Ilustrasi Ekonomi
Ilustrasi Ekonomi

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli, Sejarah dan Semua Hal Tentang Ekonomi

Posted on

Kehidupan kita sehari-hari dikelilingi oleh aktivitas ekonomi yang berwujud dalam berbagai bentuk misanya membeli barang kebutuhan, menabung, menjual sesuatu barang dan masih banyak lagi. Ya, Ekonomi merupakan salah satu bagian dari ilmu sosial yang mempelajari semua kegiatan manusia yang terkait dengan distribusi, produksi dan konsumsi terhadap barang serta jasa.

Ilustrasi Ekonomi
Ilustrasi Ekonomi

Kata “Ekonomi” diambil dari bahasa Yunani yaitu “oikos” yang memiliki terjemahan “keluarga” dan “nomos” yang berarti “peraturan, aturan, hukum”. Sementara itu pengertian ekonomi secara garis besar yang dikutip dari laman Wikipedia adalah “”aturan rumah tangga” atau “manajemen rumah tangga.”

Dalam tulisan ini Admin akan membahas secara lengkap mengenai semua hal yang berhubungan dengan ekonomi termasuk pengertian ekonomi menurut para ahli, sejarah ekonomi itu sendiri, pengertian Ekonomi Makro dan Mikro, pengertian Ekonomi Internasional dan sektor-sektor ekonomi.

 

Pengertian Ekonomi Menurut Para Ahli

Dalam ilmu ekonomi dikenal juga satu istilah “Ekonom” yang berarti seseorang yang sudah sangat ahli dalam bidang ekonomi. Pengertian Ekonomi itu sendiri memiliki banyak versi seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Menurut Versi Khursid Ahmad

Khursid Ahmad berpendapat bahwa ekonomi itu adalah “suatu usaha yang mensistematiskan & memahami segala permasalahan perekonomian dan segala macam perilaku manusia dengan permasalah tersebut berdasarkan perspektif ISLAM.”

2. Menurut Versi M. Manullang

Definisi ekonomi yang disampaikan oleh M. Manullang adalah seperti berikut: “Ekonomi merupakan suatu studi yang membahas mengenai aktivitas masyarakat dalam upaya untuk mencapai segala kemakmuran dimana kemakmuran tersebut suatu keadaan dimana manusia dapat memenuhi segala kebutuhannya, baik berupa barang atau jasa.”

3. Menurut Versi H. Kartajaya

Hermawan Kartajaya mempunyai pemikiran tentang pengertian ekonomi adalah “suatu wadah dimana sektor industri sedang melekat diatasnya.” Sebagai informasi tambahan, H. Kartajaya merupakan salah seorang pakar pemasaran Indonesia yang telah mendunia.

4. Menurut Versi Amwal

Amwal berpendapat bahwa ekonomi itu adalah “suatu cabang ilmu yang mempelajari tentang bagaimana menentukan keputusan yang efektif untuk mengelola semua sumber daya yang tersedia dalam rangka untuk melakukan pemenuhan kebutuhan pada individu atau masyarakat.”

Itulah pengertian ekonomi menurut versi empat ahli yang sebagian merupakan ahli ekonomi yang berasal dari tanah air kita. Masih banyak pendapat ahli-ahli ekonomi yang lain tentang definisi ekonomi, namun secara umum maksudnya hampir sama.

 

Sejarah Ekonomi

Ekonomi sudah ada sejak umat manusia pada zaman kuno memasok serta mendistribusikan barang atau jasa. Kegiatan ekonomi pada zaman dahulu kala identik dengan sistem barter yaitu barang ditukar dengan barang.

Pada abad pertengahan ekonomi sudah berkembang cukup pesat walaupun masih diseputar pertanian dan kebutuhan pokok umat manusia. Perkembangan yang cukup mendasar pada abad pertengahan di bidang ekonomi adalah munculnya orang-orang atau kelompok yang bersedia memberikan pinjaman kepada pihak lain meskipun masih dalam bentuk yang sederhana.

Kegiatan ekonomi yang mencuat pada masa abad pertengahan adalah adanya sistem penjajahan terhadap negara lain yang mengincar sumber daya alamnya yang kemudian dimanfaatkan untuk keuntungan kelompok atau negaranya sendiri.

Aktivitas ekonomi di zaman modern terus berkembang dengan sangat pesat terutama setelah mendapat ‘pengaruh’ dari revolusi industri pada akhir masa abad pertengahan serta perang dunia kedua yang meruntuhkan negara Uni Soviet.

Kegiatan ekonomi zaman modern selanjutnya ditandai dengan kehadiran internet sebagai alat komunikasi massa yang pada akhirnya dimanfaatkan untuk kegiatan ekonomi juga berupa jual beli online baik berupa barang maupun jasa.

 

Pengertian Ekonomi Mikro dan Makro

Dalam dunia ekonomi dikenal dengan dua istilah yang menggambarkan ‘kelas’ dari ekonomi itu sendiri yang secara harfiah bisa diartikan; ekonomi mikro sama dengan ekonomi kecil sedangkan ekonomi makro bisa berarti ekonomi besar.

Ilustrasi Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro
Ilustrasi Ekonomi Mikro dan Ekonomi Makro

Disarikan dari laman Wikipedia Indonesia, bahwa ekonomi mikro memiliki definisi sebagai salah satu cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari tentang prilaku perusahaan beserta konsumennya dalam hal penentuan harga-harga dan berbagai faktor lainnya yang mempengaruhi barang atau jasa yang diperjual-belikan. Jadi kesimpulannya ekonomi mikro ini hanya mempelajari ilmu ekonomi dari sisi yang lebih sempit atau lebih spesifik.

Kebalikan dari ekonomi mikro adalah ekonomi Makro yang bisa didefinisikan sebagai salah satu cabang ilmu ekonomi yang mempelajari ekonomi dari sisi yang lebih luas seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi beserta penyebabnya, dampak kebijakan pemerintah terhadap bidang-bidang tertentu dan lain-lain.

 

Sektor Ekonomi

Ekonomi mempunyai banyak sekali sektor diataranya adalah ekonomi sektor tradisional dan ekonomi sektor quaterner dan quiner. Penjelasan mengenai sektor-sektor tersebut silahkan simak berikut.

1. Sektor Tradisional

Pada sektor tradisional terbagi lagi ke dalam tiga bagian utama yaitu:

a. Primer. Sektor ekonomi tradisional primer merupakan aktivitas ekonomi yang memanfaafkan langsung sumber daya dari alam contohnya seperti pertanian, perikanan, pertambangan dan sebagainya. Industri seperti penyulingan, pengepakan dan pengumpulan sumber daya dari alam juga termasuk ke dalam sektor primer.

b. Sekunder. Sektor sekunder berada di atas sektor primer karena pada sektor ini yang mengolah hasil produksi dari sektor primer sampai bisa dijual dan dikonsumsi oleh konsumen.

c. Tersier. Sektor tersier tidak berwujud barang melainkan berupa jasa dan pengetahuan yang umumnya berkaitan dengan peningkatan produktivitas untuk sektor primer maupun sekunder.

2. Sektor Quaterner & Quiner

Quaterner dan Quiner ini merupakan sektor yang baru berkembang di zaman modern dan tentu saja berbeda dengan tiga sektor tradisional di atas. Sektor quaterner adalah cabang dari sektor tersier yang berpusat kepada pelaksanaan kegiatan intelektual. Sedangkan Sektor Quiner cakupannya lebih dalam lagi yakni yang berhubungan dengan pengambilan keputusan utama dalam masyarakat pada sektor Quaterner.

 

Pengertian Ekonomi Internasional

Ekonomi Internasional merupakan skala ekonomi yang sudah sangat luas cakupannya dimana berhubungan dengan kegiatan ekonomi antar negara-negara di dunia yang sebagian besar dipengaruhi oleh kebutuhan masyarakat dunia di suatu negara yang berbeda-beda antara satu dengan yang lain.

Pengertian Ekonomi Internasional menurut Wikipedia adalah “ilmu ekonomi yang membahas akibat saling ketergantungan antara negara-negara di dunia, baik dari segi perdagangan internasional maupun pasar kredit internasional.”

Faktor pemicu terjadinya ekonomi Internasioanal seperti yang telah disinggung di atas adalah adanya perbedaan kebutuhan sebuah negara, misalnya Jepang yang tergantung kepada negara lain soal makanan untuk konsumsi masyarakatnya, kemudian contoh lain negara-negara berkembang yang sangat memerlukan teknologi yang tidak bisa diproduksi sendiri.

 

Demikianlah pembahasan lengkap mengenai pengertian ekonomi secara umum dan menurut para ahli, sejarahnya, sektor-sektor ekonomi, pengertian ekonomi mikro dan makro beserta pengertian ekonomi internasional. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *