Tips Sukses Memulai Bisnis Telur Asin Rasa-Rasa Utuk Pemula

Posted on

Telur asin merupakan jenis makanan yang cukup digemari bagi banyak orang, selain rasanya yang unik dan berkhasiat untuk kesehatan, kita juga bisa memanfaatkan telur asin menjadi lahan bisnis yang sangat menjanjikan. Di era saat ini banyak inovasi yang bermunculan mengenai jenis-jenis product baru yang nyeleneh tapi sangat laris di pasaran, salah satunya adalah telur asin aneka rasa.

Permintaan pasar atas telur asin semakin hari semakin meningkat, perkembangan teknologi juga menunjang untuk memasarkan telur asin aneka rasa ini mulai dari Instagram, facebook sampai website toko online yang khusus menjual telur asin aneka rasa. Hal ini pastilah menjadi peluang usaha yang baik bagi anda yang sedang mencari referensi bisnis wirausaha mandiri yang bisa dijalankan hanya dengan mengandalkan orang sekitar kita, membuat lapangan kerja bagi ibu-ibu yang membutuhkan.

Tips Sukses Memulai Bisnis Telur Asin Rasa-Rasa Utuk Pemula

Nah, pastilah untuk memuai usaha kita ditutut agar tau pondasi dari usaha itu sendiri, dalam artikel ini saya akan membahas bagaimana agar kita sukses menjalankan bisnis telur asin aneka rasa yang bisa menaikan ekonomi keluarga. Berikut ini beberapa tips yang bisa saya berikan semoga bermanfaat.

Tips Memulai Bisnis Telur Asin Aneka Rasa Bagi Pemula

Ciri-ciri telur bebek dengan kualitas baik

 

  • Kualitas bahan tidak akan pernah berbohong, dengan kualitas bahan telur yang baik Anda pasti akan mendapatkan kualitas dalam membangun bisnis telur asin yang baik pula. Selain anda harus mencari peternak bebek yang benar-benar direkomendasikan oleh kawan anda juga harus tahu bagaimana ciri-ciri telur yang memiliki kualitas yang baik.
  • Perhatikan cangkang telur apakah terdapat retak, jika dirasa aman ambil telur dan pisahkan ke tahap berikutnya.
  • Tahap ketiga adalah mencium bau belur yang tidak retak, yang sudah anda siapkan sebelumnya, jika di rasa aman dan tidak berbau cukup menyengat pisahkan kembali ke tahap berikutnya.
  • Tahap berikutnya memeriksa apakah embrio telur bebek benar-benar masih baik dengan cara menerawangnya, lalu bisa dengan menaruh telur bebek kedalam timba, jika telur dalam keadaan baik telur akan tenggelam dan sebaliknya. Perhatikan dengan detil masalah ini agar telur asin yang dihasilkan menjadi kualita yang sangat baik dan siap berdar di pasar Indonesia.

Memulai Pembuatan Telur Asin 

 

Bahan-Bahan Yang Harus Disiapkan Saat Pembuatan Telur Asin Aneka Rasa

  • Pada dasarnya pembuatan telur asin aneka rasa memanglah sama dengan telur asin yang biasanya anda konsumsi yang sedikit berbeda adalah rasa yang di tambahkan kedalam telur asin ini nantinya yang membuat telur menjadi memiliki rasa, tidak hanya asin dan gurih saja.
  • Abu gosok atau yang biasa anda temui dari sisa pembakaran kayu yang ada di tungku.
  • Serbuk batu bata yang bisa anda dapat dari tumbukan batu-bata yang masih bagus yang warna merah, yang dibutuhkan adalah tumbukan halusnya.

Cara pembuatan telur asin original khas

  • Campurkan kedua bahan di atas sampai benar-benar homogen / merata.
  • Bersihkan telur bebek sampai benar-benar bersih dan keringkan
  • Setelah bersih dan benar-benar kering
  • Balutkan adonan abu gosok dan serbuk abut bata sampai menutupi semua bagian telur.
  • Tempatkan telur pada wadah yang sudah anda siapkan sebelumnya
  • Biarkan telur sedemian ruma dengan penympanan suhu ruangan selama 14 hari
  • Setelah 14 hari, bersihkan telur dengan perlahan jangan sampai retak.
    • Dengan cara memanggang telur
    • Dengan cara melakukan pengasapan terhadap telur
    • Dengan cara merebus telur seperti biasa  

Rasa-rasa yang bisa digunakan untuk inovasi bisnis telur asin

  • Sebenarnya caranya cukup sederhana, hanya menambahkan adonan pertama ddengan perbandingan sama rata 1 : 1 : 1 adonan yang terdiri dari serbuk batu bata dan abu gosok, setelah itu lumurkan adonan seperti langkah di atas, tunggu sampai 14 hari. Dalam masa pengawetan ini rasa akan menyerap ke dalam telur.

Cara membuat telur asin memiliki rasa buah

Dengan hal ini anda akan mendapatkan 3 macam rasa original yang khas, sedangkan untuk masalah rasa lain baca artikel ini sampai habis ya.

Dalam pemasakan ada 3 macam yang bisa anda gunakan untuk medapatkan ciri khas rasa.

  1. Rasa bawang
  2. Rasa merica
  3. Rasa sub

Rasa melon dan rasa buah lainyaUntuk jenis telur asin rasa-rasa satu ini biasanya bertahan hanya dalam rentan waktu itungan hari setelah telur matang 3-5 hari. Dengan adanya kondisi ini pastilah anda harus segera menjualnya. Sebagai tips dari saya sebelum melakukan pengolahan telur asin rasa-rasa dengan jumlah banyak lebih baik mencoba sedikit saja, setelah dirasa peminat cukup banyak mulai menambah sedikit demi sedikit telur yang akan diolah.

Kandungan yang terdapat pada telur asin

Kandungan gizi yang ada di dalam telur asin lumayan sangat lengkap , berikut ini beberapa kandungan yang terdapat di dalam telur asin.

  1.  Memiliki kandungan protein dalam 1 butir telur sekitar 13%
  2. Mengandug lemak sekitar 12% yang berada paling inti di bagian kuning telur
  3. Mengandung asam amino esensial juga di bagian kuning telur
  4. Mengandung juga kalsium, zat besi, fosfor , dan vitamin B kompleks.

Nah, begitu banyak manfaat telur asin yang bisa anda jadikan materi promosi agar peminat menjadi banyak, untuk cara promosi mungkin akan saya bahas di artikel lainya.

Tahap-tahap sukses untuk memulai bisnis telur asin aneka rasa

Menentukan konsumen 

 

  • Setelah dirasa mengetahui persiapan apa saja yang dibutuhkan dalam pembuatan telur asin aneka rasa, untuk menjualnya kita butuh targed pasar agar tidak binggung dan merugi saat jualan tidak laku, khusus untuk telur asin aneka rasa juga akan sangat fatal jika kita tidak punya konsumen. Maka dari itu saya sarankan untuk menawarkan terlebih dahulu telur asin yang kita produksi dan membawa sample agar konsumen bisa mencicipi. Sediakan saja 10 butir telur asin aneka rasa yang bisa anda sebar ke warung nasi dan anda tawarkan produk telur asin anda.

Menyiapkan dana penyusutan 

 

  • Dana untuk cadangan saat hal buruk melanda seharusnya di siapkan agar usaha yang baru kita mulai tidak mudah naik turun, dan konstran dalam produksinya meskipun telur tidak laku dan basi, kita harus terus memproduksi dengan jumlah yang sama, karena pembeli tidak bisa diprediksi.

Menyiapkan dana tambahan atau investor

 

  • Dana tambahan untuk mengembangkan bisnis biasanya juga harus disiapkan, entah itu asset apapun jika usaha kita dirasa memiliki potensi untuk di kembangkan, segera kembangkan sebelum kompetitor menyabet pasar kita. Jika dirasa tidak bisa dan tidak ada dana kita bisa mencari investor dan hal ini bisa anda siapkan saat awal memulai usaha produksi telur asin, tawarkan saja bisnis anda dan mintalah investor untuk menaruh dana mereka di usaha anda. Tapi syarat wajib yang biasa diajukan investor adalah, usaha ini memiliki masa depan yang baik. Investor tidak akan mau merugi. Maka dari itu jika usaha anda mulai naik anda bisa langsung mencari investor untuk perkembangan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *