Cara Mudah Menghitung Tabel Angsuran dan Bunga Kartu Kredit

Posted on

Sebelum anda melakukan kredit kepada bank, pasti ada beberapa hal yang akan anda pertimbangkan seperti besarnya angsuran yang harus dibayarkan hingga kredit tersebut terlunasi. Pada saat ini adanya kartu kredit dapat memudahkan kita untuk melakukan transaksi pembayaran. Kartu kredit adalah sebuah fasilitas yang diberikan oleh bank sebagai alat pembayaran dengan tujuan untuk memudahkan pembayaran pada saat terjadi transaksi pembelian. Kartu kredit memiliki beberapa keuntungan yaitu praktis dan nyaman untuk dibawa kemana-mana, menawarkan berbagai macam manfaat tambahan salah satunya adalah adanya diskon tambahan, gratis iuran tahunan hingga penawaran bunga renda untuk kartu baru.

Kartu Kredit

Sebagai pengguna kartu kredit anda harus bijak dalam menggunakannya karena bunga yang ditetapkan pada kartu kredit lebih besar dari pada kredit biasa yakni hingga 3 sampai dengan 4 kali lipat. Bagi anda yang masih bingung dengan skema perhitungan angsuran dan bunga kartu kredit. Artikel kali ini akan membahas mengenai cara menghitung angsuran dan bunga kartu kredit yang dapat anda terapkan.

Ketentuan Perhitungan Angsuran Bunga pada Kartu Kredit

Sebelum membahas mengenai cara mudah menghitung angsuran besarta bunga pada kartu kredit, penting bagi anda untuk mengetahui ketentuan mengenai perhitungan bunga pada kartu kredit. Berikut ini beberapa ketentuan untuk menghitung beban bunga dan angusuran kartu kredit yang harus dilakukan oleh penerbit kartu kredit dengan tujuan untuk melindungi pemegang kartu kredit

  • Didasarkan pada tanggal pembukuan Penerbit Kartu Kredit

 

    1. Perhitungan atas angsuran dan bunga kartu kredit didasarkan dan dimulai dari tanggal posting penerbit kartu kredit. Tanggal posting maksudnya adalah tanggal riil pada saat penerbit kartu kredit membayarkan kepada Acquirer atas transaksi pembelanjaan yang dilakukan oleh pemegang kartu kredit atau kepada penyelenggara ATM atas transaksi tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit.
  • Angsuran Selanjutnya berdasarkan sisa tagihan

 

    1. Untuk angsuran berikutnya, perhitungan bunga kartu kredit dapat dilakukan berdasarkan jumlah sisa tagihan kartu kredit. Dihitung berdasarkan atas transaksi pembayaran belanja dari tunai yang belum terbayar (outstanding)
  • Hal yang dilarang dalam perhitungan bunga kredit

 

    1. Hal-hal yang dilarang untuk digunakan sebagai komponen perhitngan bunga kartu kredit adalah denda terutang, biaya terutang, bunga terutang, dan tagihan sebelum jatuh tempo.
  • Bunga yang dibebankan dalam transaksi pembelanjaan

 

  1. Bnga akan dibebankan kepada pemegang kartu kredit apabila terjadi hal-hal sebagai berikut:
  • Pembayaran yang tidak dilakukan
  • Melakukan pembayaran, namun kurang dari total tagihan kartu kredit
  • Melakukan pembayaran penuh sesudah tanggal jatuh tempo atas pembayaran. Apabila pengguna kartu kredit melakukan pembayaran secara penuh sebelum tanggal jatuh tempo maka tidak akan dikenakan bunga karena keterlambatan untuk membayar tagihan angsuran kartu kredit.
  • Untuk transaksi yang dilakukan secara tarik tunai, bunga akan dibebankan dan dihitung mulai dari tanggal pembukuan sampai tanggal dilakukannya pembayaran secara penuh oleh pemegang kartu kredit
  • Penetapan bunga secara harian berdasarkan pada perhitungan jumlah hari kalender dalam satu tahun yaitu 365 hari.

Cara Menghitung Bunga Angsuran Kartu Kredit

Untuk memudahkan cara menghitung bunga angsuran kita dapat membuat tabel angsunran sebagai berikut. Misalnya bunga dari kartu kredit adalah sebesar 2% per bulan atau 24% tiap tahunnya. Misalnya lembar tagihan yang dikirimkan pada tanggal 15 setiap bulannya dan jatuh tempo pelunasannya adalah 20 hari dari tanggal yang ada pada lembar tagihan. Pada tanggal 10 Januari, anda melakukan transaksi sebesar Rp. 1 juta, sehingga detail tagihannya yang akan anda terima pada tanggal 15 januari adalah sebagai berikut:

Tanggal Transaksi Tanggal Pembukuan Aktivitas Transaksi Belanja Nominal Transaksi
10 Januari 2015 11 januari 2015 1 Rp. 1.000.000
Total Tagihan Rp. 1.000.000
Pembayaran minimum Rp. 100.000

Berdasarkan tagihan diatas, pada tanggal 30 Januari anda seharusnya melakukan pembayaran sebesar 50% dari taotal tagihan sebesar Rp. 500.000 sehingga anda memiliki sisa tagihan sebesar Rp. 500.000

Menurut perhitungan manual anda akan mengira jumlah bunga yang akan muncul pada tagihan anda adalah sebesar 10.000 (2% x Rp. 500.000)

Namun, pada tagihan yang akan diterima pada bulan berikutnya yaitu tanggal 15 Februari adalah sebagai berikut ini dengan catatan tidak ada transaksi yang terjadi selama bulan februari.

Tanggal Transaksi Tanggal Pembukuan Aktivitas Nominal Transaksi
Tagihan bulan Januari Rp. 1.000.000
30 januari 2015 Pembayaran Rp. (500.000)
Bunga Rp. 16.111
Total Tagihan Rp. 516.111
Pembayaran Minimum Rp. 51.611

Mengapa Bisa Berbeda antara bunga yang dihitung berdasarkan manual dan bunga yang dihitung berdasarkan tagihan bank?

Hal ini disebabkan karena adanya 3 komponen dalam menghitung bunga kartu kredit:

  1. Beban bunga terhadap transaksi individual
  2. Beban bunga yang dihitung berdasarkan pada selisih hari dari tanggal pembukuan hingga tanggal penagihannya.
  3. Beban bunga terhadap total tagihan bulan berjalan
  4. Beban bunga terhadap total tagihan bulan berjalan dapat dihitung berdasarkan pada selisih hari dari tanggal tagihan bulan pertama ke bulan selanjutnya
  5. Potongan bunga terhadap pembayaran
  6. Jumlah potongan bunga terhadap pembayaran akan dihitung dari selisih hari antara tanggal pembayaran tagihan dengan tanggal tagihan periode berikutnya. semakin cepat anda membayar angsuran kartu kredit akan semakin besar pula potongan bunga yang akan anda dapatkan.

Secara lebih rinci anda dapat melihat tabel di bawah ini sebagai pedoman untuk melakukan perhitungan angsuran dan bunga pada kartu kredit yang kalian gunakan.

Aktivitas Tanggal pembukuan Tanggal Tagihan Selisih Hari Tagihan Nominal Transaksi Bunga
Transaksi belanja 1 11 Januari 2015 15 Januari 2015 4 Rp. 1.000.000 Rp. 2.630
Tagihan Bulan Januari 15 Januari 2015 16 Januari 2015 31 Rp. 1.000.000 Rp. 20.385
Pembayaran 30 Januari 2015 16 Januari 2015 21 (Rp. 500.000) (Rp. 6.904)

 

Total Rp. 16.111

Istilah interest-free-period atau dapat diartikan sebagai periode bebas bunga digunakan dalam sistem pembayaran kartu kredit. Anda sebagai pengguna kartu kredit akan dibebaskan dari bunga apabila anda melakukan pembayaran secara penuh sebelum tanggal jauh tempo di setiap bulannya. Namun sebaliknya, apabila anda terlambat anda akan dikenakan bunga yang berdasarkan pada selisih hari pembukuan dan tagihan untuk setiap kegiatan yang anda lakukan dengan menggunakan kartu kredit seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Kesalahan yang Sering dilakukan pada Bunga Kartu Kredit

Sebelum mengajukan atau mulai menggunakan kartu kredit alangkah lebih baiknya anda sebagai calon pengguna kartu kredit memperhatikan hal-hal berikut ini agar tabel angsuran dan bunga tidak membengkak

  • Mengerti cara kerja bunga kartu kredit
  • Bank sebagai penerbit kartu kredit akan mengenakan bunga pada angsuran kartu kredit apabila anda sebagai pengguna kartu kredit melakukan pembayaran yang melampaui tanggal jatuh tempo, pembayaran minimun tidak terpenuhi, dan adanya transaksi penarikan tunai.
  • Mengetahui cara menghitung bunga
  • Sebelum mengajukan pembuatan kartu kredit alangkah lebih baiknya untuk mempelejari dulu perhitungan bunga pada kartu kredit agar angsuran kartu kredit tidak besar setiap bulannya.
  • Perhatikan Perubahan suku bunga
  • Suku bungan bank akan mengalam perubahan pada saat terdapat surat edaran yang diterbitkan oleh pemerintah. Hal ini karena, bank sebagai lembaga keuangan harus mematuhi aturan yang dibuat oleh pemerintah. Sebagai pengguna kartu kredit anda harus memperhatikan juga perubahan dari suku bunga ini karena hal tersebut akan berpengaruh terhadap total angsuran kartu kredit yang akan anda bayarkan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai cara menghitung tabel angsuran dan bunga kartu kredit yang dapat anda praktekkan sendiri. semoga artikel ini bemanfaat.

Dituslis oleh: Dyah Ayu Alvinda
Editor: Sigit Irawantoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *