Peluang Usaha Ternak yang Mudah Dijalankan dan Cepat Balik Modal

Posted on

Artikel kali ini akan membahas mengenai peluang usaha ternak yang mudah dijalankan dan cepat untuk balik modal. Pada saat ini banyak orang yang ingin berbisnis, namun masih merasa bingung bisnis apa yang cocok dan berpotensi untuk mendapatkan keuntungan dengan cepat. untuk memulai berbisnis anda dapat mecoba peluang bisnis ternak. Bisnis ternak ini sangat cocok untuk dilakukan bagi anda yang tinggal di desa, karena biasanya di desa banyak tersedia lahan kosong sebagai tempat ternak. Bisnis ternak memiliki prospek usaha yang baik dan cerah karena bisnis ternak ini tidak akan pernah sepi pembeli. Bisnis ini sangat cocok bagi anda untuk memulai bisnis sampingan yang memiliki pekerjaannya.

Usaha Ternak

Jenis Peluang Usaha Ternak Yang Mudah Dijalankan Dan Cepat Balik Modal

  • Usaha ternak Ayam potong/pedaging

 

Bisnis peternak ayam potong atau pedaging atau sering disebut dengan ternak ayam broiler merupakan salah satu bisnis yang terkenal mudah untuk dijalankan dan memiliki potensi untung besar sehingga dapat dengan cepat balik modal. Bisnis ini sangat cocok dilakukan di pedesaan. Ternak ayam pedaging merupakan usaha ternak yang cepat untuk balik modal karena kebutuhan ayam sendiri di Indonesiaa masih jauh dari kata cukup, Indonesia masih banyak melakukan impor ayam pedaging dari negara lain. Penjualan ayam pedaging akan naik dengan drastis pada saat hari-hari besar tertentu misalnya pada saat menjelang hari raya idul fitri, biasanya para pengusaha ayam boiler mendapatkan untung yang berkali-kali lipat karena dagangannya akan diserbu oleh banyak pembeli. Maka dari itu usaha ternak ayam pedaging dapat anda jadikan alternatif untuk dijadikan bisnis yang patut anda coba. Untuk memulai usaha ayam boiler anda membuthkan modal untuk pembuatan kadang yang lumayan besar yang dapat memuat 1000 ekor ayam, bibit ayam sebesar 1000 ekor dan pakan vitamin bagi ayam serta bahan lainnya.

  • Usaha Ternak Bebek Petelur dan Pedaging

 

Usaha ternak yang lainnya yang dapat anda jadikan pilihan adalah ternak bebek petelur ataupun bebek pedaging. Untuk memulai usaha ternak bebek anda membutuhkan modal sebesar Rp. 1,5 juta untuk membuat kandang bebek, bibit bebek petelur/pedaging, dan untuk pakan. Usaha ternak bebek dapat anda lakukan di daerah pedesaan karena iklim dan lingkungan di pedesaan sangat cocok. Untuk awal anda dapat menternak sejumlah 1000 bebek. Misalnya dalam satu hari bebek tersebut dapat menghasilkan 1000 telur dan satu telur dihargai sebesar Rp. 2.000 maka dalam sehari anda bisa mendapatkan untung sebesar Rp. 2 juta. Dalam sebulan anda dapat memperoleh keuntungan sebesar Rp. 60 juta = 30 x Rp. 2 juta. Jadi, usaha ternak bebek petelur dapat dijadikan sebagai usaha bisnis bagi anda karena potensi keuntungan dapat berkali lipat.

  • Usaha Ternak Kambing

 

Usaha ternak kambing merupakan salah satu jenis usaha ternak yang dapat memberikan keuntungan dalam waktu singkat. Anda dapat menemui sejumlah usaha ternak di daerah pedesaan. Biasanya peternak kambing akan menjalankan bisnis ternak kambing sebagai usaha sampingan yang ia letakkan di dekat rumahnya. Walaupun dianggap sebagai usaha sampingan namun ternak usaha kambing ini ternyata memiliki potensi keuntungan yang besar. Harga kambing akan sangat mahal pada saat hari raya idul adha karena banyaknya orang yang berkurban. Harga kambing pada saar idul adha dapat mencapai 2 kali lipat sehingga hal tersebut dapat memberikan keuntungan yang besar bagi para peternak kambing.

Usaha ternak kambing dapat anda lakukan di daerah yang memilki lahan hijau yang sangat luas karena kambing merupakan binatang herbivora atau pemakan rumput. Caranya beternak juga cukup mudah anda hanya perlu mengembala kambing dan membiarkan kambing di alam bebas yang memiliki lahan hijau luas. Biasanya keuntungan yang didapatkan untuk usaha kambing adalah sebesar Rp. 1 juta pertahun. Jika anda memiliki 100 ekor kambing maka keuntungan yang anda dapat bisa mencapai Rp. 100 Juta. Sangat menarik sekali bukan ? anda harus mencoba bisnis ternak ini.

  • Usaha Ternak Sapi

 

Usaha ternak sapi dapat anda jadikan pilihan untuk dijadikan peluang usaha. Di Indonesia permintaan akan sapi masih tergolong sangata tinggi bahkan pasokan daging sapi masih belum memadai dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di Indonesia. hal ini dapat dilihat dari banyaknya daging sapi impor yang berasal dari australian dan juga india. Hal inilah yang menyebabkan harga daging sapi relatif lebih tinggi di Indonesia dibandingkan dengan negara-negara tetangga yang ada di Asia. Biasanya usaha ternak sapi akan mengalami masa panen besar pada saar menjelang hari raya idul adha karena banyaknya masyarakat Indonesia yang melakukan tradisi kurban dengan membeli sapi. Pada saat ini keuntungan yang diperoleh oleh peternak sapi melonjak tajam. Harga daging sapi pada saat menjelang idul fitri dapat melonjak tajam dari harga normal Rp. 80 ribu dapat mencapai hingga Rp. 120 ribu.usaha ternak sapi juga didukung oleh pemerintah karena pemerintah juga menggalakkan usaha ternak sapi di daerah pedesaan ataupun di perkotaan. Biasanya di daerah pedesaan pemerintah akan memberikan 10 bibit unggul sapi yang dapat dijadikan sebagai pelatihan atau pemberian modal usaha gratis bagi masyarakatnya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan perekonomian nasional menjadi lebih baik dan juga dapat mengurangi dampak impor daging sapi.

  • Usaha ternak burung

 

Usaha ternak burung juga dapat anda coba untukmemulai usaha, karena memiliki peluang bisnis yang dapat memberikan keuntungan yang besar. Adapun usaha ternak burung yang patut anda coba adalah sebagai berikut:

  • Ternak Burung Puyuh

 

Usaha ternak burung puyuh merupakan salah satu jenis usaha yang dapat anda coba pada saat baru memulai bisnisis. Usaha ini dilakukan dan dijadikan usaha sampingan dengan keuntungan lumayan besar terutama dari penjualan telur puyuh. Bisnis burung puyuh dapat menjadi peluang bisnis yang baik karena permintaan telur puyuh di masyarakat sangat tinggi. Anda dapat menjual telur puyuh secara langsung ataupun dengan cara konsinyasi atau menitipkannya di toko-toko yang ada disekitar rumah anda. Harga jual 1 kilogram telur puyuh biasanya dibanderol dengan harga sebesar Rp 25 ribu. SelainĀ  dapat dilakuakan dengan budidaya telur puyuh, anda juga dapat melakukannya dengan cara menjual bibit burung puyuh tersebut.

  • Ternak Burung Walet

 

Menjalankan Bisnis ternak burung walet merupakan bisnis yang tergolong mudah dan dapat memberikan keuntungan yang besar sehingga lebih cepat balik modal. Hal ini sudah terbukti dengan banyaknya pengusaha yang sukses karena menjalankan bisnis sarang burung walet. Pangsa pasar burung walet relatif besar hingga mencapai luar negeri dengan mengekspornya ke negara cina misalnya. Di cina harga sarang burung walet tergolong cukup tinggi. Anda dapat menjalankan usaha burung walet sebagai usaha sampingan di rumah. Untuk memulai bisnis sarang burung walet anda memerlukan modal yang meliputi gedung kosong sebagai tempat usaha peternakan walet, sekat-sekay, peralatan suara pemanggil burung walet, dan lainnya. walaupun usaha ternak walet membutuhkan modal yang cukup bear namun keuntungan yang dihasilkan juga sangat besar. Biasanya sarang burung walet yang berisi air liur dari burung walet dapat dijual dengan harga hingga puluhan juta per kilogramnya.

Itulah beberapa jenis peluang usaha ternak yang mudah dijalankan dan cepat balik modal. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *