IDE USAHA SAMPINGAN DI RUMAH UNTUK IBU RUMAH TANGGA

Posted on

Usaha sampingan di rumah ~ Ibu rumah tangga tentunya memiliki beberapa kewajiban – kewajiban yang seringkali dianggap sebagai penghalang dalam melakukan bisnis. Selain harus mengurus anak, membersihkan rumah, memasak sampai pada melayani kebutuhan suami. Namun demikian, dengan seiring berkembangnya jaman, bisnis kini dapat dijalankan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

Adalah Syarifah Kemala, seorang ibu rumah tangga yang telah membuktikan bahwa ibu rumah tangga sanggup menjalankan bisnisnya dari rumah. Berbekal modal Rp. 100.000 untuk menjalankan usaha kuliner kue, omzetnya kini telah meningkat drastis hingga mencapai angka Rp. 15 Juta perbulan. Mala sapaan akrabnya, menjalankan usaha sampingan dirumah dengan tanpa meninggalkan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga. Bahkan, nama produknya diambil dari nama buah hatinya. ( sumber : suara.com )

Kesuksesan Syarifah Kemala adalah satu contoh dari banyak ibu rumah tangga yang sukses berbisnis di rumah. Menjalankan usaha sampingan di rumah merupakan salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan sekaligus berpeluang menolong orang lain untuk mendapatkan pekerjaannya. berikut ini adalah contoh usaha sampingan di rumah untuk ibu rumah tangga yang dapat anda jalankan dengan menyesuaikan kemampuan dan hobi anda.

USAHA SAMPINGAN DI RUMAH UNTUK IBU RUMAH TANGGA

  • Usaha Sampingan Kuliner
  • Wanita dan memasak, adalah dua hal yang sering dikaitkan seperti halnya celana dan atasan. Sudah seharusnya seorang wanita pandai memasak karena bagi suami, masakan yang paling enak adalah masakan yang dimasak dan dihidangkan dari tangan lembut istrinya.Untuk anda yang memiliki hobi memasak, tentunya anda sudah akrab dengan berbagai resep masakan mulai dari masakan basah atau kue kering yang biasa dijual di pasar atau toko. Dari hobi memasak anda inilah anda bisa menjalankan usaha sampingan di rumah dengan menyalurkan hobi cooking anda.

    Apa yang perlu anda lakukan untuk membuka usaha kuliner sebagai usaha sampingan anda? cobalah untuk melihat peluang disekitar anda. Jika anda berada di antara masyarakat pekerja, anda bisa membuka usaha sampingan di rumah berupa warung rames untuk melayani masyarakat yang tak sempat menyiapkan sarapan. Selain itu, anda juga bisa mengambil peluang kue kering untuk dijual di pasar atau toko. Pada saat hari – hari tertentu, anda bisa mendapatkan keuntungan berlebih karena pada saat hari – hari besar seperti idul fitri, anda bisa mendapatkan banyak order hingga 300 kali lipat.

    Selain dengan memproduksi makanan, anda juga bisa membuka sekolah memasak. Tentunya anda harus memiliki reputasi terlebih dahulu agar sekolah yang anda dirikan dapat menarik minat masyarakat. Usaha kuliner bisa menjadi alternatif bagi anda karena ada banyak pilihan dan tentunya kebutuhan makan adalah kebutuhan yang tidak akan pernah hilang.

  • Usaha Sampingan Fashion Pakaian

    Usaha sampingan membuka jasa jahitan sudah merupakan hal biasa. Jika anda ingin meningkatkan penghasilan anda, cobalah untuk belajar mendesain pakaian sendiri, lalu menjualnya melalui internet. Jika selama ini anda hanya sebatas mengecilkan pakaian, menjahitkan pakaian yang dimintakan orang lain. Mulailah untuk membuat desain sendiri kemudian memasarkannya melalui media sosial.Jika anda seorang muslim, anda bisa mencoba membuka usaha sampingan di rumah busana muslim. Dengan pertimbangan besarnya jumlah penduduk muslim di Indonesia. berjualan busana muslim adalah salah satu peluang yang masih terbuka lebar. Terlebih hanya berapa persen penjahit yang berani go online.

  • Kreasi Accesoris Wanita
    Anda yang memiliki daya kreatifitas tinggi dan hobi menciptakan kerajinan tangan. Accesoris wanita seperti gelang, kalung, tas dan sebagainya tentu bisa anda manfaatkan untuk mendapatkan pundi – pundi rupiah ke kantong anda. Sudah banyak ibu rumah tangga yang menjalankan usaha aksesoris dan menghasilkan uang hingga jutaan rupiah.Akan lebih baik lagi jika anda dapat menjualnya melalui internet. Dengan perkembangan pasar internet yang sangat besar. Anda bisa memasarkan hasil usaha sampingan dirumah anda dengan target pasar yang lebih besar. hebatnya lagi, anda tidak perlu membuka toko, karena toko anda tetap berada dirumah.
  • Menjadi Penulis
    JK Rowling, namanya dikenal karena novel yang ia tulis dengan judul Harry Potter. Dari hasil karyanya, dia dapat mengumpulkan uang hingga triliunan rupiah. Di Indonesia, ada nama seperti Asma Nadia yang sukses dengan buku – bukunya. Nama selanjutnya bisa jadi nama anda, jika anda memiliki keahlian dalam menulis, mengapa anda tidak mencoba membuat buku kumpulan cerpen, menulis cerpen lalu mengirimkannya ke majalah atau koran, menuangkan ide pribadi anda kedalam buku panduan atau pandangan.Untuk memulainya, anda bisa bergabung di beberapa grup FB yang memiliki topik pembahasan sekitar menulis. Di sana anda bisa belajar menulis dengan benar, bagaimana menerbitkan buku sampai pada koreksi kesalahan para penulis pemula. Sangat direkomendasikan untuk para penulis pemula untuk bergabung di grup – grup tersebut untuk mengasah kemampuan anda bersama member lainnya.
  • Menjadi Blogger
    Usaha sampingan dirumah yang satu ini masih berhubungan dengan dunia kepenulisan. Bedanya, anda tidak perlu ribet memikirkan bagaimana menerbitkan karya anda melalui penerbit yang belum tentu akan menerima anda dengan berbagai alasan. Menjadi blogger, adalah cara termudah bagi anda untuk dapat menerbitkan hasil karya anda melalui internet.Contoh nyata adalah Raditya Dika, dia adalah artis yang dikenal melalui sentuhan tulisan yang ia posting di blognya. Siapa sangka, tulisan yang berisi keunikan pribadinya mampu membawanya kedunia artis dan tentu saja mendatangkan banyak uang.Tak hanya tentang pengalaman pribadi, menjadi blogger dapat menjadi jalan anda menghasilkan uang dengan mengikuti program – program periklanan seperti Google Adsense, Pop Tm dan sejenisnya. Anda akan mendapatkan dua hal sekaligus, membagi informasi bermanfaat sekaligus mendapatkan uang.
  • Membuka Laundry¬†
    Kebersihan dan kerapian pakaian adalah salah satu syarat untuk menjaga kesehatan termasuk juga menjaga penampilan agar tetap sedap dipandang oleh sahabat atau kolega bisnis. Maka dari itu, mencuci pakaian adalah keharusan bagi setiap orang termasuk pula ibu rumah tangga.Zaman berubah, kesibukan sudah menyita banyak waktu sehingga mencuci pun katanya tak sempat. Selain itu, dunia yang serba instan menjadikan orang mulai malas untuk mencuci pakaian karena kini telah muncul mesin cuci. Muncul kemudian usaha sampingan dirumah dengan membuka laundry.Untuk membuka jasa laundry, anda tentunya harus memiliki minimal satu mesin cuci atau menyesuaikan kapasitas permintaan pakaian yang dicuci. Usaha sampingan laundri sangat cocok dijalankan di daerah kampus atau perumahan yang terdapat banyak kaum pekerja.
  • Usaha Sampingan Bimbingan belajar
    Kebijakan full day school sempat mengancam bisnis bimbel. Siswa diharuskan berangkat pagi pulang sore. Bimbel yang membuka jasa bimbingan belajar tentunya harus merubah jadwal karena kebanyakan siswa pulang sekitar jam 4 sore dan sampai di rumah sekitar pukul 17.00. Beruntung karena kemudian keputusan Full Day School dicabut sehingga bimbel kembali beroperasi seperti biasa.

    Terlepas dari kebijakan pemerintah yang sempat membuat khawatir para pengusaha bimbingan belajar, bisnis bimbel masih sangat cerah dan berpotensi mendatangkan uang yang besar dengan modal kecil. Usaha bimbel bisa dikatakan peluang usaha sampingan dirumah dengan modal kecil karena anda tidak membutuhkan banyak perlengkapan, pun anda bisa menggunakan ruang tamu anda sebagai tempat untuk belajar anak didik anda sehingga mengurangi kebutuhan modal sewa tempat.

    Saya pernah berjunjung ke daerah Banyumas, Tepatnya Kembaran. Di sana ada salah satu bimbel yang dikelola oleh ibu rumah tangga. Key Learning Centre atau disingkat KLC. Bimbel ini sudah tersohor dan mampu menghasilkan uang puluhan juta tiap bulannya. Bisnis tersebut diawali dengan membuka usaha bimbel private dari rumah ke rumah sampai kemudian membuka bimbel reguler yang kini memiliki ratusan murid.Jika anda memiliki kemampuan mendidik atau hobi dalam mengajar. Membuka jasa bimbingan belajar adalah salah satu alternatif yang sangat baik. Anda bisa membuka usaha sampingan bimbel sesuai dengan kemampuan anda. Sesuai dengan mata pelajaran yang anda kuasai atau bisa juga tingkat pendidikan yang lebih nyaman bagi anda. Tidak harus anda mengajar semua mata pelajaran dan tidak mesti anda harus mengajar anak mulai dari SD hingga SMA. Yang terpenting bagi anda adalah kenali potensi anda, tentukan market anda lalu segera jalankan.

Selain dari usaha sampingan dirumah yang telah saya jelaskan di atas, tentunya masih banyak peluang usaha sampingan yang cocok untuk ibu rumah tangga. Namun karena keterbatasan waktu, akan saya bahas di lain kesempatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *