Ide dan Peluang Usaha Kreatif di Tahun 2018 yang Patut Anda Coba

Posted on

Ide usaha bisnis yang kreatif merupakan salah satu penggerak ekonomi dan sangat membantu perekonomian pemeriintah Indonesia pada saat ini. Seorang pengusaha dengan memiliki ide yang kreatif sangat berpotensi sekali untuk berhasil karena tidak banyak orang yang bisa berpikir kreatif dalam menjalankan usahanya. Ide kreatif biasanya muncul untuk menciptakan usaha dari setiap peluang yang ada disekitarnya. Pada saat ini ide usaha kreatif menjadi usaha rill yang punya nilai ekonomi semennjak dibentuknya Badan Ekonomi Kreatif untuk mendukung para usahawan yang memiliki ide usaha kreatif.

Ide dan Peluang Usaha Kreatif di Tahun 2018 yang Patut Anda Coba

Macam-macam Usaha Kreatif dengan Prospek Baik

Secara umum ada tiga macam usaha bisnis kreatif yang terus memiliki prospek yang baik setiap tahunnya, antara lain:

Pionir

 

Jenis usaha ini merupakan satu-satunya bisnis yang pertama dan merupakan pencetus karena adanya ide usaha kreatif yang dimiliki oleh pencipta produk atau jasa. Pionir akan memiliki prospek pasar yang besar karena masih belum adanya pesaing. Pionir akan dikenal sepanjang masa, asalkan tetap menjaga kualitasnya dan terus berinovasi. Biasanya pionir akan menjadi sebuah kerajaan bisnis yang besar dan akan diikuti oleh produk serupa oleh pesaing.

Berbeda

 

Bisnis yang berbeda memiliki peluang besar untuk dapat melerati perubahan yang sangat cepat setiap tahunnya. Usaha kreatif yang berbeda akan memiliki ceruk pasar yang besar dan bahkan dapat merajai pasar. Jika anda tidak dapat menjadi pionir, anda harus bisa menciptakan ide usaha kretif yang berbeda.

Terbaik

 

Jika kita tidak dapat menciptakan dan mengembangkan usaha bisnis yang pertama dan berbeda, anda dapat membuat bisnis yang terbaik. Yang dimaksud dengan terbaik dalam hal ini adalah dapat dilakukan diberbagai aspek, misalnya dari produk, jasa, dan layanan atau service. Menjadi usaha kreatif dengan mengunggulkan layanan, produk dan jasa terbaik tidak akan pernah lekang oleh waktu dan trend. Menjadi yang terbaik tidaklah sulit, anda harus memberikan ide usaha kreatif anda dengan meningkatkan kualitas pelayanan yang sudah ada.

Peluang Usaha dan Bisnis Kreatif dan Unik Masa Kini

Bagi anda yang masih berjiwa muda dan ingin memulai usaha dana menjadi young enterpreneur, sudah semestinya anda ikut serta dalam melihat dan memanfaatkan peluang usaha yang ada disekitar anda. Tidak perlu banyak-banyak cukup ciptakan satu atau dua ide kreatif yang sederhana dan wujudkan jadi usaha riil. Berikut ini peluang usaha bisnis kreatif yang masih belum banyak diketahui oleh banyak orang beserta risikonya.

Jasa cleaning Service Keliling

 

Pada saat ini banyak orang yang merintis usaha dengan memberikan pelayanan hingga kerumah-rumah. Salah satu usaha kreatif yang dapat anda coba adalah dengan menawarkan jasa kebersihan keliing yang. Banyak orang yang ingin memiliki suasana rumah dan lingkungan yang bersih, apalagi masyarakat perkotaan yang disibukkan dengan pekerjaan kantor biasanya tidak sempat untuk membersihkan rumahnya. Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis kreatif yang dapat anda kembangkan agar mudah dijual di masyarakat.

Menjadi Reseller

 

Reseller banyak memiliki keuntungan karena tidak perlu modal, anda hanya perlu berbekal ide kreatif dalam memasarkan suatu produk atau jasa yang akan jual melalui media sosial, website ataupun blog. Anda dapat menjual bermacam-macam produk, untuk menjadi reseller anda harus pintar-pintar memilih supplier termurah yang melayani sistem reseller. Cara menjualnya juga cukup mudah anda bisa menjualnya melalui media sosial atau market place yang sudah banyak disediakan pada saat ini.

Bisnis Kuliner dengan Menu Sehat

 

Bisnis kuliner merupakan suatu bisnis yang tiada hentinya dan terus tumbuh hingga saat ini. Hampir setiap bulan ada saja usaha kuliner baru yang muncul dan membuat usaha kuliner lama yang tidak dapat bersaing gulung tikar. Dalam memasarkan usaha bisnis kuliner anda harus memiliki ide usaha yang kreatif misalnya menu kreatif baru dengan cita rasa yang unik. Varian baru atau menu makanan baru inilah yang akan membuat usaha bisnis kuliner anda berjalan sukses dan mampu bersaing dengan terus mengembangkan inovasi. Anda dapat mengkombinasikan ide kreatif anda dengan makanan populer yang sudah ada.

Produk Daur Ulang

 

Belakangan ini banyak himbauan mengenai usaha bisnis yang ramah lingkungan melalui kampanye go green yang sudah dicanangkan oleh berbagai instansi. Anda dapat menjadikan momen ini sebagai peluang usaha kreatif misalnya dengan membuka usaha pembuatan tas daur ulang dari kemasan makanan atau kerajinan dari bubur kertas. Dengan adanya kampanye go green anda dapat mempromosikan sekaligus dapat membantu pemerintah untuk mengurangi sampah yang berada di lingkungan sekitar. Keuntungan menjalankan usaha bisnis ini anda pasti akan terbantu dalam sisi promosi dengan adanya kampenye go green pada saat ini.

Flip Cover Gadget

 

Smartphone atau tablet serta gadget lainya sudah menjadi kebutuhan sehari-hari masyarakat Indonesia pada saat ini. Dari anak-anak hingga orang dewasa sudah terbiasa menggunakan tablet sehingga penggunaan tablet semakin meningkat setiap tahunnya. Perubahan gaya hidup yang seperti ini dapat anda jadikan peluang usaha kreatif dengan menjual flip cover dengan berbagai motif dan model sesuai dengan ide kreatif usaha bisnis anda miliki. Misalnya dengan memberikan motif unik dan desain yang unik pada flip cover dan sebagainya. Pada saat ini motif yang paling banyak diminati adalah flip cover dengan motif triball atau batik. Anda dapat menyesuaikan motif dengan flip cover yang disukai banyak orang.

Risiko Merintis Bisnis dan Usaha Kreatif

Salah satu hal yang dapat membuat pengusaha bisnis gagal terutama pemula adalah mereka tidak mengerti risiko bisnis yang akan mereka jalani. Untuk memulai sebuah usaha, anda harus mengenali risiko bisnis berikut ini terlebih dahulu:

Risiko Keuangan

 

  • Risiko ini terkait dengan modal usaha dan biaya operasional usaha awal. Sebaiknya bagi para pemula usaha bisnis menggunakan tabungan pribadi untuk memulai usahanya untuk menghindari defisit atau negatif cash flow yang mungkin terjadi. Sebenarnya selain dari tabungan, anda juga dapat memperoleh modal dari pinjaman atau mungkin dengan pendanaan dari sebuah badan. Namun saran kami lebih baik menggunakan tabungan terlebih dahulu sebagai langkah awal memulai bisnis.

Risiko Pasar

 

  • Dalam menjalankan suatu usaha kreatid anda haru memahami risiko pasar yang akan terjadi. Pasar memiliki pergerakan yang sangat dinamis setiap tahunnya. Untuk memasuki bisnis pastikan bahwa usaha anda mampu bersaing dengan usaha lain yang ada dipasar. Anda dapt mengenali risiko ini dengan melihat perilaku dari target pasar yakni dengan memperhatikan mengapa mereka membeli, bagaimana mereka membeli dan apa yang menarik menurut mereka para konsumen.

Risiko Barang atau Produk

 

  • Risiko jenis ini berkaitan dengan produk pada umumnya, anda harus memperhatikan produk atua barang yang anda miliki jika tidak laku dijual. Anda harus mempertimbangkan sampai kapan produk tersebut bisa bertahan dan akan laku terjual.

Risiko Tim Bisnis

 

  • Risiko bisnis ini berkaitan dengan seajuh mana partner bisnis anda bertahan dalam menjalankan bisnis yang dijalankan secara bersama-sama. Dalam suatu bisnis kita tidak bisa melakukannya sendiri, pasti ada pegawai, pemodal bisnis dan rekan pengelola bisnis. Salah satu kunci sukses suatu bisnis adalah kekompakan tim dalam pengelolaannya.

Risiko Pelaksanaan.

 

  • Resiko jenis ini terkait dengan respon pasar terhadap produk yang kita luncurkan. Anda harus melakukan riset dan survey terlebih dahulu untuk meminimalisir terjadinya risiko ini.

Itulah beberapa informasi dan penjelasan mengenai ide dan peluang usaha kreatif di tahun 2018 yang patut anda coba. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *