obat sakit gigi

Obat Sakit Gigi tradisional , Herbal atau Di Apotik Yang Ampuh dan Mujarab

Posted on

Obat Sakit Gigi – Memiliki gigi yang sehat merupakan salah satu syarat agar kita dapat menikmati makanan yang kita sukai. Makanan selezat apapun jika gigi kita sakit, nafsu makan bisa saja hilang. Sakit gigi menjadi momok bagi banyak orang, meski seperti sepele tapi kalau sudah sakit apalagi sakit gigi berlubang, pasti akan merintih. Itu kenapa ada lagi “lebih baik sakit hati, daripada sakit gigi”.

Perlu dipertegas bahwa sebagian besar sakit gigi disebabkan karena gigi yang kurang terjaga kebersihannya. Oleh karena, sobat perlu hati – hati serta rutin dalam merawat gigi.

Menurut Menurut data yang dikutip dari Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar, Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan, Kementerian Kesehatan RI Tahun2013 total kasus sakit gigi dan mulut nasional adalah sebanyak 25,9%, kasus karies adalah 72,3%, untuk  karies aktif sebesar 53,2%.

Data diatas menjadikan sakit gigi menjadi penyakit terbanyak ke – enam yang paling sering dialami di Indonesia. Oleh karena itu, menurut Kata Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI)  Farichah Hanum, Mkes mengatakan, bahwa merawat gigi tidak cukup dengan menggosok gigi, mengapa? aktifitas menggosok gigi tidak semua bisa dibersihkan karena ada bagian – bagian tertentu yang tidak dicapai oleh sikat gigi, dengan demikian, menggunakan cairan pembersih gigi serta menghindari makanan dan minuman yang dapat meruskan struktur gigi adalah langkah yang harus dilakukan untuk mencegah sakit gigi. Dengan demikian masih diperlukan berbagai upaya untuk memperbaiki tingkat kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia.

Bagi sobat Babejo yang kini sedang sakit gigi, wajib nih baca artikel tentang obat sakit gigi dan cara mengobati sakit gigi dengan cepat yang admin tulis dibawah ini

 

Cara Mengobati Sakit gigi secara Alami

Ada beberapa cara untuk mengobati sakit gigi secara tradisional dengan menggunakan obat sakit alami dan obat sakit gigi tradisional paling ampuh dibawah ini :

  • Garam
    Garam memiliki kandungan Sodium yang tinggi yang memiliki fungsi membasmi kuman dan bakteri yang menyebabkan sakit gigi berlubang. Garam dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi berlubang dengan cara dikumur – kumur. Cara cara menghilangkan sakit gigi berlubang dengan garam dapat anda lakukan dengan mencampur garam dengan air hangat lalu biarkan larut lalu berkumurlah dengan larutan garam tersebut. Lakukan setiap habis sikat gigi untuk membasmi bakteri yang tidak dapat dibersihkan dengan sikat gigi.
  • Cengkeh
    Cengkeh mengandung beberapa zat berguna seperti inflamasi, antioksidan dan anti bakteri lainnya yang dapat dijadikan sebagai anestesi. Cengkeh dapat membunuh bakteri yang ada didalam mulut penyebab sakit gigi.cara menghilangkan sakit gigi dengan cepat menggunakan cengkeh adalah dengan meneteskan minyak cengkeh ke dalam air. Aduk hingga rata lalu jadikan larutan tadi sebagai obat kumur. Kumur – kumurlah dengan obat sakit gigi alami cengkeh hingga menyebar di mulut secara merata.Selain itu, minyak cengkeh juga dapat dijadikan sebagai sakit gigi berlubang parah. Anda dapat melakukan cara mengobati sakit gigi berlubang dengan cengkeh yaitu dengan meneteskan minyak cengkeh ke dalam kapas bersih lalu masukkan untuk menutupi bagian lubang gigi. Dengan begitu, cengkeh dapat meredakan sakit gigi berlubang yang menyiksa sobat.
  • Lada
    Lada merupakan bahan rempah yang mengandung beberapa mineral dan vitamin seperti B1, B2, B3, Vitamin K, kalsium, kalium, Magnesium dan masih banyak lagi yang berfungsi menguatkan lapisan gigi serta membunuh bakteri.cara mengobati sakit gigi dengan Lada :
    Obat sakit giai paling ampuh dengan lada dapat anda bat sendiri yaitu dengan mencampurkan lada dengan garam lalu tambahkan air. Haluskan menjadi pasta, pasta atau adonan tadi di oleskan di lapisan gigi yang berlubang lalu biarkan selama 7-10 menit, terakhir kumur – kumur untuk membersihkan adonan tersebut.
  • Bawang Putih
    Obat sakit gigi herbal dengan bawang putih sudah dikenal oleh masyarakat, kandungan antioxidan dan antibiotiknya dapat menghilangkan bakteri yang menyebabkan terjadinya peradangan gigi. Bawang putih dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi yang ampuh dengan cara menghaluskan bawang putih yang telah dibersihkan terlebih dahulu lalu tutuplah lubang gigi atau oleskan dibagian yang sakit.
  • Asam Jawa
    Asam Jawa mengandung Vitamin C, Zat Besi, Vitamin B, Thiamin serta Niacin yang juga merupakan sumber zat potasium dan magnesium. Dengan kandungan mineral dan zat besi tersebut, disebutkan dalam Journal Of Human Exology, Asam jawa dapat mengobati kasus keracunan serat membunuh bakteri.

    Asam Jawa dapat dijadikan sebagai obat sakit gigi alami dengan cara sangrai biji asam jawa lalu haluskan. Bubuk biji asam jawa dimasukkan kedalam gulungan kain, lalu gosoklah ke bagian gigi yang sakit. Dengan menggunakan obat sakit gigi mujarab asam jawa, anda bisa mengobati sakit gigi anda yang sangat mengganggu.

     

    Obat sakit gigi paling ampuh di apotik

    Selain obat sakit gigi alami, anda juga bisa menggunakan obat sakit gigi yang berbahan kimia yang dijual di apotek. Namun perlu anda ingat bahwa takaran dosis yang ditentukan juga harus diperhatikan. Obat sakit gigi untuk anak, obat sakit gigi untuk ibu hamil, atau obat sakit gigi untuk ibu menyusui memiliki jenis dan takaran dosis yang berbeda – beda. Jangan sampai anda salah meminum obat dengan dosis berlebihan karena akan mengakibatkan efek samping bagi anak atau bayi sobat.

    Anda juga dapat membeli obat sakit gigi bengkak dan berlubang di klinik –  klinik serta tempat berobat yang sudah memiliki ijin operasi. Beberapa orang bahkan berhasil disembuhkan dengan pengobatan alternatif. Jika anda ingin tetap menggunakan Obat Sakit Paling Ampuh di Apotek, anda bisa menggunakan beberapa jenis obat sakit gigi mujarab dibawah ini :

  • Asam Mefenamat
    Asam Mefenamat merupakan obat sakit gigi gusi bengkak dan gigi berlukan maupun sakit gigi lainnya yang bekerja untuk menghambat ennzim agar proses inflamasi dapat dihilangkan. Inflamasi sendiri adalah proses peradangan sebagai upaya perlindungan untuk menghindari rangsangan berbahaya.Obat ini tidak diperuntukkan bagi wanita hamil dan menyusui atau anak – anak dibawah 14 tahun. Obat penyakit gigi asam mefenamat tidak dianjutkan kepada mereka yang memiliki gangguan di lambung, usus, ginjal, hati serta penderita asma.
  • Kalium Diclofenac
    Kalium diclifenac merupakan salah satu obat sakit gigi paling ampuh di Apotik dapat dijadikan alternatif cara mengobati sakit gigi dengan cepat. Obat jenis ini memiliki manfaat yang mirip dengan Asam mefenamat.
  • Parasetamol
    Parasetamol selain sebagai obat penurun panas, juga mengandung analgesik yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit termasuk sakit gigi
  • Natrium Diclofenac
  • Obat Sakit Gigi Cataflam
    Cataflam sudah dikenal sebagai obat sakit gigi mujarab. Sayangnya, jenis obat ini bukan obat yang bebas diperjual belikan di toko maupun apotik. Oleh karena itu, kebanyakan pembelian obat cataflam harus menggunakan resep dokter.

Selain jenis obat – obatan di atas, terdapat beberapa jenis obat lain yang sudah dikenal oleh masyarakat diantaranya adalah ponstan, ibuprofen, atau dexamethason. Sebelum anda menggunakan obat – obatan kimia yang memiliki efek samping, ada baiknya anda mencoba menggunakan cara mengobati sakit giai herbal dan alami, selain aman, harganya pun terjangkau.

Sobat bisa menggunakan obat kimia yang tersedia di apotek jika sobat sudah tidak bisa disembuhkan dengan bahan alami. Jika enggan menggunakan bahan alami, sobat bisa menggunakan cara mengobati sakit gigi dengan menggunakan obat sakit gigi yang tersedia di apotek atau bisa juga berobat ke dokter spesialis gigi. Namun, jika mencegah lebih baik? Mengapa harus merasakan sakit gigi ?

Ada beberapa jenis penyakit gigi yang biasanya menyerang sobat yaitu :

  • Gigi Hipersensitif
    Pernahkah sobat merasa ngilu ketika memakan atau meminum sesuatu yang dingin? Jika iya, maka gigi sobat adalah gigi Hipersensitif. Penyebab sakit Gigi Hipersensitif disebutkan karena  kebiasaan makan atau minum dingin, berasa asam serta manis. Selain itu, gigi hipersensitif juga bisa karena faktor alamiah yang dialami oleh ora orang tua. Agar sobat terhindar dari penyakit gigi hipersensitif, ada baiknya sobat meghindari makanan dan minuman yang dingin  atau jenis makanan erosive yaitu makanan yang dapat merusak gigi.
  • Karies Gigi
    Karies gigi adalah salah satu penyakit yang menginfeksi gigi dengan mengakibatkan terjadinya kerusakan struktur gigi. Salah satu dampak yang akan terjadi adalah gigi berlubang. Karies Gigi menyebabkan warna hitam atau coklat di bagian lubang gigi. Jika gigi sudah berlubang besar serta berada di pulpa, maka akan terjadi peradangan yang karenanya si penderita merasakan nyeri yang luar biasa.Gigi berlubang lebih sulit diobat karena gigi di bagian dalam terbuka yang menjadikan pulpa mudah diserang bakteri atau terkena stres karena adanya kontak misalkan makanan yang terselip dilubang. Cara mengobati sakit gigi berlubang besar  bisa dilakukan dengan mematikan saraf yang menuju pulpa gigi, meredakannya dengan penghilang rasa, menambal lubang dan terakhir adalah mencabut gigi secara permanen.
  • Gingivitis
    Givingitis adalah penyakit gigi yang sering diesbut juga radang gusi yang pada umumnya memiliki konsisi gusi bengkak dan disbebkan karena mulut kurang dijaga kebersihannya yang pada akhisnya menjadikan munculnya plak atau karang gigi. Plak dan karang gigi tersebut kemudian semakin banyak dan menumpuk di sela sela yang berbatasan dengan gusi. Akibatnya, ada banyak bakteri yang menyebabkan infeksi. Cara mengatasi sakit gigi karena Givingitis adalah dengan meminum obat sakit i apotik sesuai dosis serta menjaga kebersihan mulut dan gigi.
  • Tumor Gigi
    Tumor gigi diawali dengan adanya pertumbuhan dagin yang bersifat mengganggu yang dapat membuat jaringan mulut dan gigi menjadi rusak. Penyakit tumor gigi terjadi karena kurang terjaganya mulut serta mencabut gigi secara sembarangan.
  • Pulpitis
    Jenis-jenis penyakit gigi yang berikutnya ialah pulpitis yang berupa peradangan pada pulpa gigi yang menimbulkan rasa nyeri. Bagian gigi paling dalam, yang mengandung saraf dan pembuluh disebut pulpa. Sebagian besar dari kasus penyakit pulpitis, disebabkan oleh pembususkan gigi dan cedera.Sebab dari sakit gigi jenis Pulpitis diakibatkan karena adanya cidera serta terjadinya pembusukkan gigi. Penyakit ini menjadikan pulpa gigi mengalami peradangan serta rasa nyeri. Peradangan tersebut berada di dalam  gigi bagian dalam yang terdapat saraf dan pembuluh Pulpa.
  • Abses Gusi
    Penyakit Abses Gusi memiliki kondisi dimana gusi penderita bernanah. Nanah tersebut berwarna kuning, kuning coklat atau putih kuning. Penyebab terjadinya Abses Gusi adalah karena terjadi Inflamasi di dalam gusi tepat pada saat gusi sedang terinfeksi; Sebab yang paling sering adalah karena mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung karbohidrat tinggi secara berlebihan
  • Alveolar Osteitis
    Penyakit gigi berikutnya adalah Alveolar Osteitis yaitu penyakit yang muncul karena efek samping dari cabut gigi secara permanen. Setelah gigi dicabut, tulang rahang akan mengalami rasa sakit yang bersifat sementara. menurut data medis, 20% dari orang – orang yang mencabut gigi mengalami penyakit ini.
  • Kelainan pada Jaringan Lunak
    Secara tidak langsung, gigi bisa terasa ngilu karena adanya kelainan jaringan lunak seperti gusi berdarah, bibir pecah – pecah atau sariawan. Ketika terjadi kelainan jarangan – jarangan tersebut, bisa menyebabkan gigi juga ikut terasa sakit. cara Menghilangkan rasa sakit gigi karena kelainan jaringan lunak adalah dengan mengobati penyakit yang menyerang jaringan lalu meminum pereda sakit gigi.

Jagalah kesehatan dan kebersihan mulut dengan baik agar anda bisa terhindar dari rasa sakit gigi.  Semoga artikel tentang cara mengobati sakit gigi maupun penjelasan tentang obat sakit gigi yang dijelaskan di atas dapat bermanfaat untuk sobat semuanya sehingga dapat menyembuhkan sakit gigi berlubang anda dan dapat kembali menikmati makanan minuman kesukaan sobat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *