Cari Usaha Sampingan? Ini Cara Mendapatkan Uang Di Internet Dengan Cepat dan Mudah

Posted on

Cara mendapatkan uang di internet ~ Usaha sampingan merupakan usaha atau upaya untuk mendapatkan penghasilan di luar kegiatan kerja utama kita. Jenisnya bermacam – macam, bisa dengan berdagang, beternak, membudidayakan tanaman hias atau menyediakan jasa sesuai dengan kemampuan kita.

Dari sekian banyak usaha sampingan yang dapat dijalankan, salah satu jenis bisnis sampingan yang kini dan esok akan booming adalah bisnis online. Bisnis online adalah  cara mendapatkan uang di internet baik itu dengan menulis, berdagang maupun kegiatan ekonomi lainnya yang mana menggunakan internet sebagai media marketing maupun olah produksi.

Berdasarkan informasi dari Kementerian Komunikasi dan Informasi, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 132, 7 juta. Dengan kata lain, hampir 50% penduduk Indonesia telah menjadikan internet sebagai salah satu kebutuhan hidupnya. Prediksi untuk tahun – tahun selanjutnya, jumlah pengguna akan semakin naik dengan berakhirnya generasi milenial menuju generasi Z. Generasi Z inilah yang akan menjadi pertanda betapa digdaya kekuatan internet nantinya sebagai media komunikasi, informasi serta marketing media.

Dengan besarnya pengguna, tak heran jika kemudian internet menjadi sarana pemasaran maupun pasar yang mempertemukan antara penjual dengan pembeli. Data yang di himpun dari APJII, pada tahun  2016 jumlah transaksi online yang terjadi apabila dinominalkan nila transaksinya mencapai angka USD 4,89 miliar. Perputaran dana tersebut dikarenakan adanya 84,2 juta orang yang melakukan transaksi secara online. Dari penjelasan tersebut, anda akan menjadi penonton pertunjukan bisnis internet atau menjadi pemanfaat internet untuk mendapatkan uang?

Jika anda sudah mulai tertarik untuk menjalankan bisnis online, maka perlu kiranya anda memahami cara mendapatkan uang di internet. Ada banyak orang yang tergiur dengan cerita – cerita sukses para pebisnis online, namun banyak pula yang kemudian gugur di bulan pertama hingga keempat karena tak kunjung mendapatkan hasil. Inilah yang kemudian menjadi keraguan para pengguna internet untuk ikut andil dalam kancah perekonomian internet. So, ada baiknya anda membaca beberapa cara mendapatkan uang di internet berikut ini :

cara mendapatkan uang di internet
cara mendapatkan uang di internet

Cara mendapatkan uang Di Internet 

  1. Pahami bahwa bisnis online membutuhkan Fokus
    cara mendapatkan uang melalui internet
    Anda harus fokus

    Ketika anda memutuskan untuk menjalankan bisnis di Internet, anda harus fokus pada sudah anda mulai. Bisnis internet bukan bagaimana anda memulainya, tapi bagaimana anda menjalani dan mengakhirinya. Diantara sebab kegagalan para pebisnis online pemula adalah gagal fokus. Bisa jadi karena pekerjaan utamanya terlalu menyita waktu sehingga fokus pada bisnis online menjadi berkurang.

    Selain itu, iming – iming bisnis online yang teramat banyak akan membuat anda berfikir untuk berganti bisnis. Anda melihat dollar para master Youtube, anda mencoba main Youtube., Baru menjalani satu langkah awal, anda tergiur cerita hebat para pemain CPA, pindah lagi. Baru dua langkah bermain CPA, anda tergiur dengan kenikmatan menjadi blogger yang berhasil raup dollar dari tulisan – tulisannya. Begitu dan seterusnya.

    Meskipun anda tidak bisa memberikan waktu sepenuhnya untuk bisnis online atau berada di depan komputer sepanjang waktu. Anda tetap harus memfokuskan diri pada satu jenis bisnis online dan tekun menyisihkan waktu untuk mengelola bisnis online anda. Karena fokus bukan masalah banyaknya waktu, tapi lebih kepada masalah pemusatan sumber daya dan pengelolaan waktu. Bagaimana agar anda bisa fokus? Baca point selanjutnya

  2. Kenali kemampuan dan Hobi anda
    cara mendapatkan uang di internet dengan hobi
    Cara mendapatkan uang dari internet melalui hobi

    Di antara beberapa cara agar anda bisa fokus adalah dengan menjalankan bisnis online sesuai dengan kemampuan atau hobi anda. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi blogger jika anda memang tidak nyaman menulis. Anda juga tidak perlu memaksakan diri untuk berjualan, melayani penjual atau menerima complaint dari pelanggan jika anda tidak terlalu suka berdagang. Carilah yang sesuai dengan hobi dan kesenangan anda, kemudian sesuaikan dengan kemampuan.

    Anda memiliki kemampuan desain grafis? cobalah untuk memasarkan jasa anda atau membuat desain jadi yang kemudian anda share di website kemudian pasanglah iklan setelah pengunjung bertambah. Selanjutnya, jika anda memiliki kemampuan desain web, mengapa tidak mencoba jasa desain web atau membuat website yang berisi panduan desain web? Anda bisa memilih banyak jenis bisnis online sesuai dengan kemampuan dan hobi anda. Jika anda ingin memperlebar sayap dengan mencoba hal baru, tunggu sampai bisnis pertama anda mapan.

  3. Kenali bagaimana sistem bekerja
    Cara mendapatkan uang di internet dengan media sosial
    Jangan lupakan media sosial

    Bisnis online nantinya akan akrab dengan media sosial, bisnis online apapun, kebanyakan menggunakan media sosial untuk memperkenalkan produknya baik berupa video, website, atau jualan. Memang bukan faktor utama, namun melalui penggunaan media sosial yang tepat, anda akan dapat meningkatkan profit atau setidaknya produk anda akan lebih cepat dikenal oleh masyarakat.

    Sayangnya, kebanyakan pemula. Mereka hanya tahu bagaimana sharing produk secara acak melalui media sosial. Spam produk ke dinding FB orang lain, tag sebanyak mungkin dan tweet sesering mungkin. Sobat bisa saja berhasil, tp saya kira akan lebih menyita waktu. Untuk itu, kenali bagaimana sistem dari setiap media bekerja. Tweet hanya berisikan tulisan pendek 140 karakter dengan pengguna rata – rata anak muda. instagram berisi gambar yang akan cocok untuk produk – produk yang memiliki marketing dengan gambar menarik, facebook dengan rankingnya sebagai medsos terlaris, memiliki ciri dan sistemnya tersendiri.

    Mengenali sistem yang bekerja akan membuat anda paham bagaimana menentukan strategi pemasaran yang nantinya akan anda lakukan. Semakin anda sering spam, anda akan di pandang seperti pedagang kecil. Tapi jika anda menggunakan media sosial sesuai kadarnya namun tepat sasaran, itu akan membuat anda semakin tinggi tingkat kredibilitasnya.

  4. Permudah saja, jangan dipersulit

    Mudahkan cara mendapatkan uang di internet

    Dalam memahami bahasa – bahasa online, cobalah untuk mempermudah. Jangan tersedot arus bahasa yang njrimet di Internet. Mudahkan saja seperti anda sedang bermain game. Jika anda ingin melangkah lebih jauh menjadi IM yang profesional dan kebetulan anda awam di dunia internet. Mudahkan saja bahasanya, sederhanakan metodenya dan nikmati prosesnya.

    Di internet , ada banyak tutorial untuk mendapatkan uang dengan cepat. Ada istilah facebook ads, pixel ads, instagram ads, seo , smo waaaah. Jangan fokus pada istilah jangan tergiur dengan efek joz dari istilah tersebut. Untuk mengawali langkah anda, mulailah dengan hal ringan. Jika anda adalah seorang blogger, menulislah dan kesampingkan istilah – istilah njerimet. Posisikan anda adalah pembaca, semudah itu.

    Jika anda sudah mulai menikmati waktu anda didepan komputer, anda boleh sedikit mencicipi SEO. Bagitu pula jika anda ingin berjualan di internet. Mulailah sharing ke media sosial dengan target tertentu. Hampir sama ketika anda menjadi pengguna facebook yang enggan dindingnya penuh spam produk, maka jangan lakukan hal itu pada orang lain. Mudahkan sistem anda. Berjualan akan maksimal jika anda memasarkannya pada orang yang tepat. So, gunakan pula di internet.

  5. Tidak ada yang instan, so nikmatilah
    Berbisnis di internet bukan seperti menjual emas 1 gram dua puluh empat karat dengan harga seribu rupiah. Produk anda bisa jadi tidak langsung laku, website anda belum memiliki pengunjung, atau tidak ada viewer di video yang sudah anda upload di Youtube. Anda perlu menunggu hasil dengan terus melakukan ikhtiar. Internet bisa menjadikan anda kaya secara ghoib, tapi tidak bisa menjadikan anda kaya secara mendadak.

    Cobalah nikmati prosesnya, nikmati pekerjaan anda agar anda berbahagia dengan bisnis anda. Kalaupun jatuh, mengapa tidak mencoba bangkit lalu memperbanyak referensi belajar untuk membayar kekalahan anda?

  6. Bacalah kisah sukses para pebisnis online

    Kisah sukses orang yang mendapatkan uang di internet

    Cobalah sering – sering anda membaca kisah sukses para pebisnis online. Perhatikan bukan pada hasil yang mereka perolah, tapi proses yang mereka jalani. selain itu, membaca kisah sukses pebisnis online, bukan untuk menjadikan anda goyah dengan bisnis online yang telah anda pilih nantinya. Cobalah untuk membaca bagaimana mereka berproses membangun bisnis, menata strategi keuangan, memaksimalkan pemasaran termasuk penempatan emosi dan waktu yang tepat disetiap gerak langkahnya.

    Kisah mereka akan menjadi pemompa semangat anda ketika anda jatuh atau mengalami kejenuhan ketika berkutat dengan komputer. Ambil kesempatan untuk merefresh pikiran anda, baik dengan membaca kisah sukses pebisnis online maupun dengan mengambil liburan disela – sela waktu anda. Fokus bukan berarti anda melupakan kebahagiaan anda yang lain, fokus juga bukan berarti anda harus melupakan kewajiban anda yang lain, fokus adalah menempatkan waktu pada periodenya, menempatkan kepentingan sesuai tingkat prioritasnya.

Lima point di atas, bisa menjadi langkah awal untuk mendapatkan uang di internet. Eiiiits, artikel ini belum selesai. Kini tibalah anda pada permasalahan selanjutnya. Mencari ide bisnis online yang mudah dan tepat bagi anda. Ingat, jika anda belum membaca dan memahami kelima point di atas, saya sarankan untuk membaca dan memahaminya dulu, karena meskipun sifatnya non teknis, namun sangat penting untuk menjadi dasar kekuatan anda dalam meniti jalur sukses via internet.

Artikel selanjutnya akan saya bahas macam – macam ide usaha sampingan online untuk mendapatkan uang melalui internet. So, keep your choice. Tekan CTRL + D untuk menandai web babejo.net.

Akhirnya semoga artikel yang saya tulis sembari menahan kantuk dapat anda pahami dan tentunya semoga bermanfaat untuk para pemula. Terima kasih sobat Babejo. Selamat menikmati hari kerja dari para pengangguran online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *