Langkah Sukses Besar Cara Ternak Kambing Etawa Bagi Pemula

Posted on

Bisnis ternak merupakan bisnis yang cukup menjanjikan dan dapat dilakukan sebagai usaha sampingan. Ini dapat anda jadikan pilihan untuk membuka usaha sampingan, tidak menutup kemungkinanhasil usaha sampingan lebih besar daripada pekerjaan utama yang sedang anda lakukan. Salah satu peluang usaha ternak yang dapat anda jadikan pilihan adalah ternak kambing etawa. Artikel ini akan membahas mengenai cara ternak kambing etawa bagi pemula yang ingin membuka usaha ternak kambing etawa.

Ternak Kambing Etawa

Apa itu Kambing Etawa ?

Salah satu jenis kambing adalah kambing etawa. Kambing etawa merpakan salah satu jenis kambing yang populer pada saat ini khsususnya di Indonesia. kambing Etawa merupakan kambing yang berasal dari distrik Etawah (India) yang sering disebut dengan nama kambing jamnapari. Kambing etawa memiliki manfaat dwiguna yaitu dapat menghasilkan susu dan juga daging, bahkan sebagian kambing etawa juga sering diikutsertakan dalam ajang kontes. Kambing etawa memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Kambing etawa memiliki postur tubuh yang besar
  • Memiliki telinga yang panjang dan menggantung
  • Bentuk mukanya cembung
  • Memiliki tanduk yang pendek
  • Adanya bulu pada bagian paha belakang yang cukup panjang.

Kambing etawa jantan memiliki bobot mencapai 90 Kg, sedangkan kambing etawa betina memiliki bobot sekitar 60 Kg da mampu menghasilkan susu sebanyak 3 sampai dengan 4 liter tiap harinya dalam masa puncak laktasi.

Jenis-jenis Kambing Etawa

Secara umum jenis kambing etawa hanya terdapat satu macam, namun berdasarkan kelas, pembibitan, dan ciri fisik kini kambing etawa dapat dibagi menjadi beberapa jenis yaitu:

Kambing Etawa Kaligesing

 

  • Kambing etawa ini diambil dari daerah sentranya yaitu kaligesing purworejo. Kambing etawa jenis ini merupakan hasil persalingan antara kambing asli india dan kambing lokal. Kambing etawa jenis ini memiliki bulu yang lebat dan berwarna putih, hitam, coklat, bercak, dan belang. Kambing etawa geliseng merupakan salah satu jenis kambing etawa yang berkualitas yang dapat diikutsertakan dalam kontes dan penghasil susu.

Kambing Etawa Super

 

  • Kambing etawa super merupakan jenis kambing etawa yang populer dan menjadi primadona di kalangan pecinta dan peserta kontes kambing. Kambing etawa super memiliki ciri tubuh besar, harga jualnya tinggi dan mudah dipelihara.

Kambing Etawa Senduro 

 

  • Jenis kambing etawa ini merupakan hasil pengembangbiakkan ternak kambing yang berasal dari Lumajang, Jawa Timur. Ciri khusus kambing senduro adalah adanya bulu berwarna putih menyeluruh pada seluruh bagian tubuh di kepala dan kakinya.

Tata Cara Ternak Kambing Etawa

Pemilihan Bibit Unggul Kambing Etawa

Langkah pertama yang harus anda perhatikan untuk terjun ke dunia usaha ternak kambing etawa adalah pemilihan bibit (anakan atau indukan) yang memiliki kualitas yang baik. Cara pemilihan bibit unggul kambing adalah sebagai berikut:

  • Kambing etawa jantan yang baik yaitu memiliki postur tubuh bagian punggung yang besar, lurus, kaki kokoh, tidak cacat secara fisik, serta berumur sekitar 1,5 tahun.
  • Kambing etawa betina yang baik untuk dijadikan bibit ternak kambing etawa adalah yang memiliki kaki yang lurus, jinak, bentuk tubuh proporsional, memiliki jumlah puting yang lengkap dan terasa kenyal jika diraba, serta bebas dari penyakit.
  • Mengetahui silsilah keturunan dan juga mengobservasi langsung ke tempat peternakan bibit kambing etawa.
  • Pilihlah bibit kambing etawa yang memiliki telinga yang menjulai ke bawah, panjang dan lemas. Semakin panjang telinga semakin bagus kualitas kambing tersebut.
  • Selain itu, pilih bibit kambing etawa yang memiliki tulang yang kokoh dan besar. Semakin besar tulang pada bibit kambing etawa, semakin besar juga kemungkinan kambing tersebut untuk tumbuh besar.

Persiapan Lokasi Ternak dan Kandang

Hal selanjutnya yang perlu dan penting untuk anda perhatikan setelah pemilihan bibit unggul kambing etawa adalah mempersiapkan kandang dengan lokasi yang tepat dan aman untuk usaha ternak kambing etawa. adapun lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai kandang kambing etawa adalah sebagai berikut:

Jauh dari pemukiman

 

  • Hal pertama yang perlu anda pertimbangkan untuk menentukan lokasi kandang kambing etawa adalah lingkungannya. Sebisa mungkin kandang yang anda bangun jauh dari pemukiman warga yang padat, hal ini perlu dilakukan demi keamanan dan kenyamanan bersama. Pilihlah lokasi di tempat yang luas dan memiliki sirkulasi udara yang cukup dan dapat menangkap sinar matahari.

Buatlah Kandang yang Aman untuk KambingUkuran kandang yang efektif untuk kambing etawa adalah sebagai berikut:

 

Fungsi utama kandang adalah melindungi kambing dari ancaman pemangsa dan perubahan cuaca. Usahakan kandang kambing etawa memiliki sanitasi kesehatan yang baik karena faktor inilah yang menjadi salah satu kunci kesuksesan bisnis peternakan kambing etawa. Saran saya bagi pemula, buatlah kandang yang sederhana akan tetapi memenuhi standar kandang yang baik yaitu dapat melindungi dan bersih. Anda dapat membuat kandang dengan bahan yang kuat tapi murah, memiliki lubang yang cukup ventilasi, tempat makan yang mudah dijangkau, memiliki sirkulasi kotoran dan dapat dijangkau oleh sinar matahari agar kandang tidak lembab. Anda dapat membuat kandang kambing dengan model rumah panggung yangn terbuat dari papan kayu yang memilliki tinggi alas sekitar 0,5 meter antara kandang dan tanah.

  1. 120 cm X 150 cm tiap ekor untuk kambing beranak
  2. 100 cm x 150 cm per ekor untuk kambing indukan
  3. 100 cm x 125 cm per ekor untuk kambing anakan
  4. 120 cm x 150 cm per ekor untuk kambing pejantan
  5. 120 cm x 150 cm per ekor untuk kambing dewasa

Cara Pemberian Pakan dan Nutrisi Ternak Kambing Etawa

Setelah anda telag berhasil mendapatkan bibit unggul kambing etawa yang berkualitas, untuk tetap menjaganya anda dapat memberikan pakan dan nutrisi yang baik agar kambing etawa dapat tumbuh dengan sehat dan menghasilkan daging dan susu yang banyak dan berkualiatas ataupun memiliki tampilan yang menarik pada saat diikutsertakan dalam kontes. Pemberian vitamin juga bermanfaat agar kambing etawa tetap sehat dan dapat beradaptasi dengan tempat tinggal atau habitat barunya sehingga memudahkannya dalam beradaptasi. Pakan kambing dapat dibadakan dalam dua jenis yaitu pakan hijau (rumput dan dedaunan) dan pakan tambahan atau konsentrat untuk mendukung pertumbuhan kambing etawa secara maksimal yang terdiri dari kacang-kacangan, polar, bungkil kelapa, obat mineral dan tepung ikan. Untuk mendapatkan pakan ekstra sebagai nutrisi anda dapat mencampurkan bahan-bahan berikut ini:

  • Bekatul dan konsentrat dengan perbandingan 3:1 atau
  • bekatul (50%)
  • bungkil kelapa (25%)
  • bungkil kacang-kacangan (25%)

Pakan hijauan biasanya akan diberikan pada pagi hari dan untuk pakan tambahan anda dapat memberikannya pada sore hari. Rumput yang harus anda berikan pada setiap ekor kambung kira-kira 10% dari berat badan kambing, berikan juga air minum sekitar 1,5 – 2,5 liter dan garam beryodium per ekor kambing setiap harinya. Untuk kambing yang sedang hamil, menyusui, pejantan yang dikawinkan, anda juga perlu memberikan makanan penguat berupa bubur sebanyak 0,5 hingga 1 Kg per ekor disetiap harinya.

Masa Panen dan Penjualan Kambing Etawa

Masa panen dan penjualan tergantung pada tujuan anda saat melakukan ternak apakah sebagai kambing pedaging (potong) ataukah sebagai kambing susu perah. Jika anda memasarkan kambing potong, maka anda dapat menejualnya saat sudah memasuki umur 8-12 bulan. Jika anda menjualnya dengan tujuan untuk mengikuti lomba, maka umur 1,5 tahun adalah yang paling ideal karena setelah umur tersebut biasanya bobot kambing sudah optimal dan sulit untuk meningkatkannya lagi. Seperti harga hewan lainnya, harga kambing etawa juga memiliki fluktuasi dan tidak sama antar satu daerah dengan daerah lainnya.

Harga kambing etawa di pasar dipengaruhi oleh beberapa situasi dan kondisi seperti permintaan di musim hari raya, jumlah suplai, kualitas ternak kambing etawa dan sebagainya. biasanya kambing etawa betina yang berumur kurang dari 6 bulan dibanderol dengan harga sekitar Rp, 1,5 jta hingga Rp. 2 juta per ekor. Sementara kambing pejantan yang siap kawin dibanderol dengan harga kira-kira Rp. 4 juta – Rp. 6 juta dengan tinggi 90 cm. Saran saya untuk anda yang ingin menjual kambing etawa, anda dapat menjualnya pada saat musim hari raya karena biasanya pada hari tersebut harga kambing akan mengalami kenaikan.

Itulah beberapa cara ternak kambing etawa yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan hasil ternak yang baik dan tepat serta untung besar. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *