Ilustrasi Email
Ilustrasi Email

Pengertian Email Beserta Segala Hal Yang Perlu Diketahui Tentangnya

Posted on

Mendengar kata “email” dewasa ini pastilah sudah tak asing lagi ditelinga kita, apalagi bagi Anda yang aktif di dunia Internet. Mendaftar ke akun jejaring sosial dan bermacam-macam layanan sejenis membutuhkan sebuah akun email, disamping nomor handphone tentunya.

Ilustrasi Email
Ilustrasi Email

Pengguna smartphone Android juga diwajibkan memakai minimal satu alamat email sebagai salah satu syarat agar bisa menggunakan layanan Google. Lalu apa sebenarnya pengertian email tersebut? Apa saja jenisnya? Silahkan simak ulasan lengkap mengenai email di bawah ini.

 

Pengertian Email Beserta Jenis-Jenisnya

Email dalam bahasa Indonesia disebut juga dengan “Surat Elektronik” atau sering disingkat dengan kata “Surel“. Pengertian email itu sendiri adalah sarana kirim-terima surat melalui jaringan komputer atau internet.

Email sudah dipakai secara umum oleh masyarakat luas semenjak tahun 1980-an. Sementara itu email pertama di dunia dikirimkan pada tahun 1971 oleh Ray Tomlinson yang merupakan seorang yang bekerja di lembaga pertahanan Amerika Serikat. Isi pesan pertama dalam email tersebut adalah QWERTYUIOP.

Setidaknya ada tiga jenis email yang umum digunakan saat ini yakni email berbasis Web, email POP dan email forwarding. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Email Berbasis Web

Email berbasis web biasanya bersifat gratis alias tidak dipungut biaya apapun untuk menggunakannya, kecuali biaya koneksi internet yang dipakai saat mengakses web penyedia layanan emailnya. Penyedia email berbasis web ini antara lain Yahoo, Google, Outlook dan sebagainya.

Untuk membaca atau mengirim email menggunakan email berbasis web, pengguna harus online kecuali yang sudah terintegrasi dengan layanan jenis POP3 yang memungkinkan untuk tetap bisa membaca email yang masuk dalam kondisi offline.

2. Email POP

POP merupakan singkatan dari Post Office Protocol yang memiliki kelebihan yaitu pengguna dengan mudah bisa membaca email yang sudah lama sekalipun meskipun dalam keadaan offline. Untuk mengakses email dengan protokol POP ini, pengguna harus memasukkan pengaturan yang tepat terlebih dahulu baru layanan emailnya bisa digunakan.

Email yang berbasis POP tidak memungkinkan untuk dibuka pada tempat atau komputer tertentu yang belum di setting untuk keperluan tersebut. Hal ini sekaligus menjadi kekurangannya.

3. Email Forwarding

Sesuai dengan namanya, jenis email ini akan meneruskan email yang diterima pada server sebuah email dan selanjutnya baru dikirim lagi menuju alamat email lainnya, sehingga akan berguna sekali untuk pengguna yang ingin menjaga privasi atau alamat email asli yang digunakan.

 

Sistem Keamanan Email

Sistem keamanan adalah salah satu hal yang paling diutamakan oleh penyedia layanan email karena ini menyangkut kerahasiaan data para pelanggannya saat kirim-terima surat elektronik. Dalam sistem keamanan email, dikenal ada tiga metode yang biasa digunakan yakni menggunakan metode PGP, GPG dan Digital Signature. Berikut penjelasan dari masing-masing metode keamanan email tersebut.

1. Sistem Keamanan PGP

PGP adalah satu bentuk pengamanan email yang menggunakan metode enkripsi yang disebut dengan Public Key Encryption. Dalam sitem kerjanya, data yang sudah dienkripsi akan terdiri dari satu kode kunci publik yang bisa dilihat umum dan satu lagi key yang sifatnya personal yang tidak boleh diketahui oleh orang yang tidak berhak.

Key kedua yang bersifat private nantinya akan digunakan untuk mendekripsi pesan yang diterima menjadi bentuk yang bisa dibaca. Sistem keamanan PGP biasanya dipergunakan untuk mengamankan pengiriman data seperti nomor kartu kredit dan data yang bersifat sensitif lainnya.

2. Sistem Keamanan GPG

GPG merupakan singkatan dari GNU Privacy Guard yakni merupakan sebuah sistem pengamanan email yang diciptakan oleh sebuah program enkripsi yang mengimplementasikan RFC2440. Selain untuk metode pengamanan surat elektronik, GPG juga digunakan sebagai Digital Signature.

3. Digital Signature

Digital Signature adalah bentuk digital dari tanda tangan yang berupa kode-kode byte yang berfungsi sebagai identifikasi sebuah pesan. Fungsi utamanya adalah untuk memastikan asal sebuah pesan yang menitikberatkan pada ‘tanda tangan’ si pengirim surat elektronik.

 

Cara Mengamankan Email Gmail

Gmail merupakan salah satu layanan email yang diberikan oleh perusahaan raksasa Google. Menurut data yang dikeluarkan tahun 2016, jumlah pengguna layanan Gmail mencapai satu milyar orang di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri pengguna layanan surat elektronik Google ini mencapai 80 juta pengguna.

Ilustrasi Mengamankan Email Gmail
Ilustrasi Mengamankan Email Gmail

Kalau Anda ingin meningkatkan keamanan email Gmail Anda, silahkan ikuti beberapa cara berikut.

1. Aktifkan Verifikasi dua langkah

Sistem Verifikasi 2 langkah sesuai dengan sebutannya akan membutuhkan verifikasi sebanyak dua kali, yang pertama dengan memasukkan alamat Gmail beserta password dan yang kedua memasukkan kode verifikasi yang biasanya dikirim melalui SMS ke nomor yang didaftarkan ke dalam akun.

Jadi jika Anda mengaktifkan sistem keaman ini, nomor handphone Anda haruslah selalu aktif terutama sewaktu akan melakukan login ke email Gmail Anda.

2. Tambahkan nomor telepon

Menambahkan sebuah nomor telpon pada akun Gmail Anda akan lebih aman jika dibandingkan dengan hanya memasukkan alamat email recovery saja karena sewaktu-waktu ada orang yang berniat membobol Gmail Anda, Google akan segera memberikan notifikasi.

Memasukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun Gmail akan sangat membantu jika suatu saat Anda lupa dengan kata sandi, tinggal minta dikirimkan kode maka proses penggantian kata sandi segera bisa dilakukan.

3. Gunakan kombinasi karakter yang kuat

Sebuah kata sandi yang kuat harusnya terdiri dari kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka dan simbol. Jangan pernah menggunakan kata sandi yang berhubungan dengan tanggal lahir Anda karena itu akan mudah sekali ditebak.

Kombinasi yang kuat biasanya memang agak sulit untuk dihafal dan solusinya adalah menuliskan di sebuah buku pribadi milik Anda dan kemudian mengkombinasikan dengan menambah nomor telepon pada akun Gmail agar ketika Anda benar-benar lupa, masih tersedia opsi reset kata sandi melalui nomor telepon yang didaftarkan.

4. Jangan sembarang login

Login menggunakan akun Gmail di komputer umum seperti warnet sangat berpeluang untuk kata sandi Anda dicuri apakah melalui penyadapan atau bentuk curang lainnya. Kalaupun terpaksa login di komputer umum, usahakan untuk menggunakan keyboar virtual yang ada dalam sistem operasi Windows.

5. Jangan pernah lupa logout selain komputer pribadi

Lupa keluar atau logout bisa berakibat bencana terlebih jika Anda menggunakan komputer umum. Segera keluar dari akun Gmail jika pekerjaan Anda sudah selesai.

 

Demikianlah pengertian email, jenis-jenisnya serta berbagai bentuk sistem keamanan pada email beserta tips untuk meningkat keamanan email Anda. Silahkan bagikan kepada teman-teman Anda info bermanfaat ini karena mungkin mereka belum mengetahui banyak tentang email atau surat elektronik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *