Pengertian Kebudayaan Secara Umum Dan Menurut Para Ahli Beserta Unsur-Unsur, Contoh Serta Wujud Kebudayaan

Posted on

Cara hidup suatu kelompok masyarakat yang diturunkan dari generasi ke generasi bisa disebut dengan kebudayaan. Di negara kita sendiri kebudayaan sangat banyak yang mempunyai ciri khas tersendiri untuk masing-masing kebudayaan tersebut.

Ilustrasi Kebudayaan
Ilustrasi Kebudayaan

Dalam tulisan kali ini akan dibahas semua tentang kebudayaan yang meliputi pengertian kebudayaan secara umum dan menurut para ahli, kemudian akan dijabarkan juga soal unsur-unsur kebudayaan dan masih banyak lagi.

 

Pengertian Kebudayaan Secara Umum

Kata “Budaya” berasal dari bahasa Sanskerta yakni budh, budhi, budhaya yang kalau diartikan adalah akal. Dari asal kata tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa budaya itu merupakan hasil pemikiran atau akal manusia.

Terdapat juga versi lain yang menyatakan bahwa budaya tersebut berasal dari gabungan dua kata yaitu budi dan daya . Budi berarti akal atau pikiran, sedangkan daya adalah perbuatan.

Secara umum kebudayaan itu dapat diartikan menjadi suatu kebiasaan dari sekelompok orang yang diturunkan secara turun-temurun. Di tengah masyarakat itu sendiri, kebudayaan memiliki arti yang banyak sekali, sehingga perlu disesuaikan dengan konteks yang sedang dibicarakan.

 

Pengertian Kebudayaan Menurut Ahli

Sebelumnya telah disampaikan bahwa kebudayaan memiliki banyak arti yang berbeda-beda antara satu dnegan yang lain. Beberapa arti kebudayaan tersebut bisa dilihat berikut yang disampaikan oleh para ahli.

1. Kebudayaan menurut Soedjatmoko

Pengertian kebudayaan menurut pendapat Soedjatmoko adalah sebagi berikut: ” kebudayaan adalah penjelmaan manusia dalam penghadapannya dengan lingkungan alam dan sosialnya dengan ruang dimana ia hidup dan dalam penghadapannya dengan waktu, peluang dan pilihan, kesinambungan dan perubahan, serta sejarah.”

2. Kebudayaan menurut Koentjaraningrat

Definisi dari kebudayaan menurut versi Koentjaraningrat adalah “keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakanya dengan belajar serta keseluruhan dari hasil budi pekertinya.”

3. Kebudayaan menurut Herkovits

Pengertian kebudayaan dalam pemikiran yang disampaikan oleh Herkovits adalah “bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.”

4. Kebudayaan menurut E.B Tylor

E.B Tylor mengemukakan pendapatnya mengenai pengertian kebudayaan itu adalah “keseluruhan yang kompleks yang didalamnya meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, adapt istiadat, serta kesanggupan dan kebiasaan lainnya yang mempelajari oleh manusia sebagai anggota masyarakat.”

Itulah beberapa pendapat atau versi dari definisi dan arti kebudayaan menurut para ahli yang menyuarakan pendapatnya. Sebenarnya masih banyak lagi pendapat ahli yang lain mengenai definisi kebudayaan itu yang bisa ditemui di perpustakaan dan juga di internet.

 

Unsur-Unsur Kebudayaan

Setidaknya terdapat tujuh unsur-unsur kebudayaan tersebut yang kesemuanya bisa Anda lihat dan simak pada penjelasan di bawah ini.

1. Kesenian

Setiap kebudayaan hampir pasti semuanya memiliki seni dalam berabagai bentuk, misalnya seni pahat, seni musik, seni rias, seni ukir dan-lain-lain. Seni-seni tersebut lahir dari hasil buah pikiran manusia. Di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali jenis seni antara lain seni tari, seni ketoprak, wayang dan sebagainya yang termasuk ke dalam seni gerak.

2. Sistem Organisasi Sosial

Setiap kelompok masyarakat biasanya mempunyai aturan-aturan dan adat-istiadat yang mengatur seluk-beluk kehidupan masyarakat tersebut. Adat istiadat bisa disebut dengan satu bentuk organisasi yang sudah ada sejak zaman dahulu kala.

3. Sistem Teknologi Beserta Peralatan

Hampir sama dengan kedua poin di atas, unsur teknologi dan peralatan merupakan sesuatu yangs selalu ada pada setiap kebudayaan di dunia ini. Tiap kebudayaan memiliki sistem teknologi dan peralatan yang khas yang umumnya digunakan untuk bertahan hidup, memenuhi kebutuhan dan lain sebagainya.

4. Sistem Ekonomi

Sistem ekonomi meliputi mata pencaharian atau sumber pendapatan. Setiap kebudayaan mempunyai sistem ekonominya masing-masing. Sistem ekonomi dalam kebudayaan yang lebih modern cenderung bersifat individual dan hal itu sangat berbeda dengan kebudayaan zaman dulu yang lebih cenderung ke arah sistem kekeluargaan.

5. Sistem Religi

Religi menyangkut hal-hal spiritual dari manusia itu sendiri dan biasanya untuk kebudayaan zaman dulu, berkaitan erat dengan hal-hal gaib yang tak kasat mata.

6. Sistem Pengetahuan

Pengetahuan merupakan hasil olah pikiran manusia dan akal budi termasuk juga didalamnya. Sistem kebudayaan setiap masyarakat memiliki tingkatan yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.

7. Sistem Komunikasi

Hampir semua kebudayaan berkomunikasi dengan menggunakan sebuah bahasa yang berupa ucapan atau pembicaraan, namun masih terdapat budaya-budaya yang masih menggunakan bahasa isyarat tertentu dalam komunikasi harian diantara mereka.

 

Wujud Kebudayaan

Kebudayaan itu bisa dilihat dari wujud atau apa yang telah dihasilkan yakni antara lain:

1. Wujud Karya

Wujud kebudayaan berupa karya adalah yang berupa benda dimana bisa diraba, disentuh atau didokumentasikan. Wujud karya ini berupa artefak, dan bisa merupakan hasil dari aktivitas dari amnusia itu sendiri.

2. Wujud Gagasan

Wujud kebudayaan ini terletak dalam kepala-kepala atau di alam pemikiran warga masyarakat. Wujud kebudayaan yang berupa gagasan adalah kebudayaan yang berbentuk kumpulan gagasan, ide-ide, nilai-nilai, peraturan, norma-norma dan sebagainya yang sifatnya abstrak yang memiliki maksud tidak dapat diraba ataupun disentuh.

3. Wujud Tindakan

Wujud tindakan biasanya ada dalam bentuk tindakan yang mempunyai pola dari suatu masyarakat. Wujud untuk poin ini sifatnya konkret, terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dapat diamati dan didokumentasikan oleh siapapun.

 

Contoh Kebudayaan Di Indonesia

Seperti yang telah diungkapkan di atas, Indonesia memiliki banyak sekali kebudayaan yang berbeda-beda pada setiap daerah. Untuk contoh kebudayaan yang ada di Indoensia diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Tradisi

Tradisi-tradisi yang ada di Indoensia antara lain Ngutang Mayit kalau di Bali yakni sebuah acara kematian yang biasanya dilakukan di daerah Trunyan. Contoh selanjutnya Ngeuyeuk Seureuh yang terdapat di provinsi Jawa Barat yang merupakan satu acara adat perkawinan.

Salah Satu Contoh Kebudayaan di Indonesia
Salah Satu Contoh Kebudayaan di Indonesia

Contoh lain dari kebudayaan di Indonesia adalah yang ada di Jaw Timur yakni apa yang disebut dengan Kasodo yaitu sebuah upacara mempersembahkan sesajen ke kawah Gunung Bromo. Masih banyak contoh tradisi lainnya yang ada di negara kita ini.

2. Rumah Adat

Setiap daerah mempunyai satu bentuk rumah adat yang berbeda antara satu dengan yang lain. Desain rumah adat setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Begitu pula dengan pakaian adatnya, pun setiap daerah memiliki pakaian adat yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

3. Kesenian Daerah

Kesenian daerah yang terdapat di indonesia tak terhitung jumlahnya. Bentuk-bentuk kesenian itu ada yang berupa tarian, alat musik, lagu dan berbagai macam bentuk kesenian yang hanya pada daerah tertentu saja.

Demikianlah penjelasan mengenai kebudayaan yang meliputi pengertian secara umum, menurut para ahli, unsur-unsur, wujud beserta contoh kebudayaan itu sendiri. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Ada.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *