Ilustrasi Kewirausahaan
Ilustrasi Kewirausahaan

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum, Menurut Pendapat Ahli, Ciri-Ciri, Tujuan, Nilai-Nilai Serta Manfaat Dari Kewirausaan

Posted on

Kewirausahaan identik dengan berusaha secara mandiri yang dilakukan oleh sesorang individu. Mendirikan usaha sendiri bisa juga dikatakan sebagai satu contoh kewirausahaan. Apa sebenarnya “kewirausahaan” tersebut sebenarnya? Silahkan simak ulasan lengkapnya dalam posting kali ini.

Pengertian Kewirausahaan Secara Umum

Wirausaha kalau dalam bahasa Inggris adalah Entrepreneurship, yang secara umum bisa diartikan sebagai suatu proses yang mempunyai hasil akhir berupa sebuah usaha baru dimana usaha baru tersebut terbentuk dari ketidakpastian dan penuh resiko. Kewirausahaan bisa juga berarti suatu proses mengembangkan, mengidentifikasi dan membawa visi ke dalam kehidupan.

Ilustrasi Kewirausahaan
Ilustrasi Kewirausahaan

Kenyataan sesungguhnya mengenai definisi kewirausahaan itu adalah tidak ada yang sama, jadi pengertian kata kewirausahaan tersebut bisa berbeda antara yang satu dengan lainnya, hal itu disebabkan oleh penekanan dan titik berat yang berbeda.

 

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

Dalam bahasa Indonesia, wirausaha berasal dari gabungan dua kata yaitu Wira dan Usaha. Wira bisa diartikan sebagai orang yang tangguh, berkepribadian seperti baja atau pahlawan. Sementara usaha dapat didefinisikan sebagai berbuat sesuatu atau perbuatan.

Di sisi lain para ahli memiliki arti kewirausahaan menurut versinya sendiri. Berikut beberapa pendapat ahli mengenai pengertian kewirausahaan.

1. Menurut Joseph Schumpeter

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat Joseph Schumpeter adalah “seseorang yang mendapat peluang dan menciptakan suatu organisasi untuk mengejar sebuah peluang tersebut.”

2. Menurut Richard Cantillon

Richard Cantillon mengemukakan pendapatnya tentang definisi dari kewirausahaan sebagai “pekerjaan itu sendiri”. Contoh yang diberikan oleh beliau adalah jika seseorang membeli barang saat ini kemudian nanti dijual lagi, artinya orang tersebut beresiko dan menghadapi ketidakpastian. Pekerjaan yang seperti itulah yang dimaksudkan oleh Richard Cantillon sebagai kewirausahaan.

3. Menurut F. Hadiputra

F. Hadiputra berpendapat bahwa pengertian kewirausahaan menurut versinya adalah “sosok pengambil resiko yang diperlukan untuk mengatur dan mengelola bisnis serta menerima keuntungan finansial ataupun non uang.”

4. Menururt Jean Baptista Say

Pengertian kewirausahaan menurut pendapat Jean Baptista Say adalah “agen yang menggabungkan berbagai alat produksi & menemukan nilai dari yang diproduksinya.”

 

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Kewirausahaan sudah tidak pasti tak bisa dipisahkan dari orang yang menjalankan wirausaha tersebut. Ciri-ciri kewirausahaan beserta orang yang menjalankanya diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Mempunyai Visi dan Misi Yang Jelas

Orang yang berwirausaha haruslah mempunyai visi dan misi yang jelas untuk dijalankan ke depannya. Bukan Wirausaha namanya jika tidak berorientasi kepada masa depan yang terencana dan tersusun rapi.

2. Memiliki Daya Analisis Yang Baik

Wirausaha memerlukan proses berpikir dan mencerna situasi yang sedang terjadi dengan tepat dan tajam. Hal ini cuma bisa didapatkan jika pengetahuan dan pengalaman pada bidang yang digeluti cukup.

3. Mempunyai Jiwa Kepemimpinan

Kewirausahaan sudah pasti harus memiliki jiwa dan karakter seorang pemimpin karena untuk mengelola sebuah usaha diperlukan kriteria seperti itu.

4. Memiliki Sifat Yang Pantang Menyerah

Berwirausaha berarti akan berhadapan langsung dengan ketidakpastian dan kemungkinan untuk gagal sudah pasti ada, untuk itu sesorang yang berwirausaha haruslah memiliki sifat yang tidak mudah menyerah jika menghadapi kegagalan.

5. Tidak Memiliki Sifat Konsumtif

Ciri-ciri kewirausahaan yang biasanya terlihat adalah tidak memiliki tabiat serta kebiasaan yang terlalu konsumtif, sebab dalam kewirausahaan haruslah pintar mengelola penghasilan yang didapat.

6. Berani Mengambil Resiko

Kewirausahaan sudah pasti akan berhadapan dengan yang namanya resiko dan orang yang berwirausaha sudah tentu mempunyai sifat yang bagus teresbut.

7. Pintar Mencari Pelanggan dan Menciptakan Transaksi

Wirausaha membutuhkan kreatifitas agar terus maju dan mencari pelanggan baru serta menutup dengan transaksi merupakan sebuah skill yang harus ada.

8. Komunikatif dan Ramah

Sifat ramah dan komunikatif akan membuat relasi yang ada semakin betah untuk menjalin kerjasama, dan dalam bisnis itu diartikan sebagai sebuah peluang.

 

Tujuan Kewirausahaan Untuk Siswa Dan Dunia Pendidikan

Siswa dan dunia pendidikan sangat membutuhkan kewirausahaan karena itu akan berhubungan langsung dengan masa depan siswa serta pendidikan itu sendiri. Berikut ini adalah tujuan dari kewirausahaan untuk siswa beserta dunia pendidikan, khususnya di Indonesia.

1. Untuk mempersiapkan siswa sebagai tenaga kerja profesional

Siswa yang dibekali dengan ilmu kewirausahaan nantinya akan berpelang menjadi seorang tenaga kerja yang profesional sebab sudah mempunyai dasar-dasar yang bisa dikembangkan oleh siswa bersangkutan.

2. Meningkatkan kecakapan siswa yang nantinya akan bisa menjadi wirausaha-eirausaha muda yg handal dan cekatan dalam berbagai bidang usaha.

3. Untuk menciptakan bisnis-bisnis baru beserta peluang kerja bagi yang lain khususnya yang berbasis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

4. Untuk membina serta memupuk bibit-bibit usahawan baru yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi orang lain.

 

Nilai-Nilai Kewirausahaan

Kewirausahaan itu mempunyai nilai hakiki tertentu. Bagi Anda yang ingin mengetahui nilai-nilai hakiki yag terkadung di dalam Kewirausahaan, silahkan lihat di bawah ini.

Nilai-nilai Kewirausahaan
Nilai-nilai Kewirausahaan

1. Keberanian mangambil dan menghadang resiko

Nilai hakiki Kewirausahaan yang pertama menyangkut sifat berani dan ketangguhan dalam menghadapi segala resiko yang akan muncul. Hal ini tentunya berhubungan langsung dengan karakter yang memang bisa dikatakan lebih unggul dari individu lainnya.

2. Berorientasi kepada hasil dan kewajiban

Nilai ini erat kaitannya dengan ketekunan, motif berprestasi, mempunyai dorongan kuat, berorientasi pada laba, tekad, kerja keras, energik serta berinisiatif. Semua itu merupakan nilai-nilai penting yang bisa ditemukan dalam kewirausahaan.

3. Percaya diri atau selalu optimis

Nilai yang terkandung dalam kewirausahan selanjutnya adalah keprcayaan diri serta sikap optimis dan keyakinan yang selalu ada.

 

Manfaat Kewirausahaan

Kewirausahaan sebenarnya memiliki banyak sekali manfaat apakah untuk seseorang individu saja maupun untuk orang lain. Berikut beberapa diantara manfaat kewirausahaan tersebut.

1. Akan memberikan peluang untuk melakukan sebuah perubahan di dalam hidup. Orang yang berwirausaha berarti bebas menentukan arah tujuan hidupnya melalui kewirausaah yang dijalani. Hal ini tentunya tidak akan sama dengan orang yang berstatus sebagai karyawan yang penghasilannya tidak jauh berbeda dari bulan yang satu dengan bulan berikutnya.

2. Akan Memberikan peluang untuk menggali potensi yang dimiliki. Kewirausahaan akan memberikan kesempatan untuk menggali potensi sebenarnya yang dimiliki. Potensi diri biasanya memang tidak akan maksimal jika bekerja atau digaji orang lain.

3. Akan berkesempatan melakukan pekerjaan dengan menyenangkan. Poin ini berhubungan erat dengan bidang Kewirausahaan yang memang disukai untuk dikerjakan atau dengan kata lain tidak ada paksaan dari pihak manapun.

Demikianlah penjelasan lengkap tentang pengertian kewirausaan secara umum, menurut pendapat ahli, ciri-ciri, tujuan, nilai-nilai serta manfaat dari kewirausaan itu sendiri. Semoga info yang disajikan dalam tulisan ini bermanfaat untuk Anda semuanya yang membutuhkan informasi mengenai kewirausaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *