Tabungan Emas Pegadaian sebagai Lahan Investasi Emas

Posted on

Tabungan Emas Pegadaian ~ Pada artikel kali ini kami akan melakukan sharing informasi mengenai Tabungan emas, pada saat ini tabungan emas. Tabungan emas merupakan investasi yang menarik dan memiliki banyak peminat. Namun pada saat ini karena adanya beberapa bentuk investasi seperti investasi dalam bentuk deposito, properti, obligasi dan lainnya membuat tabungan emas kurang diminati karena sekilas banyak orang beranggapan bahwa investasi lain selain tabungan emas terlihat lebih menguntungkan padahal tidak seperti itu kenyataannya. Jika anda membaca artikel ini hingga selesai anda akan mengetahui keistimewaan tabungan emas dibandingkan dengan investasi yang lainnnya.

Tabungan Emas Antam Pegadaian sebagai Lahan Investasi Menguntungkan

Keuntungan Tabungan Emas dibandingkan Investasi yang lainnya

Emas Dapat Dicairkan Secara Langsung

  • Emas sangat mudah untuk dicairan menjadi uang karena emas merupakan benda yag cepat dan mudah untuk diuangkan ketika anda membutuhkan uang sewaktu-waktu. Hal inilah yang membedakan investasi emas dengan investasi lainnya seperti reksadana, properti, deposito dan lainnya. Emas dapat dicairkan menjadi uang hanya dengan menjualnya di toko emas atau orang yang memerlukannya tanpa khawatir mengalami kerugian.

Setiap Tahun Harga Emas Mengalami Kenaikan

  • Harga emas mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal inilah yang menjadikan tabungan emas lebih menguntungkan dari investasi yang lainnya. Anda dapat memiliki keuntungan yang berkali lipat di setiap tahunnya. Investasi emas merupakan investasi yang sudah pasti keuntungannya walaupun investasi emas digolongkan sebagai investasi jangka panjang. Hal ini dikarenakan harga emas yang terus meningkat setiap tahunnya, bahkan jika beruntung dalam waktu selama 6 bulan saja kita sudah dapat memperoleh keuntungan. Banyak fakta yang menyatakan bahwa investasi ini menarik, apalagi jika anda memiliki dana yang besar untuk berinvestasi emas yang lebih banyak lagi.

Aman dari Inflasi dan Guncangan Ekonomi

 

  • Harga emas tidak dipengaruhi oleh inflasi, selain itu harga emas juga aman pada saat terjadinya guncangan ekonomi. Walaupun inflasi setiap tahun semakin meningkat, nilai dan harga emas tidak akan terpengaruh oleh adanya inflasi ini. Selain itu, ketika terjadi krisis ekonomi yang melanda, harga dan nilai dari emas akan tetap stabil.

Dapat disesuaikan dengan Budget Anda

 

  • Anda dapat membli emas sesuai dengan budget yang anda miliki, inilah salah satu keuntungan dari tabungan emas. Selain itu, keuangan yang anda miliki juga tidak akan terganggu dengan adanya harga emas yang sesuai dengan kantong anda. berbeda jika anda melakukan investasi pada instrumen lain, misalnya properti anda harus mengeluarkan dana yang besar karena harga properti biasanya sangat mahal.

Emas dapat diubah dalam bentuk apapun tanpa terpengaruh nilainya

 

  • Keuntungan tabungan emas yang lainnya adalah emas dapat diubah dalam bentuk apapun tanpa mempengaruhi nilai dari emas itu sendiri. Misalnya jika anda memiliki emas batangan, anda dapat mengubah emas batang tersebut menjad perhiasan tanpa harus mempengaruhi nilai dari emas. Selain dapat menjadi emas yang menarik, emas sangat menguntungkan karena tahan akan korosi.

Tabungan Emas Antam Vs Tabungan Emas Pegadaian

Mendengar kata emas pasti anda akan tergiur, karena emas merupakan sarana investasi yang handal untuk diperjualbelikan. Namun, pada saat ini tidak semua orang dapat membeli emas secara tunai, karena membutuhkan dana yang tidak sedikit. Untuk melakukan investasi dalam bentuk tabungan emas harus memiliki persiapan yang matang agar keuangan anda tidak berantakan.

Tabungan Emas Pegadaian

Pada saat ini banyak bank atau lembaga pemerintah yang menawarkan produk beli emas secara kredit, termasuk juga PT pegadaian yang memiliki produk tabungan emas yang memungkinkan anda untuk menabung sejumlah dana untuk kemudian melakukan pembelian emas.

Keunggulan Tabungan Emas Pegadaian

PT pegadaian sebagai penyedia layanan tabungan emas menginformasikan beberapa keuntungan dan keunggulan tabungan emas yang dimilikinya yang patut untuk anda pertimbangkan yakni sebagai berikut:

Tanpa Uang Muka

Untuk dapat memiliki tabungan emas pegadaian anda tidak perlu memberikan DP atau uang muka untuk menjamin pembukaan rekening tabungan emas

 

Waktu Fleksibel

Nasabah yang memiliki tabungan emas tidak terikat pada jangka waktu atau tenor dan bebas melakukan setoran untuk menabung kapan saja sesuai dengan keinginan nasabah.

 

Setoran minimal ringan

Setoran minimal yang dikenakan untuk membuka rekening tabungan emas adalah setara dengan harga 0,01 gram emas

 

Dapat dijadikan Jaminan

Emas yang ditabung dapat dijadikan jaminan pada saat ada kebutuhan yang mendesak.

Kelemahan Tabungan Emas Pegadaian

Selain keuntungan, tabungan emas juga memiliki beberapa kelemahan yakni sebagai berikut:

 

Adanya Kurs Jual – Beli

Pada saat anda menjaminkan tabungan emas anda, akan terdapat selisih antara kedua kurs jual dan kurs beli.

 

Pengambilan Tabungan Emas

Pada tabungan emas, emas hanya dapat diambil jika sudah mencapai berat senilai 5 gram

 

Adanya Biaya Cetak

Jika memiliki bentuk fisik emas, anda akan dikenakan biaya cetak

Harga Emas Antam Vs Harga Emas Pegadaian

Jika kita membandingkan harga emas yang diberlakukan di Antam dan harga emas yang ada di pegadaian pasti akan menemukan perbedaan. Hal ini disebabkan oleh harga tiap gram emas dari perusahaan yang satu dengan perusahaan lain yang mencetaknya menentukan biaya cetak yang akan berpengaruh terhadap harga emas.

Pada saat ini harga emas Antam memang lebih mahal dibandingkan dengan harga emas di pegadaian karena biaya cetak emas di Antam lebih mahal. Jika anda membeli emas dipegadaian anda harus membelinya secara kredit sedangkan jika anda ingin membeli emas secara tunai anda dapat memilih emas Antam.

Investasi Emas di Antam Atau Pegadaian?

Menurut informasi harga emas batangan yang dijual di pegadaian mengacu pada harga emas batangan yang dikeluarkan oleh Antam, hal inilah yang membuat harga emas di pegadaian lebih mahal dibandingkan di Antem. Pihak pegadaian sendiri memberikan kebebasan terhadap nasabahnya untuk menginvestasikan emasnya di Antam atau di Pegadaian. Jika, anda ingin lebih cepat dan tidak mengantri lama anda dapat melakukan investasi melalui pegadaian karena pelayanannya yang cepat walaupun harga lebih maha.

Untuk melakukan investasi tabungan emas anda harus memperhatikan harga emas batangan di kedua perusahaan tersebut. Secara umum pegadaian biasanya mengenakan tambahan atau margin sekitar 3 – 36% dari harga yang ditetapkan oleh Antam dan tambahan biaya administrasi sebesar Rp. 50 ribu.

Anda dapat melakukan pembelian secara tunai ataupun kredit di pegadaian dengan syarat sebagai berikut:

Pembelian Tunai

 

Jika anda melakukan pembelian tunai, anda akan dikenakan margin sebesar 3% dan emas baru dapat diterima maksimal sekitar 1 bulan setelah pembelian.

Pembelian Kredit

 

Untuk pembelian kredit atau cicilan, anda disyaratkan untuk membayar DP terlebih dahulu sebesar 25% dari total harga emas batangan yang akan dibeli.

Persentase Margin emas batangan pegadaian:

Jangka Waktu Margin
Tunai/1 Bulan 3%
3 Bulan 3,5%
6 Bulan 6%
12 Bulan 12%
18 Bulan 18%
24 Bulan 24%
36 Bulan 36%

Itulah beberapa informasi mengenai investasi emas antam di pegadaian yang dapat kami sampaikan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda yang ingin memulai investasi emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *