Pengertian, Tujuan, Prinsip, Manfaat dan Contoh Etika Bisnis

Posted on

Dalam melakukan segala macam hal dalam hidup haruslah kita memiliki etika, begitu pula dalam berbisnis. Dalam melakukan praktik bisnis sudah seharusnya para pembisnis memiliki etika bisnis yang baik agar dihargai dan dihormati yang nantinya akan berdampak pada kegagalan dan kesuksesan suatu bisnis yang dibangun. Sebagai seorang pembisnis sudah seharusnya kita memiliki etika bisnis yang baik agar dapat dipercaya oleh pihak-pihak seperti konsumen dan mitra kerja. Untuk lebih jelasnya mengenai etika bisnis langsung saja kita bahas secara lebih detail apa yang dimaksud dengan etika bisnis.

Etika Bisnis

Pengertian Etika Bisnis

Etika bisnis merupakan tata cara pada saat melakukan kegiatan berbisnis yang mencakup berbagai macam aspek, baik aspek perusahaan, masyarakat, dan seorang individu itu sendiri. Etika bisnis sangat penting dalam membangun dan membentuk nilai-nilai, norma dan perilaku dalam melakukan praktik bisnis yang baik. Perusahaan yang memiliki etika bisnis yang baik akan membentuk Sumber Daya Manusia (SDM) atau karyawan yang baik, dan dapat membangun hubungan bisnis yang baik juga dengan mitra kerja dan konsumen perusahaan. Perusahaan yang memiliki etika bisnis yang baik memiliki kemungkinan yang sangat besar untuk sukses karena setiap perusahaan meyakini bisnis yang baik adalah bisnis yang memiliki etika, mematuhi peraturan hukum dan peraturan yang berlaku.

Etika bisnis dapat dijadikan sebagai pedoman untuk melaksanakan berbagai macam aktivitas dalam melakukan pekerjaan yang dilandasi dengan etika, kejujuran, moral, agama, transparan dan profesionalisme. Jadi, Etika bisnis merupakan suatu pemikiran atau refleksi menganai moralitas dalam bisnis dan ekonomi. Moralitas artinya aspek terpuji atau tercela, baik atau buruk, diperbolehkan atau dilarangnya perilaku manusia. Moralitas berkaitan dengan apa yang dilakukan manusia dalam suatu kegiatan bisnis dan ekonomis yang merupakan suatu bidang perilaku manusia yang sangat penting.

Tujuan Etika Bisnis

Tujuan dari adanya etika bisnis dalam suatu kegiatan bisnis adalah sebagai berikut:

  • Memberikan kesadaran akan moral dan batasan bagi para pelaku bisnis agar bersikap baik dalam menjalankan bisnisnya dan tidak merugikan banyak pihak yang berada pada hubungan b\
  • isnis yang telah dijalankan tersebut.
  • Mengatur para pelaku bisnis untuk mewujudkan manajemen maupun citra yang baik dalam melakukan bisnis sehingga bisnis tersebut dapat diikuti oleh semua orang yang meyakini adanya bisnis yang memiliki etika yang baik.

Jadi dengan memiliki tujuan tersebut akan membuat bisnis yang dijalankan tidak merugikan bisnis orang lain, tidak melanggar aturan atau hukum yang berlaku, memiliki ijin usaha yang jelas dan membuat suasana menjadi kondusif dalam bersaing.

Manfaat Etika Bisnis untuk Perusahaan

Beberapa etika bisnis yang bisa dapatkan bagi perusahaan yang melakukan etika bisnis yang baik adalah sebagai berikut:

Memiliki Tanggung Jawab Sosial

 

  • Salah satu manfaat ketika perusahaan memiliki etika bisnis yang baik adalah perusahaan daoa menjelaskan mengenai tanggung jawab sosial atau dapat menggunakan pendekatan sosial perusahaan. Ketika perusahan memiliki tanggung jawab sosial maka usaha bisnisnya akan berjalan dengan baik dan perusahaan bisa terhindar dari konflik sosial yang bisa merugikan perusahaan khususnya konflik dari masyarakat sekitar perusahaan, SDM dan mitra bisnis perusahaan.

Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

 

  • Etika bisnis sangat penting sekali bagi perusahaan terutama bagi perusahaan yang sudah memiliki nama besar yang memiliki karyawan yang tidak saling mengenal. Dengan adanya etika bisnis yang dipegang teguh oleh perusahaan, etika bisnis tersebut akan menjadi pedoman untuk pengambilan keputusan bagi seluruh karyawan sehingga keputusan yang diambil akan sama. Etika bisnis akan dijadikan sebagai peraturan standar etis yang sama bagi seluruh sumber daya manusia yang ada dalam perusahaan.

Meningkatkan Daya Saing Perusahaan

 

  • Perusahaan yang memiliki etika bisnis yang baik akan berdampak pada perkembangan dan peningkatan kinerja perusahaan. Selain itu perusahaan akan memiliki daya saing atau kemampuan bersaing yang tinggi di pasar dibandingkan dengan perusahaan atau pembisnis lainnya.

Menghilangkan Grey Area

 

  • Etika bisnis bermanfaat dalam membantu menghilangkan grey area yang ada pada bidang etika. Contohnya kesetaraan penerimaan gaji, kewajiban perusahaan dalam menjaga lingkungan dan penggunaan tenaga kerja dibawah umur. Dengan adanya etika bisnis perusahaan akan memiliki batasan-batasan dalam menjalankan bisnisnya.

Membangun Citra Positif Perusahaan

 

  • Etika bisnis dapat membangun citra yang baik bagi perusahaan, baik di mata pesaing, mitra bisnis, karyawan, konsumen dan masyarakat. Dengan adanya citra yang positif potensi perusahan untuk Going Concern akan meningkat dan perusahaan akan semakin dipercaya oleh mitra bisnis.

Prinsip-Prinsip Etika Bisnis

Etiika bisnis memiliki prinsip-prinsip yang memiliki tujuan untuk memberikan pedoman atau cara yang harus ditempuh oleh perusahaan dalam mencapai tujuannya. Terdapat 5 prinsip etika bisnis yang dapat dijadikan pedoman dalam melakukan praktik bisnis, Sonny Keraf (1998):

Prinsip Kejujuran

 

  • Prinsip kejujuran menanamkan sifat apa yang dikatakan adalah apa yang mereka pikirkan dan apapun yang mereka katakan adalah yang mereka kerjakan. Adanya prinsip kejujuran juga menyiratkan adanya kmitmen, perjanjian dan kontrak yang disepakati bersama. Intinya kejujuran sangat penting dalam membangun sebuah bisnis, baik kejujuran pada saat berkomunikasi maupun bersikap kepada konsumen atau mitra kerja untuk membuat perusahaan semakin dipercaya.

Prinsip Integritas Moral

 

  • Prinsip integritas moral merupakan suatu prinsip yang dijadikan pedoman pada saat perusahaan menjalankan etika bisnis yang bertujuan untuk tidak merugikan orang lain dalam segala hal baik dari segi keputusan yang diambil dan tindakan bisnis yang dilakukan. Prinsip integritas ini dilandasi oleh kesadaran dari setiap orang yang harus dihormati. Jadi dalam melakukan bisnis harus dilandasi dengan sikap konsisten pada pemikiran, ucapan ataupun perbuatan

Prinsip Keadilan

 

  • Prinsip ini merupakan suatu prinsip yang menanamkan sikap untuk selalu berperilaku adil kepada seluruh pihak yang berada di lingkaran bisnis yang dijalankan. Misalnya sikap tidak membeda-bedakan dari berbagai aspek seperti aspek hukum, ekonomi, sosial dan aspek lainnya.

Prinsip Otonomi

 

  • Prinsip otonomi mencerminkan sikap untuk mandiri, bebas, namun bertanggung jawab. Sikap mandiri maksudnya adalah seseorang atau perusahaan dapat mengambil keputusan dana melaksanakan kegiatan sesuai dengan kemampuannya sendiri sesuai dengan apa yang dipercaya dan diyakininya, bebas dari ketergantungan pada orang lain, tekanan dan hasutan.

Prinsip Saling Menguntungkan 

 

  • Prinsip saling menguntungkan atau mutualisme ini merupak suatu prinsip yang dapat memberikan kesadaran bahwa dalam berbisnis harus diterapkan prinsip win-win solution yakni semua pihak yang berada di lingkar bisnis harus merasa diuntungkan dengan keputusan yang dibuat dan diambil.

Contoh Penerapan Etika Bisnis dalam Perusahaan

Salah satu contoh penerapan etika bisnis dalam suatu perusahaan misalnya perusahaan yang bergerak dibidang makanan mereka memiliki inovasi dalam bumbu-bumbu yang mereka gunakan untuk memasak makanan. Perusahaan ini tidak melanggar aturan karena mereka tidak menjiplak resep yang sudah ada diperusahaan lain, mereka berinovasi dengan resep yang mereka miliki. Perusahaan akan mendapatkan hak paten dan harus mengajukan izin produksi makanan kepada dinas kesehatan atau BPOM untuk mendapatkan izin usaha dan izin produksi dan lainnya. Dengan adanya izin yang diberikan perusahaan ini dapat menjalankan usaha bisnisnya secara sah dan legal tanpa merugikan pihak-pihak yang lainnya.

Itulah beberapa penjelasan secara mendalam mengenai etika bisnis yang meliputi pengertian etika bisnis, tujuan dan manfaat etika bisnis, prinsip etika bisnis dan contoh penerapan dari etika bisnis dalam suatu perusahaan. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *