehat dan terawat.

sumber : “Panduan Lengkap Merawat Kulit Wajah” Dr .J. PRIANTO LA., B.Sc. (Hone)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *