Ilustrasi Akutansi
Ilustrasi Akutansi

Pengertian Akuntansi Lengkap Dengan Tujuan, Fungsi, Manfaat Serta Peran Akutansi Dalam Bisnis

Posted on

Akutansi sangat erat kaitannya dengan aktivitas ekonomi yang ruang lingkupnya berhubungan langsung dengan bisnis dan usaha yang sedang berjalan. Nah, dalam tulisan kali ini Admin akan menuliskan secara panjang lebar soal Akutansi lengkap dengan fungsi, tujuan, manfaat, peran dan definisi kata “Akutansi” itu sendiri. Silahkan simak berikut ini.

Ilustrasi Akutansi
Ilustrasi Akutansi

Pengertian Akuntansi Secara Umum

Kalau diterjemahkan ke dalam bahasa sehari-hari, pengertian akuntansi secara singkat adalah proses yang berupa teknik untuk menjabarkan, mengukur dan memberikan sebuah keakuratan data dari beberapa informasi yang akan menjadi landasan utama bagi pengguna akuntansi seperti auditor, akuntan, manajer dan bisa juga para penanam saham untuk menghasilkan sebuah keputusan. Jadi proses akutansi ini akan dijadikan bahan dasar oleh para petinggi sebuah perusahaan atau organisasi guna mengambil langkah selanjutnya.

Beberapa bidang akutansi misalnya akutansi keuangan yang berhubungan dengan pembukuan keuangan. Pembukuan keuangan sebuah organisasi selanjutnya akan dijadikan sebagai laporan keuangan apakah itu kepada publik maupun kepada pihak-pihak yang punya kaitan dengan perusahaan atau organisasi bersangkutan.

Orang yang ahli atau praktisis Akutansi memiliki gelar tertentu, misalnya CGA yang merupakan singkatan dari Certified General Accountant, kemudian ada Management Accountant yang disingkat dengan ACMA, FCMA atau AICWA. Masih banyak lagi gelar-gelar akuntan lainnya yang disandang oleh praktisi Akutansi tersebut.

Akutansi yang sepenuhnya berdasarkan logika Matematik telah ada di Italia sejak tahun 1495 yang ditandai dengan terbitnya buku karya Luca Pacioli tentang “Pembukuan”. Selanjutnya pada tahun 1543 terbit lagi buku tentang akutansi berbahasa Inggris karya John Gouge di London.

 

Pengertian Akuntansi Menurut Para Ahli

Pengertian dari Akutansi menurut para ahli Akutansi maknanya lebih kurang sama, hanya penggunaan susunan kalimatnya yang berbeda. Berikut pengertian akutansi menurut para ahli yang Admin kumpulkan dari berbagai sumber.

1. AbuBakar A dan Wibowo

Pakar akutansi ini berpendapat bahwa Akutansi itu adalah “prosedur mengakui, pencatatan dan korespondensi bursa keuangan dari suatu unsur atau organisasi.”

2. Ikatan Akuntan Amerika / AICPA

Ikatan Akuntan Publik Amerika bersertifikat ini menyatakan bahwa Akutansi adalah “suatu potongan, estimasi, dan pelaporan data keuangan, yang memungkinkan sebuah penilaian dan pilihan membuat yang jelas dan tegas bagi individu yang memanfaatkan data.”

3. C. West Churman

Ahli Akutansi ini menyatakan pendapatnya tentang akutansi adalah sebagai berikut: “Akutansi merupakan sebagai pengalaman tertulis yang berguna untuk pengambilan keputusan dan pengalaman yang tersusun berharga bagi pembuatan pilihan.”

4. Arnold

Definisi yang diberikan oleh Arnold mengenai Akutansi adalah “dipandang sebagai suatu sistem untuk memberikan informasi kepada siapa saja yang harus membuat keputusan dan mengendalikan penerapan keputusan tersebut.”

5. Suparwoto L

Suparwoto L berpendapat bahwa Akutansi itu adalah “suatu system atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan memberikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak intern dan ekstern perusahaan.”

Itulah diantara lima pendapat ahli mengenai definisi dari akutansi seperti yang terlihat di atas. Sebenarnya masih banyak pendapat-pendapat lain dari berbagai pakar Akutansi dari seluruh belahan dunia yang bisa ditemui baik di internet maupun di perpustakaan.

 

Tujuan Akuntansi

Sama dengan setiap bidang ilmu yang sudah pasti memiliki tujuan, begitu juga dengan akutansi dimana tujuannya adalah untuk mengumpulkan data tentang arus kas, kinerja dan posisi keuangan sebuah organisasi atau perusahaan sehingga akan didapatkan gambaran umum tentang situasi keuangan saat itu dan selanjutnya akan dijadikan dasar untuk mengambil keputusan dan langkah selanjutnya.

Tujuan Akutansi
Tujuan Akutansi

Tujuan dalam ungkapan lain dari Akutansi adalah untuk menyajikan statistik dan data keuangan agar pihak yang berkepentingan bisa menjadikannya sebagai tumpuan dalam merespon sebuah perusahaan atau organisasi.

 

Manfaat Akuntansi

Setidaknya ada enam manfaat dari akutansi yang bisa dilihat di bawah ini:

1. Didapatkan gambaran tentang situasi keuangan sebuah peruusahaan atau organisasi, sehingga akan lebih mudah dalam mengaudit serta memeriksa jika ada sesuatu yang tidak beres.

2. Dengan adanya akutansi, partner bisnis bisa lebih tertarik untuk melakukan investasi lebih banyak atau sebaliknya segera mengurangi investasinya atau bahkan berhenti untuk bekerjasama.

3. Tersedia informasi keuangan sebuah perusahaan, sehingga pihak-pihak yang berkepentingan mengetahui kondisi keuangan dan selanjutnya dapat mengambil kebijaksaan dari data yang disediakan tersebut.

4. Untuk mendapatkan suntikan modal, kreditur memerlukan data keuangan sebelum mengucurkan dana dan dengan adanya data dari bagian akuntan, kreditur akan bersedia memberikan pinjaman dengan catatan tentunya kondisi keuangan dalam keadaan sehat alias tidak ada kecenderungan gulung tikar.

5. Dalam hal pajak, petinggi perusahaan atau organisasi bisa menghitung perkiraan pajak yang akan dikeluarkan.

6. Bisa dilakukan antisipasi jika terindikasi ada yang tidak baik dengan kondisi keuangan atau langkah ke depan yang akan diambil berdasarkan data yang ada.

 

Fungsi Akuntansi

Beberapa fungsi dari Akutansi bisa dilihat berikut ini:

1. Sebagai alat perekam transaksi. Dengan adanya proses Akutansi yang dilakukan pada sebuah perusahaan, maka semua transaksi pembelian dan penjualan yang telah terjadi bisa dilihat dan diperiksa.

2. Untuk melindungi aset. Aset-aset yang dimiliki sebuah perusahaan saat ini bisa dihitung dan dianalisa apakah akan ditambah atau pun ada aset yang harus dijual. Jumlah total aset yang dimiliki juga bisa dijadikan indikasi apakah situasi keuangan perusahaan dalam kondisi sehat atau tidak.

3. Sebagai bahan analisa pihak berkepentingan. Pihak-pihak seperti kreditur akan dapat menganalisa ‘kesehatan’ sebuah perusahaan hanya dengan menggunakan laporan data proses akutansi yang telah dijalankan.

 

Peran Akuntansi Dalam Bisnis

Peran dasar dari akutansi yang dengan mudah bisa dilihat adalah bahwa ‘perjalanan’ perusahaan atau organisasi bisa arahkan jika terjadi penyimpangan dan bisa untuk meningkatkan efisiensi pengeluaran dari ongkos-ongkos produksi yang terindikasi ‘kurang perlu’. Dengan adanya peran akutansi di dalam perusahaan, maka arah langkah perusahaan bisa dikendalikan dengan sebaik-baiknya. Hal sebaliknya pasti akan terjadi dimana rugi dan laba perusahaan tidak bisa dilacak seandainya tidak ada proses akutansi.

 

Nah, itulah penjelasan lengkap tentang akutansi seperti yang bisa Anda lihat di atas. Sebenarnya masih banyak aspek-aspek akutansi yang belum dijabarkan di sini, seperti akutansi perbankan, akutansi ekonomi makro dan sebagainya. Sebagai informasi tambahan, akutansi merupakan satu cabang ilmu yang lumayan luas dan dibutuhkan waktu yang banyak dan praktek yang intensif agar bisa benar-benar memahami apa itu akutansi.

Telah banyak tokoh-tokoh dan komunitas yang sudah sangat ahli dalam seluk-beluk akutansi. Mereka yang ahli tersebut dan telah mempunyai sertifikat sebagai pengakuan, data yang mereka keluarkan akan dijadikan rujukan banyak perusahaan besar yang ‘menyewa’ jasanya untuk menganalisa data-data keuangan tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *