Ilustrasi Manajemen
Ilustrasi Manajemen

Pengertian Manajemen Lengkap Beserta Penjelasan Jenis-Jenisnya

Posted on

Manajemen secara umum telah ada semenjak zaman dahulu atau lebih tepatnya ribuan tahun yang lalu, hal ini bisa dibuktikan dengan proses pembuatan bangunan-bangunan kuno seperti Piramida Mesir. Sebagai informasi, Piramida Mesir dibangun selama 20 tahun dengan melibatkan lebih dari seratus ribu orang pekerja. Pembangunan yang begitu lama dan melibatkan ratusan ribu orang mustahil kalau tidak ada Manajemen yang diterapkan.

Sudah pasti ada seseorang atau pihak yang mengatur segala sesuatu yang dibutuhkan dalam pembengunan bangunan bersejarah tersebut, misalnya penyediaan bahan baku dan mengatur para pekerja yang banyak sekali jumlahnya.

Ilustrasi Manajemen
Ilustrasi Manajemen

Bukti-bukti penerapan Manajemen selanjutnya ada pada sebuah kota yang terletak di Italia, tepatnya di kota Venesia sekitar tahun 1400-an. Orang-orang Venesia pada waktu itu bisa mengatur banyak gudang penyimpanan, meliputi pemantauan isi gudang, mengatur barang keluar masuk sekaligus mengatur para pekerjanya juga.

Pada era yang sudah masuk kategori era modern, ilmu Manajemen berkembang semakin baik yang awalnya berdasarkan teori yang dikeluarkan oleh orang-orang yang berpikiran maju. Contohnya adalah konsep Total Quality Management yang diprakarsai oleh Joseph Juran. Ia berpendapat bahwa secara umum permasalahan dalam kualitas banyak terjadi bukan berasal dari kesalahan pekerja, melainkan sistem yang dipakai.

Meskipun pendapat yang disampaikan oleh Joseph Juran lebih condong kepada Manajemen dalam sebuah perusahaan, namun pendapat tersebut segera berkembang dengan cepat karena beberapa orang lain turut mengembangkan konsep awal tersebut menjadi lebih spesifik dan akhirnya bisa diterapkan pada hampir semua bidang.

Ilmu Manajemen sangat penting untuk dipelajari sebab perannya cukup besar baik dalam kehidupan berorganisasi, bernegara maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan menerapkan Manajemen yang baik pada sebuah proses atau proyek, waktu dan tenaga menjadi lebih efisien karena segala sesuatunya telah direncanakan, diatur dan dikontrol sedemikian rupa oleh orang-orang yang terlibat di dalamnya.

Manajemen berasal dari bahasa Inggris yakni dari kata “Manage” yang jika diterjemahkan artinya adalah mengelola, mengurus, mengendalikan, melakukan usaha serta memimpin. Dalam sebuah Manajemen, akan terdapat satu pihak yang disebut dengan manajer yang bertugas berfungsi sebagai perumus, pengatur dan pelaksana tindakan Manajemen. Dan dilihat dari sisi etimologis, Manajemen mengandung arti “seni untuk melaksanakan dan mengatur.”

 

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Di laman Wikipedia yang menyebutkan “Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal”, sebenarnya sudah mengindikasikan bahwa pengertian Manajemen itu masih bervariasi dan yang paling mudah adalah berpatokan kepada pendapat para ahli Manajemen yang sudah pasti expert di bidang Manajemen. Beberapa ahli Manajemen yang mengartikan kata “Manajemen” bisa dilihat di bawah ini:

1. Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel

Harold Koontz dan Cyrill O’ Donnel mendefinisikan Manajemen: “Dalam buku The Principles of Management, mereka berpendapat bahwa Manajemen adalah cara untuk mencapai tujuan tertentu melalui kegiatan yang lain.”

2. Manullang

Manullang mengartikan Manajemen: “Manajemen merupakan seni dan ilmu pencatatan, pengorganisasian, penyusunan, pengarahan, pengawasan atas sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah disetujui.”

3. Mary Parker Follet

Mary Parker Follet memberikan definisi kepada Manajemen: “Manajemen merupakan sebuah proses seni, artinya setiap orang mampu menyelesaikan setiap pekerjaan yang dihadapinya.”

4. George R. Terry

Menurut George R. Terry: “Manajemen adalah proses atau suatu kerangka kerja melibatkan bimbingan serta pengarahan suatu kelompok orang-orang sehingga dapat menuju tujuan organisasi tersebut.”

 

Dan masih banyak lagi pendapat ahli-ahli Manajemen lainnya tentang definisi manajemen itu sendiri yang bisa dicari di internet. Mempelajari buku-buku karya mereka yang ahli dalam bidang manajemen adalah satu hal yang bijak jika ingin mendalami ilmu Manajemen ini.

 

Pengertian Manajemen Organisasi

Dalam sebuah organisasi, Manajemen adalah satu hal mutlak yang harus ada karena dengan adanya Manajemen semua proses untuk mencapai tujuan organisasi akan berjalan dengan teratur dan lebih efisien.

Ilustrasi Manajemen Organisasi
Ilustrasi Manajemen Organisasi

Pengertian Manajemen organisasi adalah proses pengorganisasian, perencanaan, memimpin dan mengendalikan sumber daya dalam suatu organisasi atau entitas dengan tujuan keseluruhan mencapai tujuan.” Dalam bahasa sederhananya Manajemen organisasi berarti memanfaatkan semua sumber daya organisasi yang ada untuk mencapai tujuan organisasi tersebut.

Sementara itu tujuan dari Manajemen Organisasi adalah untuk mencapai kinerja karyawan atau anggota organisasi secara lebih efektif karena terciptanya rasa aman dan bersatu. Untuk fungsinya Manajemen akan mengatur hal-hal berikut: perencanaan, pengorganisasian, kepegawaian , pengarah, kontrol, Manajemen waktu dan motivasi.

 

Pengertian Manajemen Pendidikan

Pendidikan yang baik akan menyumbang kemajuan bangsa dan negara dan untuk mencapai sebuah pola pendidikan yang bagus diperlukan sebuah Manajemen untuk mengatur dan mengelola semua sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan mulia tersebut.

Pengetian Manajemen Pendidikan menurut Leonard D. White Manajemen adalah segenap proses, biasanya terdapat pada semua pihak baik usaha negara, pemerintah serta swasta, sipil atau militer secara besar-besaran dan bisa juga secara kecil-kecilan.

Di sisi lain, terdapat pula pendapat yang menyebutkan bahwa Manajemen adalah semua proses penyelenggaraan dalam setiap usaha kerjasama sekelompok orang guna mencapai tujuan tertentu, pendapat ini disampaikan oleh seorang ahli Manajemen pendidikan bernama The Liang Gie.

 

Pengertian Manajemen Informasi

Manajemen Informasi mulai berkembang pada wal tahun 1960-an. Apapun bentuk informasi, sebaiknya diatur dan dikelola dengan baik agar bisa berjalan sesuai dengan fungsi sesungguhnya. Manajemen Informasi adalah pengelolaan data yang mana didalamnya terdapat proses menyusun, mencari, mengklasifikasikan dan menyajikan bermacam-macam data yang berhubungan dengan sebuah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan sehingga bisa dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan oleh Manajemen.

Selain macam-macam Manajemen seperti yang telah dijelaskan di atas, terdapat pula apa yang disebut dengan Manajemen strategi. Manajemen strategi biasanya dianut oleh perusahaan baik yang bersifat komersil maupun yang non-komersial. Manajemen Strategi ini meliputi beberapa aspek diantaranya pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran, penetapan tujuan organisasi dan mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan agar tercapai tujuan sebuah perusahaan atau organisasi.

Yang berhubungan dengan pengelolaan bisnis, dikenal pula Manajemen Keuangan. Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting dan wajib ada baik oleh organisasi, perusahaan, keluarga maupun perorangan.

Manajemen Keuangan yang baik yang diamalkan oleh sebuah perusahaan akan memudahkan dalam mengatur keuangan perusahaan dalam rentang waktu tertentu misalnya harian, bulanan, maupun tahunan. Manajemen dalam bidang keuangan juga akan membuat pengontrolan pemasukan dan pengeluaran perusahaan akan berjalan seefisien mungkin.

Apabila diterapkan dalam kehidupan keluarga, Manajemen keuangan akan membuat pendapatan dan pengeluaran biaya untuk kebutuhan sehari-hari bisa diatur sedemikian rupa sehingga akan membebaskan dari apa yang disebut “Hutang”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *