pengertian internet
pengertian internet

Pengertian Internet, Sejarah, Jenis-Jenis dan Manfaatnya

Posted on

Pengertian Internet ~ Internet sekarang ini sudah bisa dinikmati oleh hampir semua orang, baik di negara miskin maupun di negara-negara kaya dan maju. Internet merupakan salah satu faktor pendorong majunya teknologi khususnya komunikasi.

Hari ini, internet bagi sebagian orang sudah menjadi satu kebutuhan pokok yang harus selalu ada. Internet sendiri banyak dimanfaatkan untuk berbegai keperluan manusia seperti berjualan online, mencari informasi, menonton video streaming, berinteraksi lewat sosial media dan masih banyak lagi. Dari segi pengaruh, pada satu sisi internet mendatangkan banyak sekali manfaat bagi manusia, namun di sisi lain juga mendatangkan efek negatif yang bersifat merusak.

Dan mungkin bagi sebagian orang belum begitu paham dengan internet ini, apa pengertiannya, bagaimana sejarah perkembangannya, fungsi, manfaat, jenis-jenis dan lain sebagainya. Jika Anda sedang mencari tahu tentang hal-hal tersebut, Anda sudah berada di tempat yang tepat, sebab dalam tulisan ini akan dibahas secara mendalam tentang internet tersebut.

 

Pengertian Internet

Internet merupakan singkatan dari kata “interconnection-networking” yang mengandung maksud seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global TCP atau IP sebagai protokol pertukaran paket yang berfungsi untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Jadi dari pengertian yang dituliskan dapat dipahami bahwa internet itu merupakan gabungan dari seluruh jaringan komputer yang menggunakan sistem penghubung atau protokol TCP atau Internet Protocol (IP).

 

Pengertian Internet Menurut Para Ahli

Banyak para ahli yang turut mengemukakan pendapatnya tentang apa itu pengertian internet. Diantara pendapat-pendapat tersebut adalah sebagai berikut:

1. Menurut Oetomo

Pengertian internet menurut Oetomo adalah ” suatu jaringan komputer yang sangat besar, dimana jaringan komputer tersebut terdiri dari beberapa jaringan – jaringan kecil yang saling terhubung satu sama lain”.

2. Menurut Supriyanto

Supriyanto mengemukakan pendapatnya mengenai definisi internet tersebut yaitu “suatu hubungan antara berbagai jenis komputer dan juga dengan jaringan di dunia yang memiliki sistem operasi dan juga aplikasi yang berbeda menggunakan protokol standar dalam melakukan hubungan komunikasi, yaitu protokol TCP/IP”.

3. Menurut O’Brien

Definisi dari kata “Internet” menurut versi dari O’Brien adalah sebagai berikut: “sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain”.

4. Menurut Allan

Senada dengan tiga pendapat ahli di atas, Allan mengakatakan bahwa pengertian Internet tersebut adalah “sekumpulan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain secara fisik dan juga memiliki kemampuan untuk membaca dan menguraikan berbagai protokol komunikasi tertentu”.

Itulah pengertian internet menurut para ahli dari dalam dan juga dari luar negeri. Pendapat-pendapat mereka bermuara pada satu kesimpulan pada “sekumpulan jarungan komputer”.

 

Sejarah Internet

Internet telah dimulai penelitian serta penggunaannya sejak tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika yang waktu itu membuat empat jaringan komputer yang saling terhubung yakni University of California, Stanford Research Institute, Santa Barbara dan University of Utah pada sebuah proyek yang disebut ARPANET. Penggabungan ini bertujuan untuk menghindari informasi terpusat yang notabene mudah dihancurkan oleh musuh seperti serangan menggunakan nuklir.

Seiring berjalannya waktu, banyak universitas lain di Amerika yang ingin bergabung dengan proyek yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat tersebut. Pada perkembangan selanjutnya, ARPANET kemudian dipecah menjadi MILNET untuk keperluan militer dan ARPANET-Baru untuk non-militer. Dari situ ARPANET disederhanakan lagi sebutannya menjadi “Internet” saja.

Pada masa selanjutnya, internet terus berkembang dengan pesat dan sampai saat ini telah lahir sebuah jaringan internet raksasa seperti yang tersedia dan dapat kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari seperti sekarang ini.

Baca juga : pengertian Data

Internet, Intranet Dan Ekstranet

Terdapat perbedaan yang mendasar antara internet, intranet dan ekstranet dimana perbedaan tersebut adalah ‘pihak’ yang menggunakannya. Internet yang umum dikenal dapat dipergunakan oleh hampir semua orang di seluruh dunia, sedangkan intranet terbatas hanya pada satu organisasi atau perusahaan tertentu, sementara ekstranet adalah semacam internet-nya sebuah perusahaan tapi dibuka untuk perusahaan atau pihak lain serta dapat saling bertukar data dalam jumlah yangt besar. Ekstranet biasanya menggunakan aplikasi seperti Lotus Notes dan lain-lain.

 

Pengertian Jaringan Komputer dan Jenisnya

Definisi jaringan komputer yang dikutip dari laman Wikipedia adalah “jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data”. Jaringan komputer itu sendiri bermacam-macam yang dapat dibagi ke dalam 4 kategori yaitu:

1. Jaringan komputer berdasarkan sumber distribusi data

Pada kategori ini, internet terdiri dari jaringan terpusat dan jaringan terdistribusi. Maksud dari jaringan terpusat adalah jaringan komputer client dan server dimana informasinya terpusat pada jaringan server. Sementara itu jaringan terdistribusi mengandung arti perpaduan antara satu atau lebih jaringan komputer server.

2. Jaringan komputer berdasarkan Jangakuan

Jaringan komputer yang termasuk ke dalam kategori ini adalah LAN, MAN dan WAN. LAN mencakup area yang lebih kecil misalnya satu kantor atau satu gedung yang sama, sedangkan MAN mencakup area yang lebih luas misalnya satu kota. Sementara itu WAN sangat luas dimana bisa mencakup satu negara atau satu benua.

3. Jaringan komputer berdasarkan peranan tiap komputer

Pada kategori ini jaringan komputer terbagi ke dalam dua kelompok yaitu jaringan client-server yang biasa digunakan dalam aktivitas berinternet sehari-hari dan satu lagi peer-to-peer dimana komputer yang digunakan bisa berfungsi sebagai client sekaligus sebagai server. Penerapan peer-to-peer contohnya adalah ketika kita mengunduh file Torrent.

4. Jaringan komputer berdasarkan media perantara

Yang termasuk jarngan komputer kategori ini adalah jaringan menggunakan kabel sebagai saluran data dan satu lagi adalah tanpa kabel. Jaringan tanpa kabel tersebut termasuk di dalamnya adalah Wifi dan Bluetooth.

 

Manfaat Internet

Berikut adalah beberapa manfaat dari adanya internet dalam kehidupan sehari-hari umat manusia:

1. Memudahkan Komunikasi

Komunikasi menjadi semakin mudah dan cepat berkat adanya internet. salah satu contoh nyata adalah chatting melalui smartphone memanfaatkan internet untuk saling terhubung. Masih banyak contoh-contoh komunikasi lainnya yang lebih cepat dan efisien menggunakan media internet.

2. Akses Informasi Lebih Cepat

Kejadian penting satu menit yang lalu terjadi di belahan dunia lain bisa kita ketahui dengan sangat cepat berkat adanya fasilitas saling berbagi yang tak lain adalah berkat adanya internet.

3. Bisa Berjualan Online

Kalau sebelum adanya internet orang-orang melakukan perdagangan secara langsung, saat ini ketika internet sudah mudah diakses oleh semua orang, perdagangan bisa dilakukan secara online tanpa repot dan ribet.

4. Sebagai Sarana Hiburan

Dengan adanya internet orang semakin mudah untuk mendapatkan hiburan misalnya dengan menonton video, membaca sesuatu yang menyenangkan dan berbagai bentuk hiburan lainnya yang bisa diperoleh melalui internet.

Demikianlah empat manfaat yang bisa diperoleh manusia berkat kehadiran internet. Sebenarnya masih banyak manfat-manfaat lainnya terutama untuk pendidikan, komunikasi dan lain-lain.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *