Pinjaman Tunai Tanpa Agunan Non Bank

Posted on

Untuk mencari pinjaman masyarakat biasanya akan mengandalkan bank untuk mendapatkan pinjaman untuk memenuhi kebutuhannya untuk memulai usaha. Namun, tidak sedikit pula masyarakat yang ditolak oleh bank karena persyaratan yang kurang memadai seperti dalam hal jaminan, dokumen yang dibutuhkan, dan penghasilan yang didapatkan. Meminjam uang kepada bank dikenal memiliki proses dan operasional yang berbelit-belit dan tergolong menyusahkan calon nasabahnya. Biasanya bank akan mensyaratkan adanya jaminan atau kartu kredit pada calon nasabahnya yang akan melakukan peminjaman secara tunai.

Pinjaman Tunai

Syarat inilah yang biasanya menjadi kendala bagi calon nasabah untuk mengajukan pinjaman tunai pada bank. Pada saat ini beberapa bank juga mengeluarkan produk pinjaman tunai tanpa agunan. Dengan dikeluarkannya produk ini, anda dapat meminjam sejumlah uang secara tunai tanpa harus menyediakan jaminan atau agunan terlebih dahulu. Beberapa daftar bank yang sudah menerapkan program Kredit Tanpa Agunan adalah maybank, standard Chartered Bank, Bank Mandiri, dan Bank BRI. Karekateristik dari bank dalam hal memberikan peminjaman tunai tanpa Agunan adalah mengenai prosedur ketentuan dan syarat yang biasanya sulit dan lama di proses. Namun meskipun demikian selain bank anda dapat juga melakukan pinjaman tanpa agunan dari lembaga non bank. Artikel kali ini akan membahas mengenai pinjaman tunai tanpa agunan non bank yang dapat anda jadikan pilihan untuk mendapatkan pinjaman uang secara cepat dan mudah.

Karakteristik Pinjaman Tunai Tanpa Agunan Non Bank

Pada saat ini, anda bisa mendapatkan pinjaman tanpa jaminan tanpa harus berurusan dengan pihak bank. Untuk lebih mengetahui tentang Pinjaman Tunai Tanpa Agunan Non Bank,berikut akan dibahas mengenai karakteristik yang dimilikinya.

  • Pinjaman jangka pendek

 

    1. Pinjaman tunai ditawarkan oleh pihak Non bank dalam meminjamkan dana secara tunai tanpa agunan biasanya diberikan dengan jangka waktu peminjaman yang lebih pendek dan relatif singkat dibandingkan dengan pihak bank.
  • Pinjaman relatif kecil

 

    1. Jumlah uang yang diberikan dalam hal pinjaman tunai tanpa agunan yang dilakukan oleh pihak non bank relatif lebih kecil yakni berkisar antara Rp. 3 juta sampai dengan Rp. 5 juta.
  • Syarat dan Prosedur pengajuan

 

  1. Walaupun pinjaman tanpa agunan non bank memiliki jumlah yang relatif kecil bukan berarti tidak ada persyaratan yang harus dilengkapi dan disediakan oleh pihak peminjam. Berikut ini syarat dan prosedur pengajuan yang harus anda ketahui:
  • Nasabah merupakan Warga Negara Indonesia
  • Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun
  • Batas penghasilan, beberapa lembaga akan menetapkan batas penghasilan berdasarkan Upah Minimum Regional (UMR) yang berlaku
  • Limit pinjaman berkisar antara 15 sampai dengan 30 hari dengan bunga 1% per hari.
  • Peminjam akan dikenakan biaya keterlambatan jika telat membayar angsuran sebesar Rp. 50 ribu.
  • Syarat Administrasi

 

  1. Selain syarat secara umum yang harus dipenuhi, juga terdapat syarat administrasi. Berikut ini beberapa persyaratan administrasi yang harus dilengkapi oleh peminjam:
  • Fotocopy Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga
  • Salinan NPWP, Slip Gaji dan Surat Keterangan Kerja.

Fintech Pinjaman Tunai Tanpa Agunan Online

Dengan permasalah yang sudah dijelaskan diatas, maka muncullah inisiatif untuk membangun suatu bentuk perusahaan non bank yang dapat dilakukan secara online oleh calon nasabahnya. Lembaga ini diwadahi oleh suatu teknologi inovatif yang disebut Fintech. Dengan memanfaatkan teknologi ini penawaran produk keuangan akan dilakukan dengan cepat, mudah dan aman. Jadi, Fintech merupakan suatu teknologi yang diciptakan untuk memecahkan masalah mengenai sulitnya mencari pinjaman kepada bank secara tunai. fintech merupakan suatu wadah dari beberapa instansi yang menawarkan pinjaman kilat non bank dengan cara cepat dan mudah.

Daftar Fintech Menawarkan Pinjaman Tunai Tanpa Agunan Non Bank

Ada beberapa instansi yang tergabung dalam fintech untuk memberikan pinjaman tunai kepada masyarakat yang bingung dan merasa kesulitan untuk mendapatkan pinjaman di bank. Berikut ini beberapa daftar Fintech yang memberikan pinjaman tanpa agunan cepat dan mudah:

  • UangTeman.comProses pengajuan dan pencairan dana yang diberikan oleh Uangteman.com relatif lebih cepat daripada proses di bank karena prosesnya dapat anda lakukan sendiri secara online. Proses pencairan dana paling lambat 2 hari terhitung dari waktu pengajuan untuk pinjaman pertama. Sedangkan untuk pinjaman kedua dapat dilakukan 3 jam setelah pengajuan pinjaman kredit pertama.

 

    1. Biaya layanan yang diperkenankan kepada nasabahnya cukup tinggi, yakni sekitar 1% setiap harinya. Saran saya adlah gunakan lembaga keuangan non bank ini untuk masalah yang bersifat emergency loan dan bridging loan.
    2. Untuk kebutuhan yang relatif kecil anda dapat menggunakan jasa kredit dari Uangteman.com. Uangteman.com merupakan lembaga non-bank yang memberikan pinjaman tanpa jaminan dalam memenuhi kebutuhan kecil dan bersifat jangka pendek. dana yang ditawarkan oleh pihak Uangteman.com adalah maksimal Rp. 2 Juta dengan jangka waktu maksimal 30 hari.
  • Investree

 

  1. Investree merupakan market place yang mempertemukan peminjam (orang yang punya dana) dan pemberi pinjaman (orang yang membutuhkan dana). Pinjaman di Investree dikategorikan untuk pengusaha dan karyawan yang membutuhkan dan memiliki dana. semua pinjaman yang ditawarkan oleh pihak investree adalah tanpa jaminan. Namun, pihak investree akan menetapkan beberapa syarat bagi calon peminjam.
  • Untuk karyawan
  • investree akan memberikan pinjaman jika karyawan yang bekerja diperusahaan dan telah melakukan kerja sama dengan pihak investree. Karyawan yang berdomisili di wilayah Jabodetabek dengan pendapatan minimum sebesar Rp. 3,1 juta.
  • Untuk Pengusaha
  • Bagi pengusaha investree memberikan pembiayaan sebagai modal kerja dengan syarat perusahaan harus memiliki hubungan bisnis dengan institusi besar misalnya perusahaan publik, lembaga pemerintah, perusahaan multinasional dan BUMN.
  • KoinworksTahap pengajuan kredit:

 

  1. Koinworks.com menawarkan pinjaman dengan batas minimum peminjaman Rp. 10 juta. Bunga yang dikenakan adalah 0.75 % hingga 1.7% setiap bulannya, tingkat suku bunga ditentukan oleh koinworks. Selain bunga, terdapat biaya-biaya lainnya yang harus dipenuhi yaitu biaya persetujuan kredit sebesar 2% sampai dengan 4%, biaya administrasi Rp. 100 ribu, serta biaya untuk asuransi jiwa sebesar 0.24%.
  • Mengisi formulir secara online
  • Bunga akan disampaikan apabila anda memenuhi syarat
  • Mengupload dokumen yang dijadikan syarat
  • Dokumen akan diverifikasi dan pinjaman akan diposting di sistem koinworks agar pemberi pinjaman dapat memulai proses bidding
  • Pencairan dana akan dilakukan dan dana akan ditranfer ke rekening bank pihak peminjam

Koinworks hanya dapat digunakan oleh usaha yang sudah berjalan minimal 2 tahun dan berlokasi di Jabodetabek.

  • ModalkuSyarat dan ketentuan dari pihak Modalku.co.id adalah sebagai berikut:

 

  1. Lembaga non bank berikutnya yang dapat anda jadikan sebagai tempat untuk meminjam uang adalah modalku.co.id. modalku merupakan salah satu marketplace yang dapat anda jadikan pilihan untuk peminjaman dana dengan tujuan usaha. Salah satu produk yang ditawarkan adalah pinjaman ke pemiliki toko online seperti tokopedia.
  • Peminjam berdomisili di Jabodetabek
  • dana pinjaman yang berkisar antara Rp. 10 juta sampai dengan Rp. 50 juta
  • jangka waktu 1 sampai 2 bulan yang akan diproses selama 3 hari
  • bunga yang ditetapkan sebesar 2% per bulannya.
  • Tidak ada cicilan, pembayaran pinjaman dilaukan sekaligus dengan pokok pinjaman dan bunga
  • Syarat administrasi adalah WNI berusia 21-55 tahun dengan melampirkan dokumen seperti scan KTP, KK, dan NPWP.
  • Amartha.com

 

  1. Amartha.com merupakan lembaga non bank lainnya yang memberikan pinjaman tanpa adanya agunan/jaminan bagi pengusaha kecil yang berdomisili di Bogor khususnya pengusaha perempuan yang membutuhkan modal sebesar Rp. 2 juta. Pinjaman yang ditawarkan adalah mulai dari Rp. 2 juta dengan jangka waktu 3, 6, dan 12 bulan. Pengajuan pinjaman harus dilakukan secara berkelompok yang terdiri atas 10-15 orang. sebelum dana pinjaman diberikan, amartha akan melakukan pelatihan yang wajib diikuti oleh anggota calon peminjam agar dapat membuat proposal pengajuan kredit yang nantinya proposal tersebut akan ditawarkan kepada para investor sebagai pemilik dana. amartha disini hanya akan memfasilitasi akad yang terjadi antara peminjam dana dan pihak yang meminjamkan dana. Setelah itu, pinjaman akan dicairkan. Amartha biasanya mengadakan pertemuan anggota setiap minggunya dengan tujuan untuk memonitori perkembangan usaha yang dilakukan dan mengumpulkan pembayaran pinjaman.

Itulah penjelasan mengenai beberapa lembaga non bank yang dapat anda pilih untuk pengajuan pinjaman dana tanpa agunan atau jaminan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Ditulis Oleh: Dyah Ayu Alvinda
Editor: Sigit Irawantoto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *