Pengertian Globalisasi
Ilustrasi Globalisasi

Pengertian Globalisasi Secara Umum, Menurut Para Ahli Serta Dampaknya Terhadap Masyarakat Kita

Posted on

Pengertian Globalisasi¬† ~ Perkembangan teknologi khususnya di bidang komunikasi membuat semua orang mudah untuk saling kenal dan berinteraksi tanpa kenal batas wilayah. Proses yang membuat orang jadi “Mendunia” tersebut dikenal dengan istilah “globalisasi.” Di Indonesia sendiri proses globalisasi bisa dibilang berkembang dengan sangat pesat yang diantaranya disebabkan oleh perkembangan teknologi informasi yang tak mengenal batas wilayah tersebut.

Ilustrasi Globalisasi
Ilustrasi Globalisasi

Banyak bahasan yang bisa ditelaah jika membicarakan tentang globalisasi, misalnya apa dampak positif dan negatif, apa pengaruhnya dalam berbagai bidang dan masih banyak lagi topik bahasan terkait globalisasi ini. Jika Anda ingin mengetahui seluk-beluk globalisasi, silahkan simak tulisan ini hingga akhir sebab dalam posting kali ini akan dibahas tentang globalisasi tersebut.

 

Pengertian Globalisasi Secara Umum

Dalam kehidupan modern yang serba canggih seperti sekarang ini, budaya-budaya dan pengaruh asing mudah sekali masuk ke suatu wilayah khususnya karena disebabkan oleh perkembangan perangkat telekomunikasi seperti smartphone. Proses menyebarnya berbagai jenis budaya dari seluruh penjuru dunia ke suatu daerah inilah yang merupakan pengertian globalisasi secara umum.

Jadi, kalau disarikan ke dalam bahasa yang lebih sederhana pengertian globalisasi secara umum adalah proses sesuatu yang mendunia.

 

Pengertian Globalisasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli berpendapat bahwa pengertian globalisasi itu adalah seperti yang bisa dilihat di bawah ini.

1. Princenton N. Lyman

Princenton N. Lyman berpendapat bahwa pengertian globalisasi itu adalah “pertumbuhan dunia yang semakin cepat dan saling bergantung antara satu negara dengan negara lainnya dalam hal perdagangan dan keuangan.”

2. Laurence E. Rothenberg

Senada dengan Princeton N Lyman, Laurence E. Rothenberg mengatakan bahwa globalisasi tersebut memiliki pengertian “percepatan sebuah hubungan antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah suatu negara dengan negara lainnya.”

3. Malcom Waters

Pendapat yang diutarakan oleh Malcom Waters mengenai pengertian globalisasi adalah “proses sosial yang membuat batas geografis pada keadaan sosial budaya menjadi tidak begitu penting, yang terjelma didalam kesadaran orang.”

4. Achmad Suparman

Achmad Suparman mengatakan bahwa pengertian globalisasi itu adalah sebagai berikut: “suatu proses yang menjadikan semua individu yang ada didunia ini tidak dibatasi oleh apapun baik wilayah maupun ruang dan waktu.”

5. Selo Soemardjan

Selo Soemardjan yang merupakan seorang tokoh pendidikan dan pemerintahan Indonesia berpendapat bahwa pengertian globalisasi adalah “proses terbentuknya suatu jaringan organisasi yang besar mencakup seluruh dunia yang memiliki tujuan untuk mengikuti kaidah-kaidah khusus yang sama.”

Itulah pendapat beberapa ahli dari dalam dan luar negeri mengenai pengertian “Globalisasi”. Kalau disimpulkan, semua pendapat tersebut di atas bernada hampir sama yakni globalisasi itu merupakan sebuah “Proses”.

 

Pengertian Globalisasi Sosial Budaya

Globalisasi sosial budaya adalah satu bentuk globalisasi yang lebih sempit. Bidang sosial budaya merupakan salah satu yang ‘tergerus’ oleh proses globalisasi yang terjadi. Dikutip dari lama Wikipedia, pengertian globalisasi sosial budaya adalah “penyebaran gagasan, makna, dan nilai ke seluruh dunia dengan cara tertentu untuk memperluas dan mempererat hubungan sosial”.

Salah satu penyumbang terbesar dari adanya globalisasi sosial budaya tersebut adalah internet dimana informasi budaya dan informasi mengenai adat-kebiasaan di suatu tempat sangat cepat menyebar dan ditiru oleh orang di tempat lainnya.

Baca Juga : Pengertian Internet

Dampak Globalisasi Bagi Indonesia

Bicara tentang dampak globalisasi bagi Indonesia, akan bertemu dengan dua hal berikut; dampak positif dan dampak negatif. Ya, globalisasi ini seperti setali tiga uang dimana pada satu sisi ada manfaat yang bisa dipetik namun di sisi lainnya terdapat efek negatif yang cenderung merugikan bangsa kita.

Berikut dampak positif globalisasi terhadap masyarakat Indonesia yang terdiri dari 4 poin.

1. Taraf hidup masyarakat menjadi meningkat

Meningkatnya taraf hidup masyarakat tak lepas dari pengaruh globalisasi yang memudahkan orang untuk mencari peluang dari belahan dunia lain. Bekerja sebagai TKI di luar negeri merupakan salah satu contoh ‘jalan’ menuju peningkatan taraf hidup sebagai pengaruh dari globalisasi.

2. Perekonomian Indonesia kian tumbuh dan berkembang

Dengan adanya proses globalisasi, para penanam modal dari negara-negara maju dan kaya seperti Amerika Serikat, Arab Saudi dan negara-negara Eropa semakin mudah menanam saham di berbagai bidang industri tanah air. Hal itu secara tidak langsung akan membuat perekonomian tumbuh dengan pesat.

3. Mudah dan Cepat dalam hal komunikasi

Pada tahun 60-an sampai 80-an, orang-orang berkomunikasi dengan masyarakat dunia lainnya menggunakan surat yang sudah pasti memakan waktu yang tidak sebentar. Berbeda dengan zaman yang sudah serba canggih seperti sekarang dimana semua orang bisa berkomunikasi dengan sangat cepat antara belahan dunia satu ke belahan dunia yang lain.

4. Keterbukaan semua informasi

Globalisasi menyumbang keterbukaan informasi sehingga siapapun dengan mudah dapat memperoleh informasi apakah melalui sarana internet maupun sarana yang lainnya.

Empat hal di atas merupakan dampak positif atau manfaat dari adanya proses globalisasi. Sedangkan dampak buruk atau dampak negatif dari globalisasi adalah sebagi berikut:

1. Terjadinya kesenjangan sosial

Kesenjangan sosial yang terjadi sebagai akibat dari globalisasi adalah apa yang sering kita dengar ungkapan “Yang kaya semakin kaya, yang miskin makin miskin”. Kalimat tersebut mengandung arti bahwa dengan adanya globalisasi, warga yang mempunyai ilmu dan modal yang cukup akan terus sukses, sementara yang kurang ilmu serta tidak bermodal makin sulit bertahan hidup.

2. Sikap individualisme semakin menjadi-jadi

Kemajuan teknologi ditambah dengan globalisasi membuat semua pekerjaan menjadi semakin mudah dilakukan, namun sayangnya hal tersebut membuat sikap individualis orang-orang juga semakin meningkat.

3. Informasi menjadi tak terkendali

Mudahnya orang-orang saat ini untuk mengakses informasi membuat informasi tersebut jadi sulit dikendalikan bahkan cenderung tak bisa dikendalikan. Ya, tidak semua informasi yang tersedia baik buat semua orang.

4. Westernisasi

Westernisasi adalah sikap yang meniru-niru budaya barat baik dalam hal kebiasan maupun cara berpakaian misalnya. Sikap kebarat-baratan itu termasuk salah satu dampak negatif dari globalisasi terhadap Indonesia.

5. Pola hidup menjadi semakin konsumtif

Mudahnya untuk membeli sesuatu berkat majunya teknologi membuat pola hidup masyarakat kita pelan-pelan mulai berubah. Dalam hal memenuhi kebutuhan, orang-orang menjadi sangat konsumtif, membeli barang seringkali adalah bukan barang yang benar-benar dibutuhkan.

Nah, dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa dampak globalisasi itu tidak bisa dihindari, namun kita masih bisa meminimalisir dampak negatif yang datang ‘menyerang’ bangsa ini.

Dibutuhkan sikap bijak dan arif dalam menyikapi semua perkembangan yang terjadi sebagai akibat dari pengaruh globalisasi. Salah satu hal yang perlu benar-benar segera dilakukan adalah membekali generasi muda bangsa termasuk anak-anak kita dengan benteng yang kuat agar nantinya tidak mudah dihinggapi pengaruh negatif globalisasi.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian globalisasi secara umum, pengertian globalisasi menurut para ahli, pengertian globalisasi sosial budaya dan dampaknya terhadap bangsa Indonesia. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *