Prosedur Pengajuan KUR Mandiri 2017 untuk Modal Usaha

Posted on

Seiring dengan perkembangan perekonomian yang ada di Indonesia pada saat ini, pemerintah menyadari bahwa pendongkrak paling kuat untuk meningkatkan perekonomian nasional di Indonesia adalah segala jenis usaha yang dilakukan oleh rakyat Indonesia itu sendiri. Oleh karena itu Pemerintah mendukung usaha masyarakat dan mendukung masyarakat untuk berwirausaha. Namun hal yang menjadi masalah dalam dunia usaha pada umumnya adalah mengenai modal.

KUR Mandiri

Modal merupakan permasalahan besar bagi seseorang atau sekelompok orang untuk memulai usahanya. Pemerintah memberikan solusi pada permasalahan ini dengan memberikan program Kredit Usaha Rakyat atau lebih di kenal dengan sebutan KUR kepada Usaha Produktif seperti UMKM dan Koperasi yang layak. Kredit Usaha Rakyat (KUR) dikelola oleh bank-bank di seluruh Indonesia yang diberi tanggung jawab oleh pemerintah untuk mendistribusikan uang negara kepada orang yang membutuhkan modal dana untuk berwirausaha. Banyak bank yang diberikan tanggung jawab oleh pemerintah salah satunya Bank Mandiri dengan nama program KUR Mandiri.

Apa Itu KUR Mandiri?

KUR mandiri adalah kredit/pembiayaan yang diberikan oleh Bank Mandiri kepada masyarakat yang memiliki usaha produktif seperti Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan koperasi yang dianggap layak namun belum memiliki modal kerja dari bank. KUR mandiri dapat dianggap sebagai pembiayaan berupa kredit investasi melalui Lembaga Penjamin Kredit baik yang diberikan secara langsung maupun tidak langsung. Sebagai pihak bank yang menyalurkan modal kerja, bank mandiri memiliki komitmen utama untuk memuaskan nasabahnya dalam bentuk pelayanan yang baik sekaligus meminimalisir adanya kredit macet agar nasabah tidak merasa keberatan untuk mengajukan Kredit di Bank Mandiri.

Kelebihan KUR Mandiri dengan KUR bank konvensional lainnya

KUR mandiri merupakan kredit yang memiliki bunga kredit yang paling rendah dibandingkan dengan bank konvensional lainnya. hal inilah yang membuat banyak orang yang lebih mengajukan KUR ke bank Mandiri daripada ke Bank konvensional yang lain.

Pihak Yang dapat Mengajukan KUR ke Bank Mandiri

Adapun pihak yang dapat mengajukan KUR mandiri adalah sebagai berikut

Pelaku Usaha

  • KUR mandiri dapat diajukan oleh siapa saja yang memiliki usaha produktif berupa UKM baik dalam bentuk perorangan ataupun bentuk badan hukum dengan syarat pengajuan KUR yang mudah. Bahkan seseorang yang memiliki profesi sebagai petani, nelayan, dan usaha perikanan dapat mengajukan kredit usaha kepada Bank Mandiri dalam bentuk KUR Mandiri.

Calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI)

  1. Selain palaku usaha, TKI juga dapat mengajukan KUR ke bank mandiri. Bentuk penyalurannya dibagi menjadi dua jenis yaitu
  • KUR penempatan
  • Kredit yang diberikan kepada calon TKI yang akan diberangkatkan ke luar negeri (Singapura, Hong Kong, dan Taiwan)
  • KUR Purna
  • Kredit yang diberikan sebagai modal kerja untuk Buruh Migran Indonesia yang kembali ke Indonesia untuk membuka usaha. Sektor usaha yang mendapatkan KUR Purna Mandiri adalah sektor pertanian, perikanan, perdagangan dan jasa, serta industri pengolahan.

Fitur KUR Mandiri 2017

Adapun fitur yang diberikan bank mandiri dalam KUR mandiri tahun 2017 adalah sebagai berikut:

Limit Kredit KUR langsung

  • KUR langsung merupakan KUR yang diajukan secara langsung oleh individu dengan maksimal kredit Rp. 500 juta dengan suku bunga sebesar 9% setiap tahunnya.

Limit Kredit KUR tidak Langsung (linkage)

  • KUR tidak langsung dapat dilakukan melalui 2 cara

Pola Excuting

  • Bank mandiri akan memberikan kredit kepada mitra usaha (Lembaga Linkage) kemudian mitra usaha akan meneruskan kepada nasabah sebagai pengguna terkahir (end user). Mitra usaha akan tercatat sebagai debitur sedangkan nasabah akan tercatat sebagai eksposur kredit perusahaan mitra. Limit kredit yang diberikan dalam jenis KUR mandiri ini adalah sebesar Rp. 2 Milyar per mitra usaha (Lembaga Linkage), dan maksimal Rp. 100 juta per nasabah (end user) dengan suku bunga 9 % di setiap tahunnya.

Pola Channeling

  • Sama halnya dengan pola excuting, pola channeling dalam KUR Mandiri 2017 juga melibatkan lembaga linkage sebagai mitra usaha untuk menyalurkan dana KUR. Limit kredit yang diberikan sampai dengan Rp. 500 juta sesuai dengan daftar nominatif end user dengan suku bunga sebesar 9% per tahunnya .

Jenis kredit yang diberikan yaitu dalam bentuk investasi atau modal kerja

Jangka waktu KUR mandiri yang diberlakukan

  • KMK maksimal selama 3 tahun dan dapat diperpanjang hingga 6 tahun
  • KI maksimal 5 tahun, dapat diperpanjang menjadi 10 tahun
  • KI perkebunan tanaman keras maksimal 13 tahun (tidak dapat diperpanjang)

Target Penyaluran KUR Mandiri 2017

Setiap bank pasti memiliki target kinerja yang harus dicapai disetiap tahunnya, begitu juga bank mandiri. Dalam hal penyaluran KUR bank mandiri memiliki target penyaluran sebesar Rp. 13 Triliun untuk tahun 2017. Target tersebut telah tercapai sebesar Rp. 4,75 Triliun di bulan Mei 2017, yang disalurkan ke sektor produksi. Pada tahun sebelumnya yaitu tahun 2016, Bank mandiri juga menargetkan angka yang sama yaitu Rp. 13 Triliun untuk KUR mandiri yang direalisasikan pada penyaluran dana di sektor UMKM

Syarat Pengajuan KUR Mandiri Tahun 2017

Untuk mendapatkan KUR Mandiri, nasabah harus memenuhi persyaratan berikut ini sebagai calon nasabah/debitur KUR mandiri 2017.

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang tidak sedang menerima pembiayaan atau kredit dari perbankan ataupun program pemerintah dan sedang meneriman kredit konsumtif (kredit kendaraan bermotor, kredit rumah, kartu kredit dan kredit konsumtif lainnya)
  • Calon nasabah harus berusia lebih dari 21 tahun atau sudah menikah
  • Memiliki Usaha Produktif yang berjalan minimal selama 6 bulan
  • Dokuman Legalitas pemohon berupa Foto ukuran 4 x 6 suami istri, KTP, KK
  • Dokumen Legalitas Usaha seperti Surat keterangan Usaha (SIUP dan SKDU) serta NPWP
  • Khusus kredit di atas Rp. 50 juta maka disyaratkan untuk memiliki NPWP
  • Fotocopy rekening giro 6 bulan terakhir
  • Legalitas Jaminan/agunan (jika diperlukan) dalam bentuk Mobil AJB, SHGB, BPKB motor, dan SHM

Tips Agar Pengajuan KUR Mandiri cepat dan Lancar

Untuk mendapatkan modal dana atau modal kerja dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Bank Mandiri secara cepat dan lancar. Anda dapat melaksanakan beberapa hal sebagai berikut:

  1. Pastikan bahwa anda tidak sedang memiliki kredit atau pembiayaan KUR di bank mandiri atau bank konvesional lainnya
  2. Pastikan usaha yang anda jalankan telah mencapai batas minimal yang ditentukan yaitu 6 tahun. Untuk mendapatkan KUR mandiri bukan usaha yang masih baru atau masih dalam tahap perencenaan.
  3. Pastikan usaha anda memiliki kinerja yang sehat maksudnya adalah performa usaha memiliki keuntungan bukan kerugian. Sehat tidaknya suatu usaha dapat dilihat dari laporan keuangn yang anda buat.
  4. Siapkan jaminan, karena bank mandiri bisa saja meminta jaminan atau agunan sebelum mencairkan dana dari KUR untuk usaha produktif yang anda jalankan.

Itulah beberapa informasi mengenai syarat dan ketentuan dari KUR Mandiri pada tahun 2017, bagi anda yang ingin mendapatkan modal usaha dari program pemerintah dalam bentuk Kredit Usaha Rakyat (KUR) anda dapat mengajukannya ke Bank Mandiri dengan syarat dan ketentuan seperti yang telah dijelaskan di atas. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Ditulis Oleh: Dyah Ayu Alvinda
Editor: Sigit Irawantoto

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *