Pengertian Ekonomi Syariah dan Implementasinya di Indonesia

Posted on

Ekonomi syariah adalah ilmu sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi rakyat yang diilhami oleh nilai-nilai islam. ekonomi syariah juga sering disebut dengan ekonomi islam. islam itu sendiri merupakan agama yang bersifat kaaffah, yang mengatur segala perilaku kehidupan manusia. Tidak hanya menyangkut urusan pribadi saja tetapi juga urusan sosial dan ekonomi diatur dalam islam perkembangan ekonomi syariah saat ini cukup pesat. Hal ini ditandai dengan berkembangnya lembaga keuangan syariah baik yang lembaga syariah mikro dan lembaga syariah yang telah memiliki nama seperti bank muamalat, bank mandiri syariah, BNI syariah, dan sebagainya.

Pengertian Ekonomi Syariah

Pengertian Ekonomi Syariah oleh para Ahli

Apa itu ekonomi islam? Pengertian tentang ekonomi Islam atau Ekonomi Syariah menurut para ahli dapat kita pahami sebagai aktualisasi nilai-nilai syariah dalam kehidupan dan aktifitas yang kita jalani sehari-hari untuk mewujudkan kesejahteraan manusia di dunia maupun di akhirat. Istilah ekonomi syariah merupakan penamaan dalam menunjukkan identitas tanpa memengaruhi dan mengubah arti dari ekonomi itu sendiri. Istilah ekonomi syariah juga sering disebut sebagai ekonomi islam, hal ini digunakan secara bergantian namun tetap memiliki makna yang sama. Ada beberapa pandangan mengenai ekonomi syariah dari beberapa ahli.

Definisi Ekonomi Islam Atau Ekonomi Syariah Dari Beberapa Ahli

  • Yusuf Qardhawi

Ekonomi syariah merupakan ekonomi berlandaskan pada ketuhanan. Dengan kata lain, Esensi sistem ekonomi syariah bertitik tolak pada Allah, tujuan akhirnya juga kepada Allah, dan memanfaatkan sarana yang tidak lepas dari syariat islam.

  • Ziauddin Ahmad

Menurutnya ekonomi islam merupakan upaya untuk mengalokasikan sumber daya yang digunakan untuk memproduksi barang maupun jasa sesuai dengan petunjuk dari Allah SWT agar mendapatkan ridho-Nya.

  • Veithzal Rivai dan Andi Buchari

Ekonomi islam merupakan suatu ilmu yang bersifat multidimensi dan juga interdisiplin yang saling terintegrasi dan komprehensif, bersumber dari Al-quran dan Sunnah serta ilmu-ilmu rasional. Dengan adanya ilmu ini manusia akan dapat mengatasi keterbatasan sumber daya untuk mencapai kebahagiaan.

  • Muhammad Abdul Manan

Ekonomi islam merupakan suatu cabang ilmu sosial yang mempelajari masalah-masalah ekonomi masyarakat dengan mengangakat nilai-nilai islam. selain itu, ekonomi islam juga merupakan bagian dari suatu tata kehidupan yang lengkap yang didasarkan pada empat bagian pengetahuan yaitu alqur’an, sunnah, qiyas, dan ijma.

  • Hasanuz Zaman

Ekonomi islam merupakan pengetahuan, aplikasi dan aturan syariah untuk mencegah ketidakadilan dalam permintaan dan pembuangan sumber daya material untuk memberikan kepuasan kepada manusia yang memungkinkan mereka untuk melakukan kewajibannya kepada Allah dan Masyarakat.

  • Khursid Ahmad

Ekonomi islam merupakan suatu upaya yang sistematis untuk memahami permasalahan ekonomi dan perilaku manusia dalam hubungannya dengan permasalahan tersebut sesuai dengan sudut pandang islam.

  • Louis Cantori

Ekonomi islam tidak lain merupakan upaya untuk merumuskan ilmu ekonomi yang berorientasi pada manusia sebagai masyarakat yang menolak akses individualisme dalam ilmu ekonomi klasik.

  • M. Akram Khan

Ekonomi syariah memiliki tujuan untuk mempelajari kesejahteraan manusia (falah) yang dicapai dengan mengorganisir sumber-sumber daya bumi atas dasar kerjasama partisipasi.

Dari beberapa pernyataan mengenai ekonomi islam atau ekonomi syariah dari beberapa ahli, dapat disimpulkan bahwa ekonomi islam merupakan suatu cabang ilmu sosial yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan ekonomi dan manusia sebagai pelakunya sesuai dengan syariah dan sudut pandang islam melalui nilai-nilai islam baik dari alqur’an, sunnah, qiyas ataupun ijma serta ilmu rasional yang berkaitan.

Implementasi Ekonomi Islam di Indonesia

Implementasi ekonomi islam di Indonesia pada saat ini dapat dilihat dari perkembangan ekonomi syariah itu sendiri. Perkembangan ekonomi syariah cenderung termarginalkan termasuk juga di Indonesia. perkembangan ekonomi islam di Indonesia mulai mendapatkan eksisensi kembali saat. Perkembangan ekonomi syariah di Indonesia dapat dilihat dari semakin banyaknya lembaga keuangan yang bersifat syariah seperti perbankan dengan menggunakan prinsip syariah. semenjak didirikannya Bank Muamalat Indonesia yang berdiri pada tahun 1992 dan mendapatkan legalitas formal dengan diberlakukannya UU Nomor 7 Tahun 1992 tentang perbankan. Bank Muamalat Indonesia merupakan bank pertama yang memprakarsai didirikannya bank-bank dengan prinsip syariah lainnya seperti BPR syariah, Bank Umum Syariah, dan Unit Usaha syariah seperti lembaga keuangan Mikro syariah yang berbentuk Koperasi Jasa Keuangan Syariah. Selain Bank Muamalat Indonesia yang merupakan bank pertama di Indonesia, perkembangan ekonomi islam dalam dunia bisnis juga ditandai dengan didirikannya Lembaga asuransi yaitu Asuransi Syariah Tafakul pada tahun 1994.

Perkembangan ekonomi syariah relatif lambat sepanjag tahun 1990an, akan tetapi pada tahun 2000-an terjadi gelombang perkembangan yang sangat pesat yang dapat ditinjau dari sisi pertumbuhan asset, omzet dan jaringan kantor lembaga keuangan syariah. Perkembangan ekonomi syariah yang ditandai dengan didirikannya lembaga keuangan syariah tersebut tidak begitu saja tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat. Pastilah ada beberapa faktor yang menyebabkan ekonomi syariah tumbuh dengan sangat pesat.

Faktor Penebab Perkembangan Ekonomi Islam Tumbuh Dengan Sangat Pesat di Indonesia

  1. Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang mayoritas penduduknya beragama islam, sehingga adanya lembaga keuagan dengan menggunakan prinsip syariah dapat menarik minat masyarakat yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap hal-hal yang sesuai dengan syariat Islam.
  2. Perkembangan Ekonomi islam pada saat ini merupakan suatu cerminan dan kerinduan umat islam Indoneisa untuk menghidupkan kembaali semangat para wirausahawan muslim pada masa silam dalam dunia bisnis maupun perdagangan.
  3. Perkembangan ekonomi islam yang ditandai dengan didirikannya bank syariah mampu membidik masyarakat loyalis yang percaya bahwa bunga bank yang diterapkan oleh bank konvensional termasuk dalam riba yang diharamkan dalam islam, haramnya bunga bank konvensional juga diperkuat dengan dikeluarkan fatwa MUI No. 1 Tahun 2004.
  4. Sistem syariah yang diimplementasikan dalam ekonomi syariah di Indonesia juga terbukti dapat bertahan saat terjadi krisis moneter yang melanda Indonesia pada tahun 1998 silam. Krisis ekonomi yang terjadi menyebabkan bank konvensional yang menerapkan sistem bunga riba mengalami likuiditas dan bangkrut akibat kredit macet karena sistem yang digunakan adalah sistem bunga. Sistem syariah yang digunakan oleh bank syariah adalah sistem bagi hasil. Perbedaan mendasar antara sistem syariah yang digunakan oleh bank syariah dan sistem bunga yang digunakan bank konvensional adalah dalam hal keuntungan. Dalam sistem syariah yang menganut sistem bagi hasil, keuntungan tidak ditetap diawal perjanjian karena keuntungan bersifat tidak tetap sedangkan pada sistem bunga keuntungan ditetapkan diawal perjanjian yakni denga bunga bank yang harus dibayarkan ataupun diterima.

Kendala dan Tantangan Implementasi Ekonomi Syariah di Indonesia

Perkembangan ekonomi syariah secara global semakin meningkatkan minat masyarakat terhadap ekonomi dan perbankan sesuai prinsip syariah islam. Namun, seiring dengan berkembangan impelentasi ekonomi syariah di Indonesia, perkembangan ekonomi syariah juga menghadapi berbagai masalah dan tantangan yang besar. Berikut ini tantangan serta kendala dalam implementasi ekonomi syariah di Indonesia

  1. Minimnya pakar ekonomi Islam yang berkualitas yang menguasai ilmu-ilmu ekonomi modern dan ilmu syariah secara integratif
  2. Tantangan untuk membuktikan kredibilitas sistem ekonomi dan keuangan yang diterapkan oleh bank syariah.
  3. Peraturan, hukum dan kebiijakan mengenai ekonomi islam baik dalam skala nasional maupun internasional masih belum memadai, sehingga tidak dapat di implementasikan secara global
  4. Masih terbatasnya perguruan tinggi yang mengajarkan islam dan masih minimnya training dan consulting dalam hal ini. Sehingga SDM dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah masih terbatas dan belum memiliki pengetahuan tentang ekonomi syariah yang memadai. Untuk mengatasinya dapat melakukan gerakan edukasi dan sosialisasi yang dilakukan secara optimal dengan mengadakan seminar, diskusi, dan forum tentang ekonomi syariah.

itulah penjelasan mengenai pengertian ekonomi syariah dan implementasinya di Indonesia. semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi sumber referensi, dan jika ingin membagikan artikel ini, dengan senang hati saya persilahkan.

 

Ditulis oleh: Dyah Ayu Alvinda
Editor: Sigit Irawantoro

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *